Bayangan Sekejap Itu Mencegah Terjadinya Kecelakaan

Ndesoedisi.com-apa yang ada dibenak sobat semua membaca judul artikel Nde kali ini ? Apakah terpikir kalau artikel kali ini berbau horor atau Super Dede Hero ? Jika jawabannya iya, maka satu kalimat yang akan Nde ucapkan… maaf tebakan anda salah πŸ˜€ Artikel ini merupakan kejadian yang Nde alami tadi pagi ketika berangkat kerja.

ilustrasi anak kecil menyeberang jalan (pic: google)

ilustrasi anak kecil menyeberang jalan (pic: google)

Ceritanya ketika berangkat kerja naik R11-ABS dan perjalanan memasuki daerah kampung Citamiang luar atau setelah jembatan besi Perum Bukit Residen Purwakarta, Nde riding santai dengan kecepatan kurang dari 40 km/jam karena kondisi  didaerah tersebut memang seharusnya dilintasi dengan pelan mengingat jalan aspal tersebut terletak di kampung dengan tikungan dobel S ditengah-tengah pemukiman padat penduduk, ada sekolah dan aktivitas penduduk sekitar yang sering berada di pinggir jalan membuat semua yang melintas harus ekstra waspada, ya meskipun masih banyak orang yang tidak peduli dan melintas di daerah tersebut dengan kecepatan cukup tinggi.

Memasuki tikungan pertama, dari arah berlawanan ada sebuah colt diesel 120 PS yang membawa muatan dalam box juga bergerak pelan, dan sekilas mata Nde menangkap ada bayangan putih biru bergerak cepat di ujung sebelah kiri belakang colt diesel tersebut.

Refleks Nde menurunkan kecepatan R11-ABS yang memang sudah pelan, dan Alhamdulilah.. sedetik kemudian dari balik colt diesel tersebut atau sekitar 3 meter didepan Nde,  seorang anak kecil berumur 6 – 7 tahun menyeberang jalan dengan berlari tanpa menghiraukan kanan-kirinya dan langsung menghilang disela-sela perumahan penduduk.

huff… Nde pun hanya bisa menghela nafas, dan bersyukur tadi sempat melihat bayangan dan mengerem. Seandainya Nde tidak sempat melihat bayangan tersebut atau tidak mengurangi kecepatan kemungkinan anak tersebut akan tertabrak mengingat jaraknya cukup dekat.

Hidup di negara yang perilaku masyarakatnya ajaib memang mengharuskan kita super waspada seperti syair Ronggowarsito tentang jaman Kalabendu :

Saiki Jamane Jaman Edan, Yen Ora Edan Ora Keduman, Sak Bejo Bejane Wong Kang Lali, Luwih Bejo Wong Kang Eling lan Waspodo

Yang kurang lebih artinya sbb : Sekarang jamannya jaman edan, kalau ga ikut edan ga kebagian, tapi seuntung-untungnya orang yang lupa diri, masih untung orang yang ingat dan waspada.

Nah dalam berkendara juga kita harus konsentrasi dan waspada, jangan ikutan edan. Karena kalau sudah terlaknjur kecelakaan itu urusannya jadi super repot, baik itu urusan diri sendiri, urusan dengan korban maupun urusan dengan Polisi, makanya mencegah itu lebih baik daripada mengobati tau sendiri kan apabila ada anak kecil tertabrak motor siapa yang pertama disalahkan ? pasti pengendara motornya πŸ‘Ώ

 Akhir kata bagi sobat yang beraktivitas menggunakan kendaraan bermotor jangan lupa selalu konsentrasi dan waspada selama diperjalanan, dan bagi orang tua yang mempunyai anak kecil, jangan biarkan bermain atau menyeberang jalan tanpa pengawasan orang dewasa ya.

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di safety dan tag , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Bayangan Sekejap Itu Mencegah Terjadinya Kecelakaan

  1. Brandalz berkata:

    Jamane jaman edan..nek ga edan ga kumanan..
    Sak bejo bejaning wong edan…sek bejo wong kang edan marang sing kuoso

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s