Review 1 Tahun Penggunaan HDEO Meditran SX Di Honda Absolute Revo

Ndesoedisi.com-tidak terasa sudah satu tahun Nde menggunakan oli jenis HDEO (Heavy Duty Engine Oil) buatan Pertamina yaitu Meditran SX (MSX) di Nyoi R11-ABS alias Honda Absolute Revo. Selama ini Nde memang belum menulis artikel apapun tentang penggunaan oli HDEO (biasa disebut oli sesat 😆 )  tersebut karena ingin mencoba terlebih dahulu performanya dalam jangka panjang. Dan waktu satu tahun ini Nde anggap sudah cukup untuk membuat review penggunaan oli tersebut.

Sebelum membaca artikel ini, Nde ingatkan kembali bahwa percobaan yang Nde lakukan ini menggunakan oli diluar rekomendasi, sehingga apabila ada segala sesuatu yang timbul sebagai akibat dari ujicoba tersebut merupakan tanggung jawab sendiri

HDEO untuk motor

Pertamina Meditran SX

Awalnya berasal dari rasa penasaran setelah diskusi dengan mang Kobay tentang penggunaan oli HDEO & PCMO di motor, dan semakin penasaran setelah anggota D’Gujubar yang lain yaitu Alki Indoride juga mencoba oli HDEO di Honda Revo 100 miliknya. Setelah membaca tentang penggunaan HDEO/PCMO on motorcycle baik di Kaskus maupun di grup FB, akhirnya Nde pun memantapkan hati untuk mencoba oli aliran sesat tersebut dengan alasan bahwa waktu itu Revo sudah berumur 3 tahun, seandainya ujicoba gagal dan motor harus turun mesin, maka Nde rasa tidak terlalu masalah 😀

Ok skip-skip ceritanya, sekarang kembali ke masalah oli. Sebelum menggunakan oli HDEO Nde pernah beberapa kali ganti merk oli. Oli pertama yang Nde gunakan tentu saja oli standar yaitu MPX-1. Setelah jatah oli gratis habis, Nde lalu menggunakan Enduro Racing selama beberapa kali. Setelah itu Nde ingin mencoba Shell AX-7 tetapi karena didesa cukup susah mendapatkan Shell AX-7 akhirnya Nde menggunakan Shell AX-5.

Kelebihan penggunaan oli HDEO pada motor sudah banyak dibahas oleh orang lain sehingga Nde tidak perlu panjang lebar menerangkan hal tersebut karena secara umum yang Nde rasakan juga sama seperti berikut ini :

  • Mesin terasa lebih dingin dan tetap stabil meskipun digunakan untuk menembus kemacetan.
  • Suara mesin lebih halus, akselerasi lebih cepat & top speed lebih tinggi, kondisinya mirip dengan kondisi Si Nyoi ketika masih baru padahal sudah berumur 3 tahun lebih.
  • Di daerah pedesaan yang jarang terjadi kemacetan, Meditran SX bisa mencapai 4000km. Nde sendiri pernah mencoba memaksa pemakaian lebih dari 4000km dan hasilnya adalah mesin terasa panas, perpindahan gigi & suara mesin kasar, tetapi semua kembali normal setelah oli diganti dengan yang baru. Berdasarkan pengalaman tersebut, Nde selalu mengganti oli dikisaran 3500-4000 km. Jarak tempuh oli HDEO tersebut  lebih lama dibandingkan MCO (dengan harga yang sama) yang pernah Nde gunakan sebelumnya yang biasa diganti dikisaran 2000-2500 km.

Sedangkan kekurangan yang Nde rasakan adalah sebagai berikut :

  • Oli tidak langsung beroperasi maksimal. Pemakaian awal (sekitar 150km pertama) banyak yang mengatakan bahwa tarikannya berat, tetapi Nde lebih suka menyebutnya terasa lebih padat karena memang tenaga lebih terasa, bukan berat yang identik dengan lemot. Setelah 150km  akan terasa normal kembali.
  • Dianggap sesat atau tidak normal oleh orang lain 😆

Selama ini timbul kekhawatiran apabila menggunakan oli HDEO di motor bisa menimbulkan selip kopling. Ada juga yang berpendapat bahwa oli HDEO akan menggerus komponen-komponen di dalam mesin terutama kampas kopling. Banyak juga yang mengatakan kalau menggunakan oli sesat maka kampas rem cepat habis karena motor sering digunakan untuk kebut-kebutan.

Memang pada awal-awal pemakaian HDEO, Si Nyoi sering digeber. Tetapi setelah beberapa bulan, Nde kembali ke pemakaian normal atau bahasa gaulnya “tangan kanan disekolahkan” toh namanya bebek 110cc standar juga larinya ga kenceng-kenceng amat 😆

Berdasarkan pengalaman menggunakan oli Meditran SX selama satu tahun (rutin diganti di angka 3000-4000 km) Nde tidak permah mengalami selip kopling. Kampas kopling juga masih awet bahkan belum pernah ganti sama sekali.

Setelah si Nyoi berumur 4 tahun dan mesin dibongkar, terlihat bahwa jeroan mesin pun bersih.

kelebihan oli HDEO

jeroan Revo menggunakan oli Meditran SX

Terus tujuan Nde membuat artikel ini untuk apa ?  Apakah pamer dan supaya orang lain tertarik menggunakan HDEO ? Engga lah, Nde hanya berbagi pengalaman sudah menggunakan oli HDEO selama satu tahun dan yang Nde rasakan hasilnya HDEO Meditran SX mempunyai performa yang lebih bagus dibandingkan dengan MCO dengan rentang harga yang sama yang sudah Nde gunakan sebelumnya. Sekali lagi ingat ya.. dengan harga yang sama, dan oli yang sudah Nde gunakan 😀 . Untuk selanjutnya Nde ingin mencoba ganti oli merk lain, kemungkinan menggunakan Pertamina Fastron Diesel (PFD).

