Pintu Tol Kopo Yang Tidak Lagi Menarik Di Acara Mudik

Ndesoedisi.com-sejak beroperasinya Tol Cipali pada tahun 2015 pintu tol Kopo tidak lagi menjadi tempat yang menarik di acara-acara berita mudik. Hal itu disebabkan karena pemudik yang menuju ke arah timur lebih memilih untuk menggunakan Tol Cipali dibandingkan menggunakan jalur Pantura.

situasi di pintu tol Kopo pada H-4 lebaran 2017

Mirip dengan kondisi tahun lalu (silahkan baca artikel : situasi pintu tol Kopo pada H-5 lebaran 2016 masih sepi) tadi pagi sekitar jam 09.00 ketika Nde melewati pintu Tol Kopo, kondisi lalu lintas ada H-4 lebaran tahun 2017 ini pun terlihat biasa-biasa saja bahkan cenderung sepi apabila dibandingkan dengan aktivitas hari-hari biasa.

pintu tol Kopo

Sepinya lalu lintas di Tol Kopo salah satunya disebabkan karena berkurangnya jenis kendaraan pengangkut seperti truk dan kontainer. Pada hari-hari biasa, lalu lintas kendaraan yang keluar dari pintu tol Kopo didominasi oleh kendaraan-kendaraan seperti kontainer, dan truk pengangkut barang.

Nde pernah mengobrol dengan salah satu rekan yang pernah berprofesi sebagai sopir truk, bapak tersebut mengatakan bahwa umumnya sopir-sopir truk lebih memilih menggunakan jalur Pantura. Alasannya selain untuk menghemat ongkos tol, di sepanjang jalan Pantura juga lebih banyak tempat peristirahatan dan yang paling penting adalah di Pantura banyak ditemui bengkel di pinggir jalan sehingga tidak perlu khawatir apabila kendaraan mengalami masalah.

Bayangkan saja apabila membawa muatan penuh hanya ditemani seorang kernet tiba-tiba mengalami ban pecah di Cipali, mending kalau pas dekat rest area, kalau pas di hutan ? Kan repot sekali, imbuhnya.

jalanan terbilang sepi

Tetapi para pemudik jelas berbeda dengan para sopir truk. ย Para pemudik dengan kendaraan pribadi jelas lebih suka menggunakan tol Cipali yang kondisi jalannya secara umum lebih baik di bandingkan dengan Pantura.

Karena mulai jarang dilewati ketika mudik itulah maka mulai tahun 2015, pintu tol Kopo tidak lagi menjadi fokus utama di acara-acara mudik yang disiarkan oleh media massa. Tidak ada lagi pemandangan berupa kemacetan panjang yang terjadi akibat lonjakan kendaraan yang keluar dari pintu Tol Kopo menuju ke Pantura. Kemacetan pun berpindah ke daerah Jawa Tengah yang merupakan pintu keluar tol.

pintu tol Brebes Timur

Fokus liputan media massa pun kini berpindah ke ujung-ujung pintu tol didaerah Jawa Tengah seiring dengan berubahnya ujung tol tersebut. Jika tahun kemarin fokus ada di pintu Tol Brebes Timur atau Brexit karena terjadi kemacetan panjang berjam-jam bahkan sampai merenggut nyawa pemudik (silahkan baca disini), maka tahun ini akan bertambah dengan dibukanya tol Brebes -Batang .

Dulu ketika pintu tol Kopo masih menjadi bagian penting dalam cerita mudik, maka ada tradisi dimana masyarakat Kopo dan sekitanya menjadi pedagang musiman mulai dari makanan hingga souvenir boneka memanfaatkan kemacetan yang terjadi di waktu mudik.

ilustrasi berdagang di kemacetan (pic: Republika.com)

Salah satu kenalan Nde yang sering menjadi pedagang musiman memanfaatkan momen kemacetan mudik bercerita, sejak dibukanya tol Cipali, maka mereka kehilangan kesempatan berjualan di waktu mudik. Ada yang benar-benar berhenti, ada yang beralih menjadi pedagang biasa dirumah, tetapi ada juga yang memindahkan lapaknya ke jalan tol atau ke titik-titik keramaian di Pantura meskipun harus menempuh jarak yang lebih jauh.

Akhir kata, dengan perubahan titik kemacetan di pintu keluar tol secara langsung berimbas pada perubahan tradisi pedagang musiman masyarakat sekitarnya. Apakah dengan perubahan tradisi tersebut nantinya akan membuat generasi muda di daerah Purwakarta melupakan cerita bahwa pintu tol Kopo pernah menjadi bagian penting dalam kemacetan di acara mudik ? Biarlah waktu yang akan menjawabnya ๐Ÿ™‚

Salam dari desa ๐Ÿ˜‰

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di info mudik, Sekitar Purwasuka dan tag , , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke Pintu Tol Kopo Yang Tidak Lagi Menarik Di Acara Mudik

  1. Mas Sayur berkata:

    Nyimak saja,pak…
    Saya belum pernah ngerasain tol cipali…

    Suka

  2. wasis_Mild berkata:

    Yg motor dan mobil punya jalur sendiri2 jd lancar

    Suka

  3. DNFmagz berkata:

    Yg penting jgn macet berlebihan

    Suka

  4. imotorium berkata:

    Wah kesempatan tuh, mang nde jadi satu2nya yang ngeliput suasana pintu tol kopo ๐Ÿ˜‚ pake drone mang

    Suka

  5. Ping balik: H-3 Lebaran 2017, Tol Cikampek & Cipali Mulai Macet | Ndesoedisi

  6. Hariiisss berkata:

    untung aq g mudik tahun ini,sakne yo mang

    Suka

  7. Petra Jonartha berkata:

    Baik motor dan mobil uduh hati2 dalam dalam berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas yg ada. Moga selamat sampai di tujuan …

    Suka

  8. Lord Duarte berkata:

    Ane ga pernah mudik hahaha
    Keluarga di jekardah semua
    Macetnya di jekardah hahaha

    Liput macet jakarta dong mang

    Disukai oleh 1 orang

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s