Ndeso Edisi, Gonta Ganti Motor Dengan Dana Pas-pasan

Ndesoedisi.com-mulai saat ini, Nde akan membuat sebuah artikel khusus dengan tags Ndeso Edisi yang isinya ulasan dunia otomotif roda dua di daerah pedesaan mulai dari kebiasaan hingga mitos dan fakta yang ada terutama di daerah sekitar Nde yaitu Purwakarta-Subang dan Karawang, jadi mohon dimaklumi apabila cerita ndeso edisi ini berbeda dengan yang ada didaerah lain. Nde berharap artikel Ndeso edisi ini bisa dijadikan sebagai bacaan alternatif.

Header berisi Logo NdesoedisiNdeso edisi pertama ini akan mengulas tentang kebiasaan konsumen yang ingin gonta-ganti motor tetapi memiliki dana pas-pasan. Ada beberapa alasan mengapa konsumen bergonta-ganti motor, mulai dari rasa bosan, terdesak kebutuhan sehingga harus menjual motor atau pun sekedar ingin mencoba berbagai jenis motor. 

Biasanya gonta-ganti motor dilakukan dengan cara membeli motor baru atau bekas yang masih berusia muda, tetapi hal seperti itu pasti membutuhkan dana yang relatif besar. Ternyata, banyak konsumen di daerah yang memilih cara lain agar bisa merasakan gonta ganti motor meskipun dananya pas-pasan. Seperti apa triknya ? Mari kita simak bersama-sama 🙂

  • Gadai Motor
ilustrasi gadai motor (pic: google)

ilustrasi gadai motor (pic: google)

Sistem gadai biasanya dilakukan oleh orang yang butuh uang secara cepat dengan menjaminkan barang yang dimilikinya. Gadai motor disini adalah gadai motor antar konsumen secara langsung, bukan dengan lembaga seperti pegadaian. Masalah harga & waktu gadai merupakan kesepakatan dari kedua belah pihak sehingga bisa lebih dinego. Karena sistem gadai langsung maka prosesnya pun terbilang lebih mudah.

Keuntungan bagi orang yang menggadaikan kendaraan adalah bisa mendapat uang dengan cepat tanpa syarat yang ribet, sedangkan bagi orang yang digadai bisa memiliki kendaraan untuk jangka waktu tertentu dengan harga yang cukup murah. Hal tersebut tentu saja merupakan suatu peluang yang bagus bagi orang yang suka gonta-ganti motor.

Umumnya para penggadai & yang menggadaikan sudah paham dengan harga dan kesepakan gadai karena biasanya ada semacam standar di masing-masing daerah. Didaerah Nde sendiri itu gadai motor biasanya berkisar antara 1 – 6 juta rupiah tergantung jenis motor dan kesepakatan. Untuk bebek & metik tentu saja lebih murah dibandingkan dengan jenis sport.

Hal yang harus diperhatikan ketika akan menggadai atau mengambil