Otak-Atik Gathuk (77) Terungkap Rahasia AHM Bisa Mendominasi Marketshare

Ndesoedisi.com-Artikel “Otak-Atik Gathuk” adalah artikel yang berisi analisa suatu permasalahan dengan menggunakan prinsip mencocokkan segala sesuatu (otak-atik) agar terlihat saling berhubungan (gathuk). Artikel OAG ini merupakan salah satu bentuk humor otomotif. Sebagai sumber rujukan digunakanlah wangsit yang didapat oleh Mbah Mbuh Sapa. Oleh sebab itu, apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama merupakan ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya😆

data AISI Februari 2018 (pic: Ardiantoyugo)

Beberapa hari yang lalu, seorang blogger kondang bernama kang Muslim (BMSpeed7.com) bertanya kepada Nde mengapa sekarang artikel OAG alias Otak-Atik Gathuk kok sekarang sudah jarang nongol. Berbekal pertanyaan itulah akhirnya Nde nekat menemui Mbah Mbuh Sapa agar bisa memposting artikel Otak-Atik Gathuk lagi.

Nde : Mbah… Mbah… Mbah ada dirumah apa engga ?

MMS : ada apa, pagi-pagi sudah mengganggu kesenangan orang saja.

Nde : maaf mbah, cuma ada perlu sebentar

MMS : perlu apa, jadi orang kok senenengnya gangguin orang tua

Nde : jadi gini mbah, kemarin saya ditanyain sama temen, kenapa Mbah udah ga pernah ngasih wangsit buat artikel OAG lagi ?

MMS : loh, Mbah juga sebenarnya nungguin artikel itu kenapa sudah lama ga ada

Nde : Mbah ini gimana, kan artikel itu idenya dari Mbah, kalau Mbah ga ngasih ide ya ngga ada artikelnya

MMS : oh gitu ya ? Mbah lupa maklum sudah tua. Terus kamu mau nanya apa ?

Nde : ya apa saja mbah, yang penting jadi artikel OAG

MMS : oh gitu ya, kalo gitu terserah sama Mbah aja ya

Nde : 😑… (dari dulu juga begitu… )

MMS : kamu tau engga kenapa AHM bisa menguasai MS sampai lebih dari 70 % ?

Nde : nah iya itu Mbah, kenapa ya ? Soalnya banyak yang bertanya-tanya.

Mbah : Menurut kamu gimana ?

Nde : kalo menurut yang baca saya ya kebanyakan konsumen Indonesia masih gampang dibodohi dan masih termakan merk

Mbah : kalo soal itu bisa jadi bener bisa jadi engga, tapi ada hal lain yang menyebabkan AHM mampu mendominasi marketshare distribusi sepeda motor di Indonesia.

Nde : nah apa saja itu Mbah ?

Mbah : ada beberapa hal, akan Mbah terangkan satu persatu, yang pertama sudah pernah Mbah ceritakan di tahun 2015, tentang model motor Honda yang kebanyakan itu modelnya buat bapak-bapak.

Nde : oh iya mbah, saya ingat dulu pernah bikin artikel Otak-Atik Gathuk berjudul : rahasia model bapak-bapak. Terus yang lain apa Mbah ?

MMS : yang kedua adalah karena blunder dari haters AHM.

Nde : loh kok bisa disebut blunder dari haters AHM itu gimana ceritanya Mbah ?

MMS : jadi gini, selama ini haters AHM selalu bilang kalau motor AHM itu mahal alias overprice dan minta harga motornya diturunkan, itu sebenarnya blunder besar, yang bener itu harusnya justru AHM harus didukung untuk menaikkan harga motor setinggi-tingginya.

Nde : kok bisa gitu Mbah, menaikkan harga kok malah didukung, namanya RIPLogic itu mbah 😆

MMS : Lah terus menurut kamu harusnya gimana ?

Nde : ya harusnya didemo Mbah biar AHM menurunkan harga motornya, jadi konsumen mendapat barang yang sesuai, ga overprice kaya sekarang.

MMS : nah justru sekarang Mbah balik bertanya, logikanya dimana ?

Nde : loh bener kan Mbah, kalau overprice ya didemo biar menurunkan harga

MMS : Sekarang gini, dengan harga sekarang aja yang menurut kamu overprice, AHM sudah mampu menguasai marketshare lebih dari 70%, lah kalau AHM menurunkan harga motornya bisa tembus 90% itu, logikanya itu wong mahal aja laku keras kok, apalagi kalo harga turun. Bener ga ?

