Mengurus Perpanjangan SIM di SIM Keliling Polres Subang, Mudah & Cepat

Ndesoedisi.com-pada pertengahan bulan Desember 2017 ini, masa berlaku SIM C milik Nde sudah habis dan harus segera diperpanjang. Berbekal pengalaman sebelumnya bahwa memperpanjang SIM di SIM keliling itu lebih mudah & cepat, akhirnya Nde pun mencari jadwal SIM keliling Polres Subang. Setelah mendapat informasi tentang jadwal SIM keliling Polres Subang, akhirnya Nde putuskan bahwa Nde akan memperpanjang SIM pada hari Sabtu sekalian Nde ke Samsat Subang untuk memblokir STNK motor yang sudah dijual.

Jadwal SIM Keliling Polres Subang (pic: satlantaspolressubang)

FYI Jadwal SIM keliling Polres Subang adalah sebagai berikut :

  • Hari Senin  : Pasar Purwadadi                      (pukul 09.00-14.00 WIB)
  • Hari Selasa : Pasar Pagaden                          (pukul 09.00-14.00 WIB)
  • Hari Rabu   : Pasar Kalijati                            (pukul 09.00-14.00 WIB)
  • Hari Kamis : dibawah flyover Pamanukan (pukul 09.00-14.00 WIB)
  • Hari Jumat : Pasar Jalancagak                     (pukul 09.00-14.00 WIB)
  • Hari Sabtu  : Wisma Karya Subang              (pukul 09.00-14.00 WIB)

Sesampainya di Samsat, ternyata pada hari itu, mobil SIM keliling masih terparkir di halaman Samsat Subang. Nde pikir wah kebetulan sekali ada mobil SIM keliling di halaman Samsat jadi Nde tidak perlu repot-repot ke Wisma Karya.

Selesai urusan di Samsat, Nde segera mendekati mobil SIM keliling Polres Subang, tetapi rupanya tidak ada tanda-tanda kehidupan sedang beroperasi. Nde lalu bertanya kepada bapak-bapak yang jaga diparkiran apakah mobil SIM keliling tersebut beroperasi atau tidak. Menurut bapak-bapak tersebut, seharusnya mobil SIM keliling tersebut setiap hari Sabtu ada di Wisma Karya tetapi entah mengapa hari itu mobil tidak berangkat. Nde lalu bertanya apakah hari-hari biasa mobil tersebut beroperasi ? Si Bapak menjawab bahwa hari-hari biasa beroperasi normal sesuai jadwal.

Mendengar hal tersebut Nde mengambil keputusan untuk memperpanjang SIM di hari lain ketika SIM keliling beroperasi di sekitar pasar Kalijati. Kalau dipikir-pikir ngapain Nde menunda memperpanjang SIM, Samsat kan jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Polres Subang, kenapa ga sekalian saja hari itu kan beres ?

Jawabannya adalah Nde malas antri lama di Polres Subang. Pengalaman Nde mengantar istri membuat SIM dan beberapa kali ke Polres Subang selalu mengalami antrian panjang, jadi mending di SIM keliling 😆

mobil SIM keliling Polres Subang di Kalijati

Hari Rabu menjelang istirahat siang, Nde sudah sampai di depan mobil SIM keliling Polres Subang, yang ternyata diluar dugaan Nde orang yang mengurus perpanjang SIM di mobil tersebut juga cukup banyak 😀

antrian masyarakat yang mengurus perpanjangan SIM

Nde lalu mendaftar dengan menyerahkan syarat-syarat perpanjangan SIM di SIM keliling sebagai berikut :

  1. SIM asli yang habis masa berlakunya.
  2. Fotocopy KTP (atau KK bagi yang belum memiliki e-KTP IMHO).

Selesai menyerahkan berkas, sekitar 30 menit nama Nde dipanggil. Nde lalu ditanya nama lengkap & tanggal lahir apakah sudah benar, setelah itu diambil sidik jari & di foto. Selesai di foto Nde membayar biaya perpanjang SIM di SIM keliling Polres Subang sebesar Rp. 150.000. Lalu Nde dipersilahkan kembali menunggu SIM selesai dicetak. Sekitar 20 menit menunggu, akhirnya SIM milik Nde pun jadi.

SIM setelah diperpanjang masa berlakunya

Itulah pengalaman Nde memperpanjang SIM di SIM keliling, selain lebih mudah prosesnya pun lebih cepat. Memang apabila dibandingkan dengan tahun 2012 ketika Nde memperpanjang SIM di SIM keliling tersebut sekarang prosesnya jauh lebih lama. Kemarin proses pengurusan SIM sekitar 1 jam, sedangkan dulu seingat Nde prosesnya hanya sekitar 15 menit karena hanya ada dua atau tiga orang saja yang memperpanjang SIM.

Tetapi dengan banyaknya orang yang mengurusi SIM menurut Nde menunjukkan bahwa kesadaran pengguna kendaraan bermotor di daerah Subang untuk memiliki SIM yang berlaku sudah semakin banyak seiring dengan penjualan kendaraan bermotor yang semakin meningkat.

Salam dari desa 😉

 

 

 

Iklan

7 thoughts on “Mengurus Perpanjangan SIM di SIM Keliling Polres Subang, Mudah & Cepat

    • Wa’alaikum salam wr.wb wah saya kurang tau ya, soalnya belum pernah nyoba, cuma ada yang bilang bisa, ada yang bilang ga bisa, ada juga yang bilang mulai 2018 ini sudah bisa untuk info lebih jelasnya sebaiknya tanyakan langsung ke petugasnya di SIM keliling/ke Polres Subang

      Suka

  1. Ping balik: Jadwal SIM Keliling Kabupaten Purwakarta | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s