Pemakaian Pertama Fastron Techno 10W-40 Di Jupiter Z1 Tembus 2100 Km

Ndesoedisi.com-artikel ini merupakan artikel kiriman dari Mang Deyus sang komentator sekaligus kontributor fenomenal. Setelah mengirimkan artikel review penggunaan PCMO Pertamina Fastron Techno 10W-40 (PFT Ijo) di Yamaha Jupiter Z1 dan ujicoba konsumsi BBM pertama ke Mase Juragan Janda Satuaspal.com dan ujicoba kedua ke Mangasep Juragan warung, sekarang giliran Nde dikirimi review oli sesat tersebut.

oli mobil Fastron di motor

review PFT Ijo di Jupiter Z1

Pada pemakaian pertama Pertamina Fastron Techno 10W-40 (PFT hijau) di Yamaha Jupiter Z1 yang diberi nama Jet Wahid itu ternyata tembus 2154km.

Odometer awal penggunaan PFT di Jupiter Z1

Perhitungan tersebut berdasarkan odometer awal pemakaian yang menunjukkan 23248 dan berakhir pada angka 25406.

Odometer akhir di Jupiter Z1

Loh kok cuma 2100km ? Katanya bisa longdrain, mana harganya mahal lagi dua kali lipat dari oli yang biasa digunakan, berarti ga value dong ? Yups perlu diketahui bahwa ini merupakan pengunaan pertama oli Fastron Techno, jadi bisa dibilang masih dalam masa transisi, untuk pemakaian kedua biasanya masa pakai oli lebih lama dan akan mencapai masa pakai optimal setelah penggunaan yang ketiga atau keempat.

Terus apa keuntungannya ? Nde copas aja ya keterangan Mang Deyus di artikel Mase Satuaspal :

Sekarang bagaimana jika di test jarak jauh… Bogor – Sukabumi…

gigi 1: 40km/jam (seblmnya 30km/jam kan ya…)

gigi 2: 70km/jam (seblmnya 60km/jam kan ya…)

gigi 3: baru nyampe 90km/jam treknya udah mau habis jd gasnya dikurangi… 😁

klo treknya lbh panjang lg, ane yakin gigi 3 bisa nyampe 100km/jam… 😎

gigi 4 mah ga kepake, kayaknya harus di pantura ngetesnya… hahaha

Terus untuk penggunaan jangka panjangnya bagaimana ? Apakah merusak kopling ? Sejauh ini menurut rekan-rekan di grup LDIC belum ada masalah berarti, selain itu Nde sendiri sudah menggunakan HDEO Meditran SX di Honda Revo selama setahun lebih dan tidak menemui masalah yang berarti. Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Pelumas dan tag , , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Pemakaian Pertama Fastron Techno 10W-40 Di Jupiter Z1 Tembus 2100 Km

  1. Kobayogas berkata:

    Sepi … Komen heula ah

    Suka

  2. MT 115 berkata:

    hemmmm….

    Suka

  3. Dewa berkata:

    Mang Dede 😀

    Suka

  4. febratha berkata:

    ijin absen om.. #ldic #hulk #janda #mdmx

    Suka

  5. motorideweb berkata:

    Techno mah berat karaosna dina enmex ge

    Suka

  6. Rizal berkata:

    Untung kenal ama mang kobay,klo gak kenal gak mungkin diriku bisa menikmati sesat yg nikmat

    Suka

  7. satuaspal.com berkata:

    Ajaran sesat kok terus disebarluaskan

    Suka

  8. watdezig berkata:

    Asik asik kampas rem diperhatiin ya om :p

    Suka

  9. mysukmana berkata:

    Wah harus beli ni besok olinya..kebetulan jupiter ane jg mx dan waktunya service

    Suka

  10. Buat pit unto rekomen ga mande😂😂😂

    Suka

  11. handoyo25 berkata:

    Salah satu tujuannya kan “long drain”, ganti oli dg interval yg jauh lbh lama ketmbang pake oli rekomendasi pabrik.

    Apakah ada yg bisa bikinin komparasi biaya ganti oli ini? (oli “sesat” vs rekomendasi pabrik)
    Komparasinya mungkin dari segi total biaya satu tahun, atau mungkin per 10 rb km, misalnya.

    Suka

    • ndesoedisi berkata:

      Nanti akan saya buatkan setelah performa optimal, kalo saya sendiri menggunakan Meditran SX harga 45ribuan dengan masa pakai 3000-3500 km, untuk PFT harganya 70ribu rata-rata mencapai 4000-5000km, silahkan dibandingkan dengan harga oli motor yang setara harganya 🙂

      Suka

      • handoyo25 berkata:

        Ditunggu yaa….. 😀

        Saya berharap bisa melihat komparasi total biaya gant oli per tahun, (Rp/tahun), tentunya dg asumsi km tempuh yg setara.

        Lalu ada tambahan ttg biaya rata2 (Rp/km) dari tiap oli yg digunakan setelah pemakaian satu tahun itu (bukan Rp/km berdasarkan harga oli perbotol ya)

        Suka

  12. watdezig berkata:

    kapan2 gw bikin blog juga om hehehe.. pake M1 ama delvac 1 di bebek Z1

    Suka

  13. tukang_gorengan berkata:

    dulu di vario 125, pake PFT ijo 10w-40, setahun cuma ganti oli 2x. karena total setahun jalan sekitar 10.000 lebih dikit. ganti oli per 5000km, kadang di 6000 km. terakhir tes longterm, baru berasa gak enak ala oli motor biasa di 7500 km.

    sekarang pake Meditran SX di Supra 125FI, pemakaian pertama masih di 2000. sekarang kedua mau beranjak ke 4000, abis itu rencana mau upgrade ke PFD dan drain di 7500 lalu di 10.000.

    pernah ngobrol dengan salah satu petinggi oli Italia, mereka riset sendiri dan tes sendiri ke kendaraan operasional. pake oli sekelas PFT (API SM/SN) bisa sampai 10.000 di mobil. dan baru menunjukan tanda2 oli minta diganti. tes untuk sekelas PFG (5w-30) mereka klaim bisa di drain per 15.000km (optimal) dan 20.000km (kalo berani) wkwkwkwkwk…..

    pas ane bilang ane biasa pake buat motor, mereka sih gak kaget. emang bisa kok sebenernya, cuma yaaaaaa dari sisi produsen amsyong dong kalo semua pake oli mobil di motor. gantinya pada lama2 hihihihihihihi….

    Disukai oleh 1 orang

  14. man ram lee berkata:

    ane baru pake nih pft ijo di njz 115,, kang ndeso masih pake kneh teu pft na

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s