Review Jaket Respiro Essenzo Flow R1, Adem Untuk Riding Siang Hari

Ndesoedisi.com-salah satu jaket riding favorit Nde untuk berkendara di siang hari adalah Respiro Essenzo Flow R1. Jaket ini sebenarnya adalah hadiah kuis MotoGP seri Valencia tahun 2014 yang diadakan oleh Mang Guru menyusurijalan.com (artikel disini) tetapi baru sempat Nde buatkan artikelnya sekarang 😀 . Penasaran mengapa jaket tersebut menjadi andalan Nde untuk riding disiang hari ? silahkan disimak 😀

Respiro Essenzo flow R1 (pic: jaketrespiro.com)

Dilihat sekilas tampilan jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini terlihat biasa saja, bahkan bagi beberapa orang yang belum mengenal brand Respiro akan menganggap bahwa jaket Respiro Essenzo Flow R1 tersebut adalah jaket berbahan parasit biasa.

Sebuah anggapan yang wajar mengingat bahannya tipis dan warna hitamnya tidak hitam sempurna melainkan agak kelabu ditambah strip warna merah di dada depan yang juga warnanya sedikit kurang tegas. Perpaduan warna tersebut terlihat kurang menarik apabila dibandingkan dengan jaket Respiro lainnya di rentang harga yang setara misalnya Respiro Essenzo Sporto R1.

Tetapi bahan tipis juga memiliki keunggulan mudah untuk dilipat dan ringkas sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk menyimpan jaket Respiro Essenzo Flow R1.

Respiro Essenzo Flow R1

Bagian luar jaket ada dua buah saku di kiri & kanan yang dilengkapi dengan zipper atau resleting sehingga bisa untuk menyimpan sesuatu tanpa khawatir terjatuh kecuali kalau lupa menutup resletingnya 😀

Bagian dalam jaket terbuat dari bahan seperti jaring atau mesh dilengkapi tiga buah saku di bagian dalam. Satu buah saku diatas dan dua buah saku dibawah. Ukuran saku dalam di sebelah kanan berukuran lebih besar dibandingkan sebelah kiri. Sehingga total ada 5 buah saku diluar maupun didalam jaket.

ujung lengan menggunakan velcro atau perepet

Jaket Respiro Essenzo Flow R1 milik Nde tersebut berukuran S. Ketika digunakan ukurannya sangat pas di badan Nde. Nde sengaja memilih ukuran S karena berdasarkan pengalaman jaket Respiro lain yang berukuran M masih sedikit kebesaran ketika dipakai oleh Nde yang bertubuh imut 😎 .

Berdasarkan informasi di web jaketrespiro.com, spesifikasi jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini adalah sebagai berikut :

MATERIAL TECHNOLOGY

  1. Outer : PES Coating PU.
  2. Lining : PES Mesh Soft Touch.
  3. Windproof 0 CFM (Cubic Feet Per Minute).
  4. Waterproof 3000 MMWC (Millimetres Water Column).

FEATURES

  1. Windproof jacket.
  2. Soft touch polyester Mesh for lining & pocketing.
  3. Reflective Respiro Logo at back yoke.
  4. Air Ventilation System, Exhaust Air Output.
  5. YKK reverse zipper.
  6. Inside pocket system, Side pocket with zipper.

Kelebihan utama jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini adalah memiliki ventilasi untuk sirkulasi udara berukuran lumayan besar di bawah lengan. Ventilasi tersebut terbukti cukup efektif mengalirkan udara untuk mendinginkan badan selama berkendara.

Meskipun punya embel-embel dingin untuk riding, tetapi perlu dipahami bahwa Respiro Essenzo Flow R1 ini adalah jaket riding yang bersifat tahan angin atau windproof jaket. Rasa dingin hanya didapatkan selama digunakan untuk berkendara. Sebaliknya ketika dipakai untuk macet-macetan parah atau digunakan dalam posisi diam tentu saja membuat badan terasa gerah.

Jika melihat desainnya, jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini sebenarnya kurang cocok untuk riding pada malam hari karena tidak dilengkapi dengan reflector yang bisa memantulkan cahaya di bagian depan & belakang. Dengan ventilasi yang terbilang besar, aliran udara yang menerpa badan bisa membuat penggunanya kedinginan dan masuk angin. Saran Nde jika tetap ingin menggunakan Respiro Essenzo Flow R1 untuk riding pada malam hari, pakailah baju yang cukup tebal.

Respiro Essenzo Flow R1 ini juga tidak cocok digunakan untuk hujan-hujanan, dengan fitur waterproof 3000 MMWC paling hanya bisa digunakan untuk menembus gerimis. Nde pernah iseng mencoba untuk riding menembus gerimis sedang sejauh kurang lebih 8 km, ternyata air masuk melalui ventilasi dibawah lengan dan resleting sehingga baju kerja yang Nde pakai di dalam jaket basah di bagian tersebut. Akibatnya pun bisa ditebak yaitu Nde sakit karena masuk angin & kedinginan 😀

Jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini cocok bagi pengendara yang membutuhkan jaket riding dengan dana pas-pasan seperti anak sekolah atau mahasiswa, bisa juga menjadi pilihan bagi pengendara yang membutuhkan jaket riding ringan karena selain harganya cukup terjangkau (harga bisa dicek disini), jaket Respiro Essenzo Flow R1 ini juga lumayan adem untuk riding.

Akhir kata Nde ucapkan terimakasih kepada Mang Guru atas hadiah jaketnya.

Salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Perlengkapan Berkendara dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Review Jaket Respiro Essenzo Flow R1, Adem Untuk Riding Siang Hari

  1. Lord Duarte berkata:

    Ini jaket dipakai pas siang2 aja berasa di sauna, gimana yang bahan dalamannya furing yak, tenggelam dengan keringat kali 😂. Abis pakai ini, baju ane bagian punggung lepek mulu 😂. Mesh/jaring2nya kasar, jadi kadang pas pakai di siang bolong suka bikin badan jadi gatel2, bawaanya tangan mau garuk2 mulu 😂, kacau lah 😂

    Yg ane salut warna jaketnya, dipakai dari jaman SMA kelas 3 sampai Kuliah semester 1, warnanya ga pudar sama sekali, dan sablonannya juga masih terbilang baik, terutama tulisan Respiro di bagian belakang jaket, masih kinclong aja warnanya.

    Suka

  2. dhea berkata:

    mantab reviewnya

    goyang yuk

    Suka

  3. Mas Huda berkata:

    wah g cocok kalau musim panas berarti ya?

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s