Akhir kata, ada orang yang mengatakan bahwa memilih oli itu seperti memilih jodoh alias cocok-cocokan tergantung dari masing-masing orang, sehingga bisa jadi pengalaman Nde ini berbeda dengan pengalaman orang lain. Dan, pemilihan oli ya terserah kepada sobat Nde masing-masing ya, tidak perlu ribut hanya gara-gara beda merk oli atau beda jenis oli 😆

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Pelumas dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

72 Balasan ke Review 1 Tahun Penggunaan HDEO Meditran SX Di Honda Absolute Revo

  1. mbah_anom berkata:

    wahhhhh sesat :v

    Suka

  2. mbah_anom berkata:

    contoh yg tidak baik ini :v

    Suka

  3. wisnu berkata:

    ah ane mau nyoba di tigi
    ada yang satu liter nggak bro ?
    harganya berapa tuh iol?

    Suka

  4. RichardGN berkata:

    Itu foto waktu service besar ke bengkel om ?

    Suka

  5. Mas Sayur berkata:

    Sesaaaat…. !!! 😀

    Suka

  6. mbah_anom berkata:

    jigana komen ijal masuk spam :v

    Suka

  7. Reza K berkata:

    Klo uda cocok pke msx, terusin aja om
    Drpd gonta ganti

    Suka

    • ndesoedisi berkata:

      Pengin nyoba aja, penasaran sama PFD 😀

      Suka

      • dwi setiawan berkata:

        kbtlan spda mtor sya sma kyak punya agan abs revo 110cc sbnrnya sya jga udh lma pngen cba oli sesat meditran sx tpi sya msih rgu2 smpai skrang blm smpat cekokin meditran sx di revo sya tpi setlah bca review agan sya jdi cba berani in pakai oli sesat kyak agan mga2 cocok slam knal nubie @dwi

        Suka

  8. wise01new berkata:

    Msc 😀

    Suka

  9. Bocah lugu... berkata:

    Kalo buat vario mmc ane yg 2008 cocok gak ya…penasaran juga kalo tersesat…

    Suka

  10. Ping balik: (Modifikasi) Memasang Blok Kopling Manual New Blade Di Revo 110 | Ndesoedisi

  11. Ping balik: Pemakaian Pertama Fastron Techno 10W-40 Di Jupiter Z1 Tembus 2100 Km | Ndesoedisi

  12. Ping balik: Review Fastron Techno Hijau 10W-40 Di Honda Beat Pop, Awas Lupa Diri | Ndesoedisi

  13. dwi setiawan berkata:

    maaf mw tnya klo mw pke oli meditran untuk pertama kali perlu di flushing berapa kali rencana mw pake di revo 110 ku sblme maksih maaf org awam

    Suka

  14. Maaf agan ndesoedisi mw tanya agan klo gnti oli meditran sx nya brapa blan skali

    Suka

  15. maaf agan smwa mw tnya klo prtma kli pkai oli sesat klo gnti brpa blan skali yy maaf soalnya bru prtma pkai

    Suka

  16. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi:maaf agan mw tanya apa selama agan pakai meditran sx ada retakan di calter revo agan yang sebelah kanan soalnya waktu sya pkai meditran sx calter revoku yg sblah knan ada retakan maaf cuma tanya

    Suka

  17. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi:maaf agan mw tanya apa selama agan pakai meditran sx ada retakan di calter revo agan yang sebelah kanan soalnya waktu sya pkai meditran sx calter revoku yg sblah knan ada retakan maaf cuma tanya

    Suka

  18. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi:kok calter kanan revo ku ada retakan kenapa ya

    Suka

  19. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    tapi kenapa cuma bagian yg bgian kiri gk apa2 qw tkte gra2 pkai oli sesat calter kanan revoku ada retakanya awalnya 1 kok sekarng jdi tambh qw jdi tkut gan

    Suka

  20. Ping balik: 5 Tahun Bersama Si Nyoi Honda Absolute Revo 110 | Ndesoedisi

  21. Ping balik: Nostalgia Legenda Si Motor Cinta Part 4, Oli Mesin & Oli Rantai Sesat | Ndesoedisi

  22. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi agawm maaf mw tanya kalau untk pertma kali pkai oli diesel boleh gak langsung pakai sampai 1000km karna sya ada rncna mw pke oli mditran sx lge buat revo110cc pnyku tlong ksih saran makasi

    Suka

  23. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi maaf mw tanya kenapa agan pake oli msx nya cma smpai 750km gk sekalian sampai 1000km kan sayang dan boros maaf ya mas

    Suka

    • ndesoedisi berkata:

      Itu kan pemakaian pertama, mesin motor saya kan udah lama pake oli motor (MCO) jadi pas periode flushing ga tahan lama, tapi selanjutnya pemakaian sekitar 3500-4000 km sampai sekarang

      Suka

  24. setyawanbadboys@yahoo.co.id berkata:

    @ndesoedisi klo untk prtma kli pke msx bsa gk d pkai smpai 1 blan langsung maaf nubie

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s