Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Di Samsat KCP Cikampek

Ndesoedisi.com-tak terasa si Nyoi Honda Absolute Revo 110 sudah menemani Nde selama 6 tahun, hal itu ditandai dengan kewajiban membayar pajak yang jatuh pada tanggal 28 Februari kemarin. Kali ini Nde akan bercerita pengalaman membayar pajak di Samsat KCP Cikampek. Sebenarnya Nde berencana membayar di Samsat keliling Purwakarta yang biasanya pada hari Rabu ada di halaman Kecamatan Cibungur, tetapi entah mengapa kemarin tidak ada, entah tidak beroperasi atau Nde yang kesiangan 😀

Samsat KCP Cikampek

Samsat KCP Cikampek ini sebenarnya sudah beroperasi hampir 2 tahun. Sebelumnya di Cikampek hanya ada outlet Samsat yang terletak di lantai 2 Mall Cikampek. Mungkin karena wajib pajak yang berada di daerah Cikampek semakin banyak serta jarak dari Cikampek ke Samsat di Karawang lumayan jauh sekitar 25 km sehingga outlet Samsat dijadikan Samsat KCP dan berpindah ke tempat yang baru yaitu dibelakang gedung Bank BJB KCP Cikampek, Jl. Ahmad Yani No 21 Cikampek.

Samsat Cikampek berada di belakang BJB

Nde sendiri baru pertama kali ke Samsat KCP Cikampek ini, meskipun sudah beberapa kali ke outlet Samsat yang lama. Gedung Samsat KCP Cikampek ini tidak terlalu besar, tetapi memiliki area parkir motor yang terbilang lumayan bisa menampung banyak motor.

Samsat Cikampek

Memasuki gedung Samsat KCP Cikampek, ternyata sudah penuh sesak dengan orang- orang yang akan membayar pajak baik itu pajak tahunan maupun lima tahunan. Di gedung tersebut hanya ada 2 buah loket yaitu loket 1 untuk pendaftaran & penetapan sedangkan loket 2 untuk pembayaran, pengesahan & penyerahan.

yang daftar bercampur dengan yang menunggu panggilan

Sayangnya antrian antara pendaftar dengan orang yang menunggu panggilan pembayaran tercampur sehingga membuat beberapa orang termasuk Nde bingung ikut barisan yang mana, ditambah lagi tidak adanya nomor antrian membuat wajib pajak tidak bisa memperkirakan kapan gilirannya akan dipanggil. Setelah antri di loket pendaftaran Nde menyerahkan STNK-SKPD asli dan KTP asli, yang masing-masing difotocopy sebanyak 2 lembar lalu petugas di loket pendaftaran mengatakan silahkan tunggu panggilan.

Loket di Samsat Cikampek

Setelah menunggu 1 jam lebih tanpa kepastian, akhirnya Nde dipanggil ke loket kedua untuk membayar sekaligus mengambil STNK-SKPD dan KTP asli yang digunakan untuk pembayaran. Dan proses perpanjangan pajak si Nyoi Revo pun selesai.

Berdasarkan pengalaman Nde tersebut, pelayanan di Samsat Cikampek sekarang bertambah lama karena adanya pelayanan untuk pengurusan pajak 5 tahun serta penerbitan STNK-TNKB membuat antrian di Samsat KCP Cikampek tersebut menjadi lebih lama. Jika ingin lebih cepat proses di Samsat KCP Cikampek itu bisa datang diluar jam-jam sibuk seperti misalnya sesudah istirahat itu pun sifatnya masih untung-untungan, cara yang lebih ampuh tentu saja dengan memanfaatkan pembayaran online via e-Samsat sehingga datang ke Samsat tinggal menukar bukti pembayaran saja.

Salam dari desa 😉

Iklan

6 pemikiran pada “Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Di Samsat KCP Cikampek

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s