Memblokir STNK Motor Si Pinky yang Sudah Dijual

Ndesoedisi.com-disela-sela kesibukan sehari-hari, Nde menyempatkan diri menulis artikel pengalaman memblokir STNK motor yang sudah dijual agar tidak terkena pajak progresif. Bagi sobat yang sudah lama mampir di blog ini pasti ingat bahwa dulu Nde pernah memiliki Honda Vario 125 yang diberi nama si Pinky. Setahun yang lalu si Pinky Vario 125 dijual dan diganti dengan Honda Scoopy eSP (artikel lengkapnya silahkan baca : bye-bye Pinky, kita hanya berjodoh selama 3 tahun).

Vario 125 lawas
warna Si Pinky kembali ke semula yaitu RWB

Awalnya karena yang membeli Si Pinky adalah tetangga dan Nde belum sempat ke Samsat, akhirnya si Pinky dibiarkan saja masih menggunakan nama Nde. Tetapi minggu kemarin ada orang datang minta izin pinjam KTP untuk memperpanjang pajak STNK si Pinky. Rupanya sama tetangga si Pinky  sudah dijual lagi ke orang lain. Ya sudah daripada nantinya bikin ribed dan supaya motor yang lain tidak kena progresif akhirnya Nde putuskan untuk memblokir STNK Si Pinky.

Sebagai persiapan Nde membawa fotocopy KTP dan kwitansi penjualan Si Pinky karena di kwitansi tersebut tertera berbagai informasi tentang si Pinky mulai dari nopol, tahun pembuatan dsb. Nde sengaja menuliskan informasi tersebut di kwitansi penjualan dan menyimpannya, eh ternyata benar sekarang ada gunanya.

FYI alamat Samsat kabupaten Subang di Jl. Aipda Karel Satsuit Tubun No.8, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

Samsat kabupaten Subang

Di kantor Samsat kabupaten Subang, Nde bertanya ke teteh-teteh bagian front office. Si teteh menjawab bahwa persyaratan memblokir STNK motor yang sudah dijual adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy KTP atau Kartu Keluarga bagi yang KTPnya belum jadi 1 lembar.
  • Meterai 6 ribu 1 lembar.
  • Mengisi surat pernyataan tentang kendaraan yang dimiliki & yang akan diblokir.
front office Samsat Subang

Nde sendiri kurang paham apakah form pernyataan tersebut formatnya sama di seluruh Indonesia, atau berbeda-beda setiap daerah, tetapi sebagai gambaran bentuk surat pernyataan seperti gambar dibawah ini dan sepertinya surat tersebut berlaku untuk semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau lebih.

form pernyataan pemblokiran STNK kendaraan (klik untuk memperbesar)

Pada surat pernyataan ada tabel tentang kendaraan yang masih dimiliki, seperti nomor polisi, jenis kendaraan dsb dan satu lagi tabel tentang kendaraan yang sudah dijual dengan isian yang lebih simpel.

Untungnya Nde membawa syarat-syarat tersebut karena kebetulan Nde selalu menyimpan meterai 6 ribu di dompet minimal 1 lembar, dan untuk mengisi tabel tentang kendaraan yang dimiliki juga tidak kesulitan karena kebetulan Nde mengendarai Suzuki Address maka otomatis STNKnya juga dibawa 😀

Setelah selesai mengisi formulir dengan lengkap Nde kembali ke teteh-teteh yang memberikan formulir pernyataan tersebut, oleh si teteh Nde di tunjukkan agar menuju ke loket pendaftaran dan dikasih tau agar tidak usah ditungguin.

Samsat Subang

Sampai di loket pendaftaran, Nde menyerahkan form pernyataan yang sudah ditandatangani diatas meterai 6 ribu dan fotocopy KTP. Oleh si bapak petugas bagian pendaftaran Nde diajak ngobrol sebentar.

Setelah semua proses selesai, Nde menanyakan berapa biayanya, bapak tersebut menjawab bahwa memblokir STNK kendaraan yang sudah dijual itu tidak ada biayanya

Lalu Nde segera pulang dan tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada bapak tersebut. Itulah pengalaman wong ndeso memblokir STNK kendaraan yang sudah dijual, prosesnya mudah, cepat dan gratis asal mau diurus sendiri.

Salam dari desa 😉

 

 

 

 

 

 

Iklan

14 pemikiran pada “Memblokir STNK Motor Si Pinky yang Sudah Dijual

      1. Kelanjutannya ga tau, soalnya orangnya ga datang lagi, kalo misalkan kemarin bayar pajak tanpa KTP saya alias ditembak sebelum saya blokir berarti tahun depan harus balik nama, tapi kalo keburu saya blokir berarti harus langsung balik nama kalau engga ya ga bisa diperpanjang pajaknya

        Suka

  1. Ping-balik: Mengurus Perpanjangan SIM di SIM Keliling Polres Subang, Mudah & Cepat | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s