Mencoba BBM Mobile 92R Di Pom Mini Indostation ExxonMobile

Ndesoedisi.com-apa kabar semua ? Sehat kan ? Supaya blog Ndesoedisi ini sedikit ada tanda-tanda kehidupan, Nde isi dengan artikel ringan tentang SPBU mini ExxonMobile yang ada di daerah pinggiran Purwakarta. Sebenarnya sudah lama Nde ingin mengulas & mencoba BBM yang dijual di POM Mini Indostation ExxonMobile tetapi baru terlaksana sekarang.

Indostation ExxonMobile Ciwareng Purwakarta

Bagi yang belum tau apa itu Indostation ExxonMobile, mungkin perlu Nde jelaskan sedikit. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan, ExxonMobile pun tertarik untuk mengembangkan bisnis SPBU di Indonesia mengikuti jejak perusahaan lain seperti Shell, Total, Petronas dll.

Uniknya, jika perusahaan lain memulai dengan membuka SPBU di kota-kota besar, ExxonMobile justru mulai dari kota kecil yaitu Purwakarta (sumber : dunia-energi.com). Meskipun disebut Purwakarta, tapi sebenarnya lokasi Pom Mini ExxonMobile ini justru berada di pinggiran, bahkan ada yang berada di pelosok desa.

Nde sendiri sempat berpikir membuka Pom Mini di daerah pinggiran tentu saja saingannya adalah Pom mini Pertalite milik masyarakat yang sudah sangat marak (silahkan baca artikel Nde yang berjudul Invasi Pertamini). Meskipun secara kualitas BBM jelas tidak bisa dibandingkan karena Mobile 92R mempunya nilai oktan lebih tinggi dibanding Pertalite, tetapi bagi masyarakat awam kan pasti lebih tertarik dengan harga yang lebih murah 😀

Untuk pelaksanaannya ExxonMobile menggandeng perusahaan Salim grup (sumber: tribunnews) jadi pantas saja kalau namanya Indostation. Nama Indo kan bisa dibilang merupakan salah satu ciri dari perusahaan Salim grup seperti Indofood, Indomarco-Indomaret, Indomobil dsb, tapi ga tau kalau blog Indoride & Indomoto ya 😀

Kabarnya sebagai permulaan dioperasikan sebanyak 5 buah SPBU mini ExxonMobile di Purwakarta, tetapi selama ini baru 3 buah Pom mini yang sering Nde lewati antara lain :

  • Indostation di desa Dangdeur kec. Bungursari Purwakarta yang terletak di jalan alternatif kawasan Kota Bukit Indah (BIC) dengan Sadang.
  • Indostation di jalan Kopi Ciwareng Purwakarta.
  • Indostation di jalur alternatif Cibatu-Purwakarta via Cirangkong kalau tidak salah didaerah Cibukamanah Cibatu Purwakarta.

Sedangkan yang lainnya Nde tidak belum tahu ada dimana 😀

Dan kesempatan untuk mencoba BBM mobile 92R itu datang kemarin sepulang dari Samsat Purwakarta, Nde sengaja mampir ke Indostation yang terletak di jalan Kopi Ciwareng Purwakarta. Saat itu ada bapak-bapak yang juga membeli BBM di SPBU tersebut, sehingga Nde harus menunggu sebentar. Setelah bapak-bapak itu selesai, akhirnya Nde mendorong motor ke depan dispenser yang memiliki 2 buah Nozel tersebut. Soal SOP nya juga tidak jauh berbeda dengan SPBU Pertamina, jadi tidak perlu Nde ceritakan pun pasti sobat semua sudah hafal 😀 .

Harga BBM 92R dengan oktan 92 adalah Rp. 10.900,-/liter lebih mahal dibandingkan dengan Pertamax yang berada dikisaran Rp. 10.400,-/liter. Nde pun mengisi sebanyak 30ribu rupiah.

