Review Oli Federal Matic 10W-30 Di Suzuki Address Memang Spesialis Dingin

Ndesoedisi.com-seperti yang sudah Nde ceritakan sebelumnya, karena tidak sempat service Address ke bengkel resmi akhirnya Nde memilih ganti oli sendiri. Ketika nanya-nanya oli yang ada di toko dekat rumah juga pilihannya cuma sedikit maklum tinggal didesa, akhirnya Nde memutuskan untuk mencoba oli yang terkenal dengan tagline spesialis dingin yaitu Federal Matic 10W-30 di Suzuki Address.

Federal Matic 10w-30

Oli Federal Matic 10W-30 berukuran 800 mL ini harganya Rp. 35.000, tergolong oli yang sangat terjangkau untuk kalangan orang desa seperti Nde. Sampai artikel ini dibuat, oli Federal matic tersebut baru dipakai mudik ke Cilacap sehingga Nde belum tahu performa oli tahan berapa km sampai didrain. Nah berikut adalah review mulai dari impresi pertama hingga kelebihan & kekurangan oli Federal matic digunakan untuk turing dari Purwakarta ke Cilacap.

Setelah ganti oli sebanyak 650mL sesuai buku petunjuk, Nde menyalakan mesin suaranya tetap halus seperti biasanya. Setelah itu Nde membawa Address berangkat ke Purwakarta karena ada keperluan. Kebetulan jalur yang dilalui adalah jalur alternatif Cibatu-Purwakarta yang medannya berbukit.

enak buat gas pol 😀

Lah tapi kok rasanya motor seperti tidak bertenaga ? Padahal biasanya enak aja digunakan untuk melintas di jalur tersebut karena sudah sering banget dilewati. Lah ini buat nanjak aja ngos-ngosan 😂

Pulang dari Purwakarta Nde sengaja memilih lewat jalur biasa yang kondisi jalannya datar karena performa Address masih belum maksimal. Bahkan karena penasaran dengan performa Address, Nde beberapa kali menarik gas lebih dalam sampai diingetin sama istri Nde, kenceng amat bawa motornya 😆

Federal Matic 10W-30

Setelah dua hari digunakan atau menempuh jarak sekitar 50km ternyata performa Address masih belum maksimal dan Nde pun merasa pasrah, ya sudahlah kalau memang performa oli Federal Matic 10W-30 ternyata memang seperti itu  ya berarti Nde pulang ke Cilacap dengan kondisi Address yang kurang maksimal. Sempat ada sedikit rasa penyesalan juga kan tadi juga berencana mau ke Purwakarta, kenapa ga beli oli yang bagus sekalian di Purwakarta 😂

Sehari sebelum Nde berangkat ke Cilacap, Nde ada acara di Cikampek dan Nde pun berangkat sekeluarga naik Address. Dan diperjalanan mulai terasa bahwa performa Address kembali responsif seperti semula. Nde pikir oh mungkin kemarin adalah masa transisi dari oli SGO ke Federal matic. Dan Nde pun kembali pede dengan performa Address untuk mudik.

Selama perjalanan ke Cilacap Nde memperhatikan bahwa suara ngorok ketika berakselerasi yang biasanya terdengar ternyata bisa dikatakan hampir hilang ketika menggunakan oli Federal metic ini. Ya suara ngoroknya masih ada tapi tidak sekeras ketika menggunakan oli SGO.

Selain suara ngorok berkurang, suhu mesin pun relatif lebih dingin dibandingkan sebelumnya. Ya bisa dibilang tagline oli Federal sebagai oli yang dingin memang bukan sekedar tagline, karena dulu ketika Nde masih menggunakan oli Federal untuk si Abah Astrea Grand 95 pun suhu mesin relatif dingin.

Dari Purwakarta hingga Banjar, Nde berkendara dengan kecepatan tidak lebih dari 90km/jam dan performa Address terasa responsif sepanjang perjalanan, tapi masih terasa kurang tenaga apabila digunakan untuk menanjak.

Terasa ada sedikit jeda dikisaran kecepatan 40-50km/jam, kecepatan dibawah itu masih bisa dibilang responsif. Sebaliknya ketika kecepatan diatas 50km/jam akselerasi Address sangat responsif dan sangat-sangat mudah menggapai 90km/jam persis seperti ketika menggunakan oli SGO.

jalan Lumbir

Ketika memasuki jalur Banjar ke Cilacap & melihat jalur lumayan lebar & kosong, Nde mulai menggeber Address, dan akhirnya terlihat bahwa performa oli Federal metic 10W-40 hanya mampu menemani Address berlari hingga kecepatan 100km/jam, selebihnya berat, bahkan untuk mencapai kecepatan 105km/jam pun susah padahal SAEnya 10W-30 tergolong encer.

Berbeda dengan performa oli SGO yang masih kuat diajak berlari hingga 105km/jam tanpa kendala dengan posisi rider yang belum menunduk & berat Nde yang hanya 42kg 😂

Setelah digeber selama 3 jam perjalanan pun kondisi mesin masih stabil dan suhu mesin relatif lebih dingin dibandingkan menggunakan SGO.

Jadi kesimpulannya, sesuai dengan harganya yang cukup ramah dikantong, performa oli Federal matic untuk penggunaan sehari-hari di Suzuki Address bisa dibilang cukup lumayan, membuat mesin lebih dingin & menghilangkan suara ngorok, tetapi secara umum performanya masih kalah apabila dibandingkan dengan oli bawaan yaitu SGO meskipun bisa jadi kondisi Address yang belum diservice juga berpengaruh.

Sekarang Nde tinggal menunggu sampai berapa km oli Federal matic mampu bertahan karena oli SGO terbukti mampu bertahan hingga 2500km tanpa mengalami penurunan performa. Bagaimana menurut sobat semua ?

Salam dari desa 😉

Iklan

22 thoughts on “Review Oli Federal Matic 10W-30 Di Suzuki Address Memang Spesialis Dingin

  1. Beli oli kok coba2 bro..???😨😨😱😱
    Udah beli fastron tekno ijo harga di kudus pantura 85 ribu, langsung tuang rasakan sensasinya TOP MARKOTOP mah tak jamin..👌👌👍👍jangan lupa filter oli diganti..😎😎
    Ini lagi nyari pertamina fastron diesel malah stok toko oli gak ada…😱😱pingin jajal di ovi ane..penasaran juga…😂😂😂
    Mahal dikit tapi kualitas bro Nde..😂😂😂

    Suka

  2. Ping balik: Riding Purwakarta-Cilacap Via Jalur Alternatif Cikijing-Banjar | Ndesoedisi

  3. pengaruhnya gede banget pak Dhe, taon kmren scoopy q tinggal d rumah bawa babe.. eeh.oli di ganti eneos 20/50. njirr beratt banget.90kpj susah

    Suka

  4. Ping balik: Tahun Baru, Harapan Baru Suzuki – aspaldesa

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s