Akhirnya Ketemu Gojek Di Purwakarta

Ndesoedisi.com-bertemu dengan driver ojek online di jalanan kota besar saat ini bisa jadi semudah membalik telapak tangan, bahkan beberapa rekan blogger yang Nde kenal juga berprofesi sebagai driver ojek online. Tetapi ceritanya akan sedikit berbeda bagi orang desa seperti Nde yang tinggal belasan kilometer dari kota kecil bernama Purwakarta.

Logo Gojek (pic: Wikipedia)

Pada pertengahan tahun 2017, Nde pernah mendengar informasi ada perekrutan driver ojek online untuk wilayah Purwakarta, Cikampek dan sekitarnya. Tetapi konon kabarnya karena masih ada masalah dengan Pemkab Purwakarta entah soal perijinan atau yang lain, ojek online belum bisa beroperasi di Purwakarta.

Sekitar bulan November kemarin, istri Nde iseng mendownload aplikasi Gojek & Grab dan mencoba-coba aplikasi tersebut karena ingin tau. Lalu mencoba pesan makanan di Purwakarta biar dikirim via Gojek. Setelah mencoba di aplikasi Gojek layanan memang tersedia tetapi istri Nde mengurungkan niatnya menggunakan jasa ojek online tersebut karena rumah Nde jaraknya lebih dari 15km dari kota Purwakarta membuat ongkos gojeknya lebih mahal daripada harga makanan yang dipesan, selain itu istri Nde juga tidak tega sama drivernya.

Ya memang driver gojek dibayar, tapi kasihan aja kalau drivernya harus bolak-balik sejauh 30km 😁 Selain soal tarif, waktu itu Nde juga masih sangsi dengan keberadaan gojek karena belum pernah sekalipun bertemu dengan driver ojek online di jalanan.

Beberapa Minggu yang lalu, ketika main ke kota Purwakarta, Nde melihat seorang bapak-bapak menggunakan jaket Gojek, tetapi karena Nde sedang mengendarai motor jadi tidak sempat memfoto cuma berpikir oh sekarang driver Gojek mulai kelihatan 😀

Hari Sabtu kemarin, ketika Nde ke Purwakarta untuk mengambil pesanan istri, akhirnya Nde melihat driver Gojek secara langsung. Awalnya Nde hanya melihat dua orang bercakap-cakap di depan PHD, tetapi tak lama kemudian datang lagi satu orang temannya. Entah mereka sedang menunggu pesanan di PHD, entah sedang menunggu customer Nde tidak tahu 😀

Gojek di Purwakarta

Setelah melihat adanya driver Gojek secara langsung, Nde iseng ingin tahu tarif dari rumah Nde ke tempat kerja di Kawasan Kota Bukit Indah Purwakarta, ternyata tarifnya sekitar Rp. 34.000 dengan jarak tempuh sekitar 16 km, kalau melihat di peta jalurnya melewati kebon karet Cikumpay 😀

ilustrasi ongkos Gojek di Purwakarta

Karena rasa ingin tahu Nde cukup tinggi, akhirnya Nde pun mencoba sekali lagi dari tempat kerja Nde ke rumah mertua Nde didepan Texmaco Subang. Dan hasilnya cukup mengejutkan bagi Nde.

ilustrasi tarif Gojek dari KBI ke Texmaco Subang

Jika melihat rute Gojek tersebut, maka jalurnya melewati jalur kebun tebu di belakang PT. Texmaco. Setahu Nde jalur tersebut belum semuanya bagus, ya mungkin aplikasinya hanya memperhtungkan jalur terdekat tanpa tahu kondisi jalanan secara realnya.  Biasanya orang-orang lebih memilih jalur lain tetapi jarak tempuh pun otomatis bertambah. Maklum awalnya kan aplikasi digunakan di kota besar yang secara umum jalanan cukup bagus, sangat jauh berbeda dengan kondisi di daerah pedesaan.

Akhir kata, saat ini ojek online sudah mulai merambah ke kota-kota kecil seperti Purwakarta, mungkin untuk saat ini penggunanya masih terbatas di daerah perkotaan saja, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya di desa pun bakal ada driver ojek online karena aplikasi dan kantor cabangnya sudah ada. Bagaimana menurut sobat semua ?

Salam dari desa 😉

Iklan

7 pemikiran pada “Akhirnya Ketemu Gojek Di Purwakarta

  1. sepanjang pengetahuan saya biasanya pintu masuk ojek online selain via dishub mereka juga selalu melakukan pendekatan awal dengan ojek pangkalan dengan menawarkan menjadi rider mas..
    silahkan klik nama sy pada komentar ini untuk berkunjung balik ke blog saya.

    Suka

  2. Ping-balik: Kembali Menggunakan Angkutan Umum – Ndesoedisi

  3. Ilman

    Siang, saya mau tanya. Rencana akan interview di kawasan Industri Indotaisei, Cikampek. Apakah sudah aman untuk pesan ojek online disana? Saya rencana dari stasiun Cikampek. Nah untuk rute pulang rencana menggunakan bis. Namun saya belum tahu dari mana naik bis paling enak dari kawasan indsutri tersebut? Gerbang tol cikampek kah? Terima kasih sebelumnya.

    Suka

    1. Belakangan ini ketegangan antara ojol dengan opang tampaknya sedikit mereda dan ojol masih narik seperti biasa tetapi umumnya tanpa atribut dan sepertinya tetap harus hati-hati kalau mau pesan ojol. Soal tempat paling enak buat naik bis itu tergantung tujuannya kemana, tapi memang posisi paling enak ya di Kopo/gerbang tol Cikampek.

      Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s