Nde : ya mungkin bener Mbah

MMS : Nah itu artinya haters AHM seharusnya mendukung supaya AHM menaikkan harga setinggi-tingginya, jadi nantinya banyak konsumen yang beralih ke merk lain karena merasa harga motor AHM terlalu mahal. Itu baru namanya menggembosi marketshare AHM. Logis ga menurut kamu ?

Nde : iya Mbah, masuk akal 😆

MMS : Nah makanya Mbah bilang juga apa, haters AHM itu blunder, dengan minta turun harga itu bukannya menurunkan marketshare tapi malah bakal menaikkan marketshare AHM.

Nde : terus apa lagi Mbah ?

MMS : nah ini masih ada hubungannya sama sebab yang pertama. Jadi setelah AHM membuat motor dengan model bapak-bapak maka dapat diasumsikan bahwa bapak-bapak itu pada beli motor Honda. Setelah itu barulah AHM membuat motor dengan model yang lebih ke arah sporty alias selera anak muda. Disini jelas kan dulu yang beli cuma bapak-bapak, maka sekarang anak-anak muda pun jadi ikutan suka Honda karena modelnya dianggap cukup sporty.

MMS : hasilnya silahkan hitung sendiri ketika bapak-bapak dan sebagian anak muda pada memilih motor Honda maka tidak perlu heran jika AHM mampu mendominasi marketshare hingga lebih dari 70%

Nde : oh rupanya seperti itu ya Mbah ? terus kira-kira bagaimana agar kompetitor bisa melawan dominasi AHM ?

MMS : nah selain bapak-bapak dan anak muda ada golongan apa lagi ?

Nde : apa ya ? mungkin golongan ibu-ibu alias wanita.

MMS : nah betul sekali, supaya bisa melawan dominasi AHM, maka kompetitor harus bisa merangkul ibu-ibu atau wanita, karena pada dasarnya bapak-bapak akan menuruti kemauan istrinya, cowok akan menuruti kemauan ceweknya, soal ini juga pernah Mbah kasih wangsitnya kan ?

Nde : oh iya Mbah, wangsit yang berjudul fenomena fansboys, FBY jomblo dan FBH susis kan Mbah ?

MMS : iya benar sekali, dan mengapa wanita jadi konsumen potensial ? Jawabannya karena jumlah wanita menjelang hari kiamat itu akan lebih banyak jumlahnya dibanding pria. Nah pabrikan yang sudah mulai melakukan serangan balik dengan cara merangkul wanita itu Yamaha, lihat saja Yamaha sekarang sampai promosi ke pengajian-pengajian ibu-ibu 😀

Nde : oh gitu ya Mbah ? baru tau saya, terus gimana Mbah 😆

MMS : nah kalau para wanita itu lebih memilih merk selain Honda, dijamin marketshare AHM bakal turun. Tapi jangan salah, poin ini sangat tergantung dengan poin sebelumnya yaitu soal blunder haters AHM.

Nde : wah gitu ya Mbah ? Kenapa bisa seperti itu ?

MMS : namanya wanita itu seneng belanja, apalagi kalo ada kata diskon, nah kalau AHM mengabulkan keinginan hatersnya, lalu semua produknya dijual dengan harga lebih murah & pasang iklan diskon dimana-mana, wanita yang tadinya melirik merk lain, akhirnya bakal kembali membeli merk Honda, nah kebayang kan kalo tadinya bapak-bapak & sebagian anak muda memilih Honda, sekarang ditambah dengan para wanita juga memilih Honda. Kalau sudah sampai sini ya bakalan gawat.

Nde : hmm… Ya..ya..ya.. tapi kok gawat Mbah ? Kenapa ?

MMS : ya gawat lah.

Nde : iya gawat kenapa ?

MMS : gawat karena mau baca artikel Otak-Atik Gathuk yang artikelnya lumayan panjang & isinya ga jelas banget sampai selesai, bener-bener unfaedah 😂😂😂

Nde : owalah..asem.. ternyata Nde sudah dikibuli sama Mbah Mbuh Sapa, semoga tidak ada sobat Nde yang membaca artikel ini dengan serius, soalnya kalau sampai baca artikel ini dengan serius dari awal sampai akhir, maka dengan berat hati & sangat terpaksa Nde ucapkan : Sokoooooorrrrrrrr 😂😂😂

Salam dari desa 😉

Iklan

22 pemikiran pada “Otak-Atik Gathuk (77) Terungkap Rahasia AHM Bisa Mendominasi Marketshare

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s