Mencoba Gearset Karisma/Supra X 125 R Di Honda Revo

Ndesoedisi.com-tak terasa sudah 2 tahun gearset NPP milik Supra Fit New terpasang di Si Nyoi R11-ABS (silahkan baca artikel berjudul mencoba gearset merk NPP di Honda Absolute Revo). Selama 2 tahun tersebut sudah menempuh jarak sekitar 16ribu km dan saat ini kondisinya sudah aus sehingga rantai tersebut sudah tidak bisa masuk ke gear dengan sempurna dan harus diganti.

gearset NPP untuk Revo
gearset sudah aus

Ketika Nde menanyakan gearset untuk Revo di bengkel langganan ternyata tidak ada, tetapi pemilik bengkel mengatakan ada gearset untuk Honda Karisma/Supra X 125 R merk Indopart seharga 120 ribu yang bisa juga digunakan untuk Honda Absolute Revo.

gearset Indopart untuk Karisma/Supra X 125

Sebelum memutuskan membeli gearset Karisma/Supra X 125 R tersebut, Nde browsing dulu, apakah benar gearset Karisma/Supra X 125 R bisa digunakan di Revo 110. Hasilnya googling dari Kaskus & artikel lawas Compumoto disini, menyatakan bahwa gearset Karisma/Supra X 125 R cocok digunakan di Honda Revo, hanya saja ada perbedaan ukuran sproketnya sebagai berikut :

ukuran gearset Karisma/Supra X 125
  • Perbandingan sproket original Revo adalah 14 : 37
  • Perbandingan sproket Supra Fit New adalah 14:36 (yang Nde gunakan sebelumnya)
  • Perbandingan sproket Karisma/Supra X 125 R adalah 14:35
Gearset & rantai Indopart

Mekanik yang memasang gearset mengatakan kepada Nde dalam bahasa Sunda :

tenagana mah eweuhan, tapi speed ayaan

Jika ditranslate ke bahasa Indonesia menjadi “tenaganya ga ada, tetapi speednya ada“, atau secara teknik berarti akselerasi berkurang tetapi top speed bertambah, memang secara teori juga demikian. Untuk rantainya karena terlalu panjang, harus dipotong sebanyak 2 mata.

Nde sendiri tidak terlalu mempermasalahkan perubahan tersebut, namanya motor buat kerja yang penting masih bisa maju & ga mogok ya berarti masih OK, apalagi kondisi jalan menuju tempat kerja Nde relatif datar 😀

gear belakang ukuran 35

Setelah dipasang dan Nde coba memang terasa nafas si Nyoi Revo terasa lebih panjang. Riding di posisi gigi 3 juga bisa lebih lama tanpa harus cepat-cepat pindah gigi karena mesin sudah menjerit.

Untuk masalah top speed Nde sendiri tidak tahu karena speedometer si Nyoi sudah almarhum sejak 4 tahun yang lalu, mau ngetes menggunakan aplikasi juga males namanya motor bebek 110cc yang sudah berusia 6 tahun juga paling top speednya tidak jauh-jauh dari angka 90 km/jam on speedo 😆

Pengalaman menggunakan gearset Indopart untuk Revo selama ini bisa bertahan sekitar 16ribu km, entah dengan gearset Indopart untuk Karisma/Supra X 125 R ini, semoga saja bisa bertahan sampai jarak yang sama atau bahkan lebih.

Salam dari desa 😉

Iklan

19 pemikiran pada “Mencoba Gearset Karisma/Supra X 125 R Di Honda Revo

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s