Hal-hal Berikut Tercantum Di Lembaran STNK & Pajak Tapi Jarang Diperhatikan Oleh Pemiliknya

Ndesoedisi.com-mumpung lagi ada sedikit keinginan untuk ngeblog, Nde akan membuat artikel ringan tentang hal-hal yang tercantum di lembaran STNK & pajak tetapi jarang diperhatikan oleh pemiliknya. Nah kira-kira apa saja ? Silahkan disimak.

  • Ada kolom tanda tangan & nama pemilik dibalik lembaran STNK
Kolom tandatangan & nama pemilik di STNK

Dibalik lembaran STNK, ada kolom untuk tandatangan & nama pemilik, tetapi karena letaknya yang dibelakang dan biasanya tertutup lembaran pajak maka biasanya jarang diperhatikan. Dan ngomong-ngomong STNK motor Nde juga ga ditandatangani kok 😆

  • Ada keterangan status STNK apakah baru, perpanjangan atau duplikat
Status STNK apakah kendaraan baru atau perpanjangan

Di lembaran STNK ada keterangan yang menjelaskan status STNK tersebut, apabila STNK dari motor baru dan belum pernah ganti STNK (belum 5 tahun) ada keterangan kendaraan baru, apabila kendaraan sudah berumur lebih dari 5 tahun atau sudah pernah pernah ganti STNK ada keterangan perpanjangan, sedangkan apabila STNK asli hilang, ada keterangan duplikat di STNK pengganti.

  • Lembaran pajak itu sebenarnya bernama SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah)

Sangat jarang bahkan mungkin hampir tidak ada orang awam menyebutkan istilah SKPD, umumnya orang akan menyebutnya sebagai lembaran pajak saja. Bahkan mungkin kalau kita berkata “pinjam SKPD motormu dong” orang tersebut malah tidak tahu 😆

  • Ada NIK pemilik di SKPD
Contoh NIK pemilik (pic: bapenda.jabarprov.go.id)

Di lembaran pajak atau SKPD, ada informasi berupa NIK pemilik yang biasanya berupa nomor KTP. Informasi berupa NIK tersebut ada di tabel sebelah kanan diatas keterangan nilai pajak yang harus dibayarkan. Di tabel tersebut tertulis NIK/No. HP tetapi umumnya hanya NIK saja yang diisi sedangkan nomor HP dikosongkan.

  • Ada keterangan pajak Progresif
Keterangan pajak progresif

Informasi lain yang tertera di lembaran pajak adalah tentang pajak progresif meskipun sepertinya tidak semua daerah mencantumkan informasi tentang progresif.

  • Ada gambar yang muncul jika disinari Ultraviolet
Tanda STNK asli akan muncul bila disinari ultraviolet

Seperti halnya uang maupun surat berharga lainnya, STNK dan SKPD juga dilengkapi dengan gambar khusus yang akan muncul jika disinari dengan ultraviolet sebagai penanda keaslian. Jika tidak muncul ketika disinari dengan Ultraviolet maka kemungkinan besar STNK tersebut adalah palsu.

Itulah beberapa hal yang ada di lembaran STNK maupun SKPD tetapi biasanya jarang diperhatikan oleh para pemilik kendaraan. Apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar ya 😊

Salam dari desa 😉

Iklan

4 pemikiran pada “Hal-hal Berikut Tercantum Di Lembaran STNK & Pajak Tapi Jarang Diperhatikan Oleh Pemiliknya

  1. Wkwkwkwkwk… Iya Mang. Ane juga ngge pernah perhatiin. Belakangan cuma NIK saja yang ane perhatiin. Itu pun karena kebetulan liat, & karena di jaman dulu (sebelum musim e-KTP) STNK ngga pake NIK. Jadi pas liat, ani bergumam, “Oohh… Sekarang ada nomor KTP-nya”.

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s