Pengalaman Membayar Pajak 5 Tahunan & Ganti Plat Nomor Di Samsat Purwakarta

Ndesoedisi.com-beberapa hari yang lalu Nde kembali menyambangi Samsat Purwakarta untuk mengurus pajak kendaraan milik kantor. Karena kendaraan sudah berusia 5 tahun maka selain bayar pajak juga harus ganti STNK dan TNKB alias plat nomor atau dalam bahasa orang Purwasuka biasa disebut juga dengan ganti kaleng, jadi kalau ada orang Purwasuka menyebut ganti kaleng itu tidak perlu bingung karena artinya ganti TNKB atau plat nomor.

Samsat Purwakarta
Samsat Purwakarta

Baca juga : jadwal Samsat keliling & Samsat gendong Purwakarta

Salah satu prosedur ganti STNK-TNKB itu adalah melakukan identifikasi/penggesekan nomor rangka & nomor mesin kendaraan. Untuk itu Nde sengaja sehari sebelumnya datang ke Samsat niatnya mengambil stiker untuk identifikasi nomor mesin & rangka sehingga kendaraan tidak perlu dibawa ke Samsat Purwakarta.

Sesampainya si Samsat, Nde segera mengamalkan ajaran dari suhu Mase Satuaspal, yaitu bertanya terlebih dahulu kepada bagian informasi tentang prosedur bayar pajak 5 tahunan karena yang jaga di bagian informasi itu cewe, kalau yang jaga cowok ya mending tidak usah karena soal prosedur sebenernya sudah tau #eh.

Si Teteh bagian informasi bertanya apakah kendaraan dibawa ? Nde jawab tidak, lalu si Teteh mengatakan bahwa mobil harus dibawa karena nantinya di foto oleh pertugas identifikasi. Lalu si Teteh mengeluarkan surat permohonan registrasi kendaraan bermotor (SPRKB) agar diisi oleh Nde.

Selesai mengisi surat permohonan registrasi kendaraan bermotor (SPRKB) Nde diarahkan menuju ke bagian arsip kendaraan yang berada di lantai 2 bagian belakang gedung Samsat Purwakarta. Sengaja Nde urusi semuanya agar besoknya datang langsung cek fisik.

contoh surat permohonan registrasi kendaraan bermotor (SPRKB) yang dipajang di bagian informasi Samsat Purwakarta

Di bagian arsip kendaraan, Nde diterima oleh bapak-bapak yang Nde lupa namanya, orangnya ramah & suka senang sekali bercanda. Bapak itu mengajak ngobrol semua orang yang datang ke ruangan itu mulai dari nanya alamat sampai ke hal-hal yang lain. Membuat orang senang berada di ruangan tersebut.

Ya menurut Nde petugas seperti inilah yang dibutuhkan di bagian pelayanan masyarakat, bukan petugas yang gayanya arogan “sok aing tea” karena merasa dibutuhkan oleh masyarakat.

Setelah mendapatkan map berisi arsip kendaraan yang akan diperpanjang pajaknya, Nde lalu pulang.

Keesokan harinya Nde langsung menuju ke bagian cek fisik yang terletak di dekat parkiran motor. Setelah memasukkan berkas, tidak sampai 5 menit Nde lalu dipanggil dan diberi stiker untuk menggesek nomor mesin & rangka. Nde lalu menghubungi salah satu petugas cek fisik yang menggunakan seragam warna biru bertuliskan cek fisik Samsat Purwakarta di punggungnya agar melakukan identifikasi nomor rangka & nomor mesin, agar hasilnya maksimal ya serahkan saja pada ahlinya 😀

bagian cek fisik di Samsat Purwakarta

Selesai di cek fisik lalu Nde kembali ke bagian cek fisik untuk menunggu giliran di foto. Foto kendaraan rupanya di print di kertas cek fisik. Pantas saja kendaraan harus dibawa. Ya mungkin kalau mau sedikit ssi dan salam tempel sama petugasnya sepertinya bisa lah kendaraan tidak dibawa, tapi ya lebih baik sesuai prosedur aja 😀

kartu hasil cek kendaraan bermotor

Setelah selesai cek fisik & foto, Nde lalu ke bagian pendaftaran untuk mengambil nomor antrian buat bayar. Setelah giliran datang & membayar lalu Nde menunggu pencetakan STNK dan lembaran pajak atau SKPD.

Setelah STNK, SKPD dan asuransi Nde terima, Nde lalu menuju ke bagian pencetakan plat nomor atau TNKB yang berada di belakang ruangan cek fisik. Setelah menyerahkan STNK Nde menunggu kira-kira 15 menit dan TNKB langsung jadi. Nde kemarin dari cek fisik hingga TNKB keluar membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Salam dari desa 😉

Iklan

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s