Motor-motor Pengawal Balap Sepeda Asian Games 2018

Ndesoedisi.com-salah satu cabang olahraga di Asian Games ke-18 yang di gelar di daerah Purwakarta, Subang Karawang dan sekitarnya adalah balap sepeda. Kebetulan jalur yang digunakan untuk balapan tersebut dekat rumah Nde sehingga Nde bisa ikut menyaksikan balap sepeda putri yang dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Idul Adha, sedangkan balap sepeda putra yang digelar hari ini Nde absen, maklum cah kerjo ๐Ÿ˜€

Namanya balapan yang menempuh jarak lebih dari 100 km di jalan raya, pasti ada banyak motor yang digunakan untuk mengawal lomba tersebut baik digunakan oleh Polisi, oleh panitia hingga media untuk meliput.

Dari pantauan Nde, inilah beberapa jenis motor yang digunakan untuk mengawal jalannya balapan tersebut :

Motor Patwal Polisi

motor Patwal Polisi

Motor ini adalah motor yang paling sering Nde lihat digunakan oleh Polisi untuk melakukan pengawalan di berbagai acara. Kalau Nde baca-baca konon katanya motor tersebut adalah Yamaha XJ900P entah benar atau salah Nde sendiri kurang paham, maklum wong ndeso ga paham soal moge ๐Ÿ˜€

Kawasaki KLX 150

Tim Gegana Polri menyisir jalanan menggunakan KLX 150

Selain pengawalan untuk membuka jalan, ada juga tim berpakaian hitam-hitam bersenjata laras panjang mengendarai KLX 150, kalau dilihat di seragamnya ada logo berwarna ungu kemungkinan itu adalah Tim Gegana Polri. Tim ini melakukan penyisiran jalanan beberapa menit sebelum para peserta melintas.

Honda CRF 150 L

Honda CRF 150 L

Selain tim Gegana yang mengendarai KLX 150, sebenarnya ada tim lain yang menggunakan motor berjenis trail juga. Diantara KLX 150 rupanya terselip motor lain yaitu Honda CRF 150 L yang digunakan.

Sayangnya setelah Nde cari-cari rupanya fotonya tidak ketemu. Seingat Nde CRF 150 L yang digunakan hanya 1 atau 2 unit digunakan di rombongan pengawalan yang sebagian besar berseragam TNI.

BMW K1200GT

BMW K1200GT

Selanjutnya adalah moge yang bikin Nde bingung. Nde hanya tau itu moge BMW dari logo yang menempel tetapi tidak tahu jenisnya apa. Browsing kesana-kesini tidak nemu juga akhirnya Nde pun bertanya kepada blogger lain yang lebih paham tentang moge.

Dan Kang Eno Anderson & Om Vandra MMBlog memberikan jawaban bahwa motor tersebut adalah BMW K1200GT. Ada 2 unit BMW K1200GT yang digunakan oleh media atau bisa juga panitia bagian dokumentasi di acara tersebut.

Suzuki Inazuma 250

Suzuki Inazuma 250

Inazuma 250 terkenal sebagai motor yang nyaman digunakan untuk Turing. Seingat Nde ada cukup banyak Inazuma 250 yang digunakan oleh panitia di acara tersebut tetapi Nde tidak menghitung berapa jumlahnya ๐Ÿ˜€

Yamaha Xmax 250

Yamaha Xmax 250

Selain motorsport & trail, Maxi skutik juga ikut serta. Terlihat beberapa unit Yamaha Xmax 250 dikendarai oleh panitia perlombaan balap sepeda Asian Games 2018 tersebut.

Yamaha Nmax & Aerox

Tidak mau ketinggalan dengan Xmax, Yamaha Nmax & Aerox juga ikut ambil bagian menemani Xmax menjadi pengawal balap sepeda tersebut. Nmax, Aerox dan Xmax berjalan beriringan dalam satu rombongan.

Kawasaki ER6N

Kawasaki ER 6 N

Kawasaki ER 6 N menjadi wakil dari kelas moge Kawasaki yang ikut mengawal pertandingan di Asian Games 2018.

Honda CBR 250 RR

Honda CBR 250 RR

Motor sport berfairing pun ikut mengawal yaitu Honda CBR 250 RR. Berdasarkan pantauan Nde hanya ada sebuah Honda CBR250RR berwarna grey yang digunakan.

Kawasaki Ninja 250 Fi

Ninfi

Tidak mau kalah dengan CBR250RR, Ninja 250 Fi pun ikut ambil bagian menjadi pengawal di pertandingan tersebut.

Jika CBR250RR cuma ada satu-satunya, maka Ninfi jumlahnya lebih banyak, kalau tidak salah ada 3 atau 4 Ninfi yang digunakan yang dikendarai di belakang CBR250RR.

Benelli TNT 250

Benelli TNT 250

Selain BMW K1200GT, ini juga motor yang membuat Nde bingung. Awalnya Nde mengira motor tersebut adalah KTM Duke 200, dan terimakasih buatย Om Agoey lewat kolom komentar mengoreksi bahwa motor tersebut adalah Benelli TNT 250.

Setelah memastikan bahwa motor tersebut adalah Benelli TNT 250 maka Nde langsung merevisi tulisan ini. Terpantau ada entah 3 atau 4 unit Benelli TNT yang digunakan di ajang tersebut.

Yamaha MT-25

Yamaha MT-25

MT-25 terpilih sebagai wakil Yamaha di kelas 250cc. Seingat Nde hanya ada satu unit MT-25 yang digunakan.

Honda CRF 250 Rally

Honda CRF 250 Rally

Honda CRF 250 Rally menemani CBR250RR sebagai wakil dari Honda dikelas 250cc.

Sama seperti CBR250RR, CRF 250 Rally pun hanya ada 1 unit saja.

Suzuki V-Strom 650

Suzuki V-Strom 650

Di kelas moge Suzuki diwakili oleh V-Strom 650. Jumlahnya pun hanya ada 1 unit.

Kawasaki Versys X 250

Kawasaki Versys X 250

Setelah KLX 150, Er 6 N dan Ninfi, sebuah Versys X 250 pun melengkapi pasukan Kawasaki yang digunakan di event balap sepeda tersebut.

Dengan total 4 jenis motor yang digunakan, maka Kawasaki menempati posisi kedua dibawah Yamaha yang memiliki 5 wakil yaitu XJ900P, MT-25, XMax, Nmax, dan Aerox

Bonus :

Bukan “one heart” ya ๐Ÿ˜€

Bapak pengendara Er6N ini rupanya sadar kamera lalu melihat ke Nde sambil mengacungkan jari telunjuknya.

Tapi FBH jangan senang dulu ya, karena beliau memberi isyarat bahwa pembalap Indonesia saat itu berada di posisi pertama, jadi bukan memberi kode “one heart” ya ๐Ÿ˜†

Salam dari desa ๐Ÿ˜‰

Iklan

11 pemikiran pada “Motor-motor Pengawal Balap Sepeda Asian Games 2018

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s