Honda

Seharian Di Safety Riding Center Daya Adicipta Motora Bandung

Ndesoedisi.com-hari selasa kemarin tanggal 18 Februari 2020 Nde bersama rekan-rekan blogger-vlogger dan media online mengikuti acara Pelatihan dan kompetisi Safety Riding khusus Blogger dan Vlogger yang diadakan oleh PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda Jawa Barat di Gedung Safety Riding Center DAM, Bandung. Acara tersebut dilaksanakan untuk memperkuat kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman kepada seluruh lapisan masyarakat.

Para Peserta beserta jajaran manajemen PT. DAM

Sebanyak 20 blogger dan vlogger area Jawa Barat dan sekitarnya mendapatkan pembekalan dari tim Instruktur Safety Riding DAM mengenai teknik berkendara yang baik dan benar. Materi yang diberikan berupa teori dasar berkendara dan touring kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek safety riding pada pengereman, slalom course, dan narrow plank.

Safety Riding Center (SRC) ini merupakan bangunan baru yang dibangun diatas tanah seluas 13.670 m2 dengan rincian luas bangunan SRC 1.581 m2, On road track 3.993 m2, off road track 480 m2, dan area parkir seluas 1.822 m2 yang mampu menampung 60 mobil, 3 bus dan 87 motor.

Sedangkan fasilitas yang tersedia antara lain : ruang teori berkapasitas 30 orang dan 5 orang instruktur termasuk instruktur wanita, 1 ruang makan/workship, locker room & shower untuk pria & wanita, gudang penyimpanan SMH, dan Mushola.

Sepeda motor yang tersedia di SRC untuk latihan terdiri dari 15 unit CB150, 8 unit Vario 150, 2 unit Genio, 2 unit CRF dan 2 unit PCX. Di SRC juga disediakan perlengkapan safety riding mulai dari helm, jaket, glove protektor dsb sehingga para peserta tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan sendiri.

Visi Misi SRC DAM

Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Lerri Gunawan selaku General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, yang mengatakan dalam kesehariannya blogger dan vlogger banyak mengendarai sepeda motor sebagai teman dalam beraktivitas guna mendukung mobilitas yang tinggi. Pelatihan safety riding sangatlah penting, mulai dari memahami teknik dasar mengendalikan sepeda motor, mematuhi undang-undang lalu lintas dan etika dalam berkendara sehari-hari maupun ketika sedang touring dalam jarak jauh. lalu dilanjutkan dengan pengenalan area SRC.

Bapak Lerri memberikan sambutan

“Kami berharap teman-teman blogger dan vlogger dapat mempraktekkan ilmu yang telah diberikan oleh para tim instrukur kami, dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi contoh yang baik dalam berkendara untuk masyarakat,” ujar Lerri.

Sesi berikutnya adalah materi pendahuluan tentang pentingnya safety riding yang disampaikan oleh Tamy Pratama mantan pembalap nasional yang kini menjadi salah satu instruktur safety riding DAM.

Tamy Pratama

Selesai materi teori, peserta diajak ke area praktek safety riding. Sebelum masuk arena para peserta diajak melakukan sedikit gerakan pemanasan di lanjutkan dengan berkeliling area safety riding dengan naik kendaraan yang disediakan. Nde sendiri menggunakan Vario 150.

Selesai berkeliling arena, para peserta diberikan materi tentang teknik pengereman lengkap dengan peragaan tentang materi tersebut antara lain mengerem hanya dengan rem depan, hanya rem belakang dan menggunakan keduanya.

praktek pengereman

Selesai praktek pengereman dilanjutkan dengan peragaan melintasi narrow plank yang berguna untuk melatih keseimbangan.

narrow plank

Setelah selesai praktek narrow plank peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang secara bergantian mencoba praktek tentang pengereman, narrow plank dan menikung di lintasan berbentuk angka 8. Sebenarnya pada tahun 2016 Nde sudah pernah mencoba slalom course & narrow plank meskipun hanya selintas saja (silahkan baca artikel mencoba praktek safety riding apa saja kesulitannya)

Nde yang berada di kelompok kedua hanya sempat mempraktekkan teknik pengereman dan narrow plank saja karena sesi untuk latihan sudah selesai dan dilanjutkan dengan sesi kompetisi safety riding dengan materi slalom course dan narrow plank.

Sepanjang tahun 2019, PT Daya Adicipta Motora telah memberikan edukasi kepada 36 ribu orang, mulai dari siswa-siswi sekolah SD/SMP/SMA, perusahaan, masyarakat umum dan juga komunitas pengguna sepeda motor.

Demikianlah pengalaman Nde selama satu hari berada di Safety Riding Center PT. Daya Adicipta Motora. Untuk cerita keseruan mengikuti kompetisi safety riding akan Nde ceritakan di artikel yang lain.

Salam dari desa 😉

6 tanggapan untuk “Seharian Di Safety Riding Center Daya Adicipta Motora Bandung

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s