Mengganti Konektor Lampu Depan Si Nyoi Revo 110 Yang Meleleh

Ndesoedisi.com-beberapa hari yang lalu, sepulang kerja Nde baru sadar kalau lampu dekat Si Nyoi Revo 110 mati, sedangkan lampu jauhnya masih hidup. Awalnya Nde menyangka kalau bohlam lampu depan putus di filamen lampu dekat karena ketika diperhatikan ada gosong di kaca dekat filamen lampu dekat.

Revo 110 karbu
Si Nyoi Revo 110

Setelah Nde bongkar ternyata yang meleleh adalah konektor yang menempel pada bohlam. Penyebabnya mungkin karena umur konektor yang sudah mencapai 6 tahun sehingga sudah tidak kuat lagi menahan panas dari bohlam. Padahal Nde menggunakan bohlam merk Osram 12V 25W yang dayanya justru lebih kecil dibandingkan dengan bawaan Revo yaitu Stanley 12V 32/32W.

Sebelumnya Nde menggunakan bohlam SGP (isinya adalah Stanley 12V 25/25W) menggantikan bohlam bawaan yang putus. Bohlam tersebut sudah digunakan selama kurang lebih 3 tahun dan tidak pernah ada masalah. Bohlam SGP yang Nde ganti bukan karena mati tetapi karena Nde pindahkan ke Suzuki Address. Ceritanya waktu itu malam-malam Address mau digunakan oleh bapak mertua ternyata lampu depannya mati, karena saat itu sudah malam & toko sudah pada tutup sehingga Nde ambilkan dulu dari Revo agar motor bisa digunakan 😀

konektor lampu Revo yang meleleh

Ketika Nde menanyakan kabel tersebut di bengkel dekat rumah rupanya tidak menjual konektor 1 set, hanya ada konektor untuk lampu depan untuk Astrea Grand. Ya harap maklum namanya juga didesa jadi terkadang ekspektasi tidak seindah realita harus mau menggunakan sparepart seadanya.

kabel lampu depan Revo 1 set

Sebuah konektor lampu depan untuk Astrea Grand merk WIN pun Nde tebus dengan harga 15 ribu rupiah. Merk WIN sendiri sudah sangat familiar karena banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan termasuk Nde.

kabel lampu depan Astrea Grand merk WIN

Agar bisa digunakan maka konektor yang meleleh harus diganti dengan yang baru dengan cara dipotong lalu disambungkan ke konektor kabel yang lama.

Dipotong kabelnya lalu disambung ke konektor lama

Bicara soal kualitas tentu saja ada perbedaan antara sparepart yang asli dengan yang aftermarket. Kabel yang ORI susah dikupas & liat, tembaga di dalam kabelnya juga terasa lebih tebal, tonjolan di konektor yang bersentuhan dengan lampu juga lebih tebal apabila dibandingkan dengan yang KW. Intinya ada harga ada rupa 😀

Untuk pergantian konektor juga cukup mudah karena motor Nde masih standar dan belum dimodifikasi kelistrikannya. Kebetulan juga warna kabel yang digunakan di konektor pengganti itu sama persis dengan aslinya, kalaupun warnanya tidak sama, sebenarnya tinggal meniru sambungan kabel sesuai dengan aslinya saja.

Selain mengganti konektor, Nde juga mengganti bohlam lampu senja yang juga sudah lama mati. Setelah selesai semua tinggal dipasang seperti semula. Jangan lupa mengecek pemasangan lampu sein sudah benar atau belum, jangan sampai terbalik, maksudnya terbalik itu menyalakan sein kiri yang menyala justru sein kanan atau sebaliknya 😀

Setelah semua terpasang dan lampu depan yang lama dites ternyata masih menyala meskipun ada gosong di dekat filamen lampu dekat. Ya sudah lampu depan yang baru tidak jadi Nde gunakan 😀 .

Itulah cerita Nde mengganti konektor lampu depan Honda Absolute Revo 110 yang meleleh, tidak lupa Nde juga berdoa semoga sparepart KW yang Nde gunakan juga awet 😀

Salam dari desa 😉

Iklan

5 pemikiran pada “Mengganti Konektor Lampu Depan Si Nyoi Revo 110 Yang Meleleh

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s