Waspadalah, Ada Potensi Bahaya Dibalik Rutinitas Sehari-hari

Ndesoedisi.com-sering Nde membaca berita tentang kriminalitas seperti perampokan, pencurian dsb yang ternyata pelaku kejahatan sudah mengintai korban selama berhari-hari (contoh kasus bisa dibaca disini). Dari situlah Nde terpikir ide untuk membuat artikel ini. Artikel seperti ini sudah sering dibahas, tapi tidak ada salahnya Nde kembali mengingatkan pembaca tentang bahaya mengintai dibalik rutinitas kebanyakan belum disadari oleh kita semua. Semoga kita semua dilindungi dari segala jenis kejahatan… amin.

ilustrasi berangkat kerja

ilustrasi berangkat kerja

Beberapa waktu yang lalu, Nde pernah membuat artikel iseng tentang memperhatikan pengendara lain yang lewat setiap hari yang salah satu tujuannya adalah bisa untuk menebak waktu. Setelah membuat artikel tersebut, Nde sempat berdiskusi dengan Mang Deyus yang kebetulan mempunyai kebiasaan lebih parah sama dengan Nde, buktinya bisa dibaca di artikel Viwimoto berjudul rahasia cara seorang kontributor blog mengambil gambar di jalan. Dan namanya kebiasaan, meskipun iseng ya tetap saja dilakukan sampai sekarang. Nde yakin sebenarnya banyak sobat-sobat Nde yang juga memiliki kebiasaan yang sama, hayo ngaku aja 😆

Setelah Nde pindah ketempat yang baru, otomatis semua rutinitas berubah terutama jam berangkat dan pulang kerja. Perbedaan tersebut mengakibatkan orang yang Nde temui di jalan juga berubah, ada yang baru lihat, ada yang jadi ga ketemu, tapi ada juga yang masih ketemu dengan waktu dan tempat pertemuan berbeda dengan sebelumnya.

Seperti yang sudah pernah Nde ceritakan di artikel sebelumnya, karena setiap hari bertemu dan memperhatikan, Nde bahkan sampai hafal semua perubahan yang terjadi contohnya :

  • ada teteh-teteh yang dulu menggunakan helm TRX sekarang ganti merk lain warna telur asin, jaketnya dulu putih sekarang ganti merah hati, headlamp motornya sekarang ditutup sebagian menggunakan stiker, jas hujannya warna hijau muda 😀
  • ada teteh-teteh yang sekarang pasang stiker 93 dimotornya (ketahuan deh fans Marquez 😀 ), dulu ga bawa apa-apa, sekarang bawa tas, biasa sendiri, beberapa hari yang lalu boncengan, rute perjalanannya lewat mana saja juga ketahuan 😀
  • ada ibu-ibu yang ternyata kerja di sebuah perusahaan garmen yang Nde lewati.
  • ada bapak-bapak yang ternyata setiap hari selalu berhenti entah merokok entah mengecek HP di tengah-tengah kebun karet.
  • ada bapak-bapak yang dulu pake helm biasa, sekarang ganti helm supermoto
  • dst..

Dari hal tersebut, Nde jadi kepikiran bahwa bisa jadi sebenarnya kita diawasi oleh orang lain tanpa kita sadari. Ok lah kalau yang mengawasi sekedar iseng seperti Nde tidak akan menjadi masalah, bagaimana jika ternyata yang mengawasi adalah para pelaku kejahatan ?

Ambil contoh misalkan Nde adalah pelaku kejahatan, maka Nde sudah mengantongi informasi awal tentang calon korban seperti kapan dan dimana bapak-bapak itu berhenti di tengah-tengah kebun karet yang sepi, sudah tahu si teteh akan melewati rute mana saja & waktunya kapan, sudah tahu si ibu kerja dimana dan rutenya lewat mana dsb.  Dan tampaknya banyak diantara kita (termasuk Nde sendiri) tidak menyadari hal tersebut, hayo ngaku 😀 Dari informasi awal itu kemudian dikembangkan ke pelaksanaan. Contoh informasi kejahatan sudah banyak yang dishare seperti :

contoh kode maling

contoh kode maling

Terus gimana, kan itu sudah menjadi rutinitas sehari-hari ? Tenang sodara-sodara, tidak perlu panik karena artikel Nde disini hanya sekedar mengingatkan bahwa dibalik rutinitas kita tersimpan potensi bahaya, bukan menakuti-nakuti tetapi mengingatkan agar lebih waspada.

Untuk sedikit mencegah hal tersebut, sebaiknya lakukan beberapa perubahan rutinitas. Misalnya seminggu atau dua minggu sekali merubah jam berangkat lebih awal & pulang sedikit terlambat, tidak usah lama-lama 10-15 menit pun cukup. Selain itu bisa dilakukan dengan cara merubah rute perjalanan atau cara yang lain yang intinya merubah kebiasaan.

Akhir kata, sekali lagi Nde tegaskan bahwa artikel ini sifatnya hanya mengingatkan saja. Apabila dirasa kondisi kita sebenarnya aman, menurut Nde tidak ada salahnya kan mencoba sedikit berubah agar hidup kita tidak monoton. Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain dan tag , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Waspadalah, Ada Potensi Bahaya Dibalik Rutinitas Sehari-hari

  1. mbah_anom berkata:

    terus aku kudu piye mbah 😆

    Suka

  2. KomMotor berkata:

    Si teteh yang tadinya pake helm TRX itu fansnya aku…
    Kwkwkwk…

    Suka

  3. warungasep berkata:

    bener juga ya kata si mbah, rutinitas saya tiap malem kalo pulang jam 10 suka berhenti di sebrang pos satpam sebuah perum buat pasang Headset, pertama kali melkaukan aktifitas itu si satpam suka keluar pos sambil “molotot” melihat saya, mungkin saya dicurigai sebagai mata-mata maling wjwjw seterusnya, kali ini si satpam itu suka nyengir, karena biasa melihat saya berhenti buat pasang headset wjwjwjwj, jadi kesimpulannya adalah ya saya kini tahu si satpam itu giginya ompong pemirsa wjwjwjw

    Suka

  4. Apipotoblog berkata:

    Teteh teteh deui…wkwkk

    Suka

  5. winnymarlina berkata:

    setuju biar gk monoton

    Suka

  6. komatkamit bae berkata:

    Kie tah rika sing Corat coret tembok 😹

    Suka

  7. arianr berkata:

    Kabeh kabeh berpotensi membahayakan…
    waspadalah…… waspadalah…..

    Suka

  8. galakxi berkata:

    kren pengamatannya..nde kyak sherlock holmes..

    Update tiap hari,blog tentang teknologi,entertainment,misteri,sepak bola,sport,aneh dan unik,dan info lainnya.https://galakxi.wordpress.com/

    Suka

  9. MT 115 berkata:

    salah 1 cara tuk memvingungkan penjahit ya dengan cara rute & waktu berangkat/plng hrs dirubah secara acak… namun jgn jg seperti senin lwt sini jam seanu, selasa lwt situ jam seanu, tp sesuka qta az… 🙂

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s