6 Tahun Bersama WordPress, Waktunya Kembali Ke Titik Nol

Ndesoedisi.com-beberapa hari yang lalu sebuah notif dari aplikasi WordPress di HP menarik perhatian Nde. Setelah dibuka isinya adalah pemberitahuan bahwa blog Ndesoedisi sudah berumur 6 tahun. Ya kalau tidak diingatkan oleh WordPress, mungkin Nde malah tidak ingat 😆

6 Tahun blog Ndesoedisi

Berbicara umur blog 6 tahun itu sebenarnya relatif karena bagi yang baru ngeblog 1 atau 2 tahun jelas akan mengatakan sudah lama, tetapi bagi yang sudah ngeblog lebih dari 10 tahun ya akan mengatakan baru sebentar 😀

Selama 6 tahun ini juga Nde tidak terlalu banyak membuat artikel. Terhitung baru sekitar 691 artikel yang sudah Nde posting di blog ini. Dikit banget kan karena belum sampai 1000 artikel, wajar saja sebab 3 tahun terakhir ini Nde sudah sangat jarang menulis artikel.

Mengingat sedikit perjalanan Ndesoedisi dimulai dari tahun 2008-2009an saat Nde mulai mengenal blog-blog otomotif roda 2, awalnya hanya menjadi silent reader kemudian mulai ikut-ikutan komen dan (tentu saja) bakar-bakaran 😀 . Di tahun 2011-2012 Nde mulai jarang melakukan blog walking karena sibuk. Sementara saat itu cukup banyak komentator yang ngeblog 😀 Nde baru kembali membaca blog otomotif pada awal tahun 2013.

Karena keseringan baca blog lama-lama timbul pikiran ingin ketemu atau kopdar dengan blogger-blogger yang saat itu setiap hari Nde baca artikelnya, ga beda lah seperti seseorang yang mengidolakan artis, pemain bola atau pembalap kan ingin ketemu langsung 😀 . Waktu itu yang kepikiran untuk mewujudkan hal tersebut adalah ikut bikin blog.

Dengan modal nekat akhirnya Nde membuat sebuah blog yang diberi nama ndesoedisi ini. Dari situ mulai kenal dengan blogger lain, mulai ikutan komunitas blogger, ikutan aktif di medsos. Dan alhamdulilah akhirnya keinginan Nde bisa ketemu & bersilaturahmi, bisa duduk bareng, kumpul bareng dan kenal dengan blogger-blogger papan atas Indomotoblog pun terkabul.

Seiring dengan berjalannya waktu, pandangan tentang blog juga berubah mulai dari monetize blog, terus trik menambah hits dsb. Dari sana Nde juga mulai terpengaruh, mulai mencoba trik-trik SEO biar pejwan, mulai posting artikel clickbait, artikel kontroversial dsb, yang penting blog ramai tentu saja agar pendapatan juga naik 😀 .

Gaya ngeblog seperti itu rupanya kurang cocok buat Nde, efeknya mulai terasa bahwa ngeblog tidak lagi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Disisi lain bisa jadi Nde sudah jenuh karena blogger yang membahas otomotif semakin banyak dengan bahasan yang mirip-mirip (pake banget).

Akumulasi rasa jenuh membuat Nde pernah mengalami masa dimana jangankan untuk ngeblog untuk sekedar blog walking pun rasanya malas. Keadaan diperparah dengan meruncingnya antar kubu yang pro sana vs pro sini vs pro situ. Pokoknya ga kalah sama debat pendukung capres lah 😆 . Saat itu Nde paling hanya membaca dan me-like beberapa blog yang Nde anggap menarik saja 😀

Selain persoalan politik, dinamika perbloggeran juga terpengaruh oleh terjangan badai Wordads (atau terkenal dengan istilah bWAdai) dimana Wordads melakukan kebijakan baru yang membuat banyak pengguna WordPress dicabut iklannya, earning menyusut dan akhirnya beberapa rekan beralih ke Self Hosting. Karena saat itu Nde sedang malas ngeblog makanya Nde tetap setia di WordPress tidak ikut berpindah ke Self Host seperti yang lain.

Hingga sekitar setahun yang lalu, Nde mulai merenung memikirkan apa sebenarnya yang hilang di blog ini dan akhirnya ketemu jawabannya, yaitu Nde sudah melupakan tujuan utama Nde membuat blog ini.

Sejak itu Nde kembali berusaha melakukan blog walking dengan mencari bacaan blog-blog diluar otomotif terutama blog yang berisi pengalaman & perjalanan, hasilnya lumayan efektif mengusir rasa jenuh dan kenalan blogger pun bertambah.

Sekarang setelah blog berumur 6 tahun adalah waktu yang tepat buat Nde kembali ke titik nol (meminjam istilahnya Mas Saptuari Sugiharto). Kembali ke tujuan ngeblog yang semula yaitu ngeblog sebagai ajang silaturahmi, kembali ngeblog dengan artikel suka-suka ala wong ndeso, ga terlalu mikirin pejwan, ga terlalu mikirin monetize blog yang penting cukup buat memperpanjang domain sebesar $18/tahun, ga terlalu mikirin hits, ada waktu ngeblog, ga ada waktu juga ga masalah 😀

Bukan berarti Nde anti dengan blogger yang lain ya, yang jelas dikembalikan lagi ke masing-masing tujuan ngeblog untuk apa, yang ngejar adsense silahkan, yang ngejar pejwan silahkan, yang sekedar curhatan wong ndeso ga jelas & nyampah kaya Nde juga silahkan 🙂

Salam dari desa 😉

Iklan

31 pemikiran pada “6 Tahun Bersama WordPress, Waktunya Kembali Ke Titik Nol

  1. balik ke titik nol iya setuju banget, kadang jg pernah kepikiran pgn kyk blog temen2 yang rame, yang emang fokus nyari duit dr blog, endorse dll, review produk kecnatikan-kebanyakan blog emak2 fokus disini- kemudian mikr, masa iya saya mau maksain ikut2an heboh skin kare padahal saya ga terlalu peduli sm printilan perawatan, sekadar tahu. lifestyle blogger, jd lah fokus ke niche sendiri yang emang saya kuasain temanya. biar tetap bs enjoy ngblog, nulis.

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s