Di Purwakarta Plat Nomor Langsung Jadi Bareng STNK, Di Subang Tunggu 3 Bulan

Ndesoedisi.com-setelah menunggu satu bulan, akhirnya STNK Honda Scoopy milik Nde jadi juga. Lho kok lama, kan biasanya 2 minggu juga sudah jadi ? Jawabannya adalah karena Nde masih berdomisili di Subang tetapi membeli motor di Purwakarta, sehingga untuk pengurusan STNK dilakukan secara kolektif oleh biro jasa dan memakan waktu lebih lama karena lintas daerah.

Honda Scoopy

Honda Scoopy eSP chic cream

Mengintip lembaran pajak, disana tertulis bahwa PKB Honda Scoopy milik Nde sebesar Rp. 276.000,- karena motor tersebut didaftarkan atas nama bunda Aira sehingga terkena pajak progresif kepemilikan kedua (kepemilikan pertama yaitu si Nyoi Honda Revo).

Besaran pajak Scoopy setelah terkena progresif

Ketika mengambil STNK Nde dikenai biaya tambahan sebesar Rp. 112.000,- berupa biaya pajak progresif sebesar Rp. 62.000, dan biaya jasa karena mengambil motor diluar daerahnya (istilahnya provisi kalau tidak salah 😆 ) sebesar Rp. 50.000,-.

Tidak lupa Nde juga menanyakan soal TNKB atau plat nomor, dan dijelaskan bahwa plat nomor untuk daerah Subang harus menunggu selama 3 bulan 😯  berbeda dengan area Purwakarta yang langsung jadi bersamaan dengan STNK

Plat nomor baru bisa diambil Februari 2017

Masalah pembuatan plat nomor yang lama sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun tetapi sepertinya pihak yang berwenang belum menemukan solusinya sampai sekarang. Nde masih ingat ketika membeli si Pinky Vario 125 pada tahun 2013 plat nomor juga harus menunggu selama 1 tahun lebih (baca artikel: setahun menunggu, akhirnya plat nomor si Pinky jadi juga), lebih lama dibandingkan dengan BPKBnya yang bisa diambil setelah 10 bulan (baca artikel: mengambil BPKB wantufaif di CMM Purwakarta). Sampai Si Pinky sudah dijual (baca artikel: bye-bye Pinky, kita hanya berjodoh selama 3 tahun)  ternyata masalah pembuatan plat nomor yang memakan waktu lama masih terjadi 👿 . Entah mengapa bisa seperti itu, tapi diakui atau tidak, urusan pelayanan masyarakat daerah Subang sangat jauh tertinggal dibandingkan Purwakarta.

Pengalaman Nde pada akhir tahun 2015 memperpanjang pajak STNK kendaraan milik kantor di Samsat Purwakarta, plat nomor kendaraan roda 4 atau lebih memang langsung jadi, sedangkan untuk roda dua memang menunggu 3 bulan. Tetapi pada tahun 2016 pembuatan plat nomor untuk kendaraan roda dua sudah lebih cepat buktinya plat nomor Honda Scoopy milik tetangga Nde yang berdomisili di Purwakarta setelah 2 minggu pembelian langsung jadi bersamaan dengan STNK . Padahal pembelian hanya selisih 2 bulan saja dengan Honda Scoopy milik Nde.

Karena plat nomor resmi belum keluar, Nde pun terpaksa memesan plat nomor palsu di tempat tukang plat nomor pinggir jalan.

Apabila mengingat edaran dari @NTMCLantasPolri, penggunaan plat nomor tidak resmi itu tidak diperbolehkan, dan bisa kena tilang karena menggunakan plat nomor buatan. Tapi apa iya motor mau dibiarin aja ngejogrok dirumah sampai plat nomor keluar selama berbulan-bulan sementara STNK asli sudah keluar ?

Akhirnya kan muncul pertanyaan, kalau di Purwakarta aja bisa 2 minggu mengapa di Subang sampai 3 bulan ? Padahal biaya pembuatan plat nomor sudah dibayar lunas, dan yang jelas konsumen membeli motor itu karena butuh segera digunakan, bukan untuk di simpan biar beranak atau diperam selama 3 bulan biar mateng !!!

Salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Perlengkapan Berkendara dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Di Purwakarta Plat Nomor Langsung Jadi Bareng STNK, Di Subang Tunggu 3 Bulan

  1. opo neeeh fbh ngskune fby

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s