Sambil isi BBM, Nde bertanya sama operatornya apakah boleh foto-foto ? Operatornya sempat bingung, apanya yang difoto ? Nde jawab foto Indostation ini tentu saja fotonya dari jauh. Dan dijawab boleh, kalaupun ga boleh biasanya juga tetep nyolong-nyolong dari jauh #eh jangan ditiru ya 😀

Selesai membayar Nde diberi sebotol air mineral. Rupanya saat itu sedang ada promo gratis air mineral untuk pembelian BBM minimal 20rb rupiah. Nde lihat merknya Club 330ml. Air mineral Club ini juga masih satu grup juga karena sudah diakuisisi oleh Indofood-Asahi. Ya lumayan lah dapat minum, soalnya cuaca panas banget karena sudah menjelang tengah hari.

Di Indostation ExxonMobile, selain menjual BBM juga ada kios yang menjual produk pelumas ExxonMobile dan sparepart kendaraan bermotor mulai dari ban, gearset hingga accu produk dari Corsa, Indopart, Furukawa Baterry dsb. Nde sendiri kurang paham apakah disana juga melayani pemasangan sparepart tersebut.

kios sparepart Indostation ExxonMobile

Setelah mengisi BBM, Nde menyalakan mesin Honda Scoopy eSP. Terdengar suaranya sedikit lebih halus dibanding sebelumnya yang menggunakan Pertamax. Selain suara mesin terdengar sedikit lebih halus, suplai BBM di kecepatan rendah juga terasa lebih lancar.

Sebelumnya asupan BBM Scoopy seperti agak tersendat ketika motor berjalan di kecepatan kurang dari 20km/jam padahal selalu menggunakan Pertamax. Mungkin throttle bodynya kotor soalnya Scoopy memang sudah lama belum diservis. Setelah ganti BBM rasanya seperti baru menggunakan injector cleaner.

Tapi meskipun asupan BBM terasa lebih lancar, entah mengapa tarikan motor terasa sedikit lebih berat dibanding Pertamax. Hal itu Nde rasakan selama perjalanan dari Purwakarta menuju kantor di Kota Bukit Indah Nde sejauh kurang lebih 15 km. Mungkin karena masih ada sisa Pertamax sekitar 1 liter di tangki Scoopy dan belum tercampur secara sempurna.

Ketika pulang kerja baru terasa ada perbedaan, akselerasi terasa lebih baik dibanding ketika pulang dari Purwakarta, cuma karena kondisi saat itu hujan sehingga Nde tidak berani terlalu ngebut, padahal lumayan jaraknya sekitar 20 km.

Ketika pagi tadi Nde mengantar istri ke sekolah, rasanya performa Mobile 92R sudah mulai optimal seperti Pertamax dengan bonus suara sedikit lebih halus & lebih lancar di putaran bawah, tinggal mengetes performanya di kecepatan diatas 70 km/jam apakah lebih baik atau sama saja dengan Pertamax.

Kesimpulannya saat ini bisa dibilang Nde belum merasakan hasil yang maksimal menggunakan BBM Mobile 92R tersebut mungkin karena masih ada campuran Pertamax. Jadi Nde akan terus mengisi BBM menggunakan Mobile 92R sampai beberapa kali agar benar-benar bisa merasakan perbedaannya dengan Pertamax.

Akhir kata niatnya bikin artikel ringan, tapi ternyata setelah jadi dan dibaca ulang lumayan panjang juga, jadi terimakasih sudah mau membaca artikel ini 😀

Salam dari desa 😉

Iklan

14 pemikiran pada “Mencoba BBM Mobile 92R Di Pom Mini Indostation ExxonMobile

    1. Lumayan mang, pas masih kecampur Pertamax rada berat, tapi lama-lama normal, tapi sama-sama RON92 ya performa ga beda jauh sama Pertamax. Ya lumayan buat alternatif kalo bosen Pertamax mah 😂

      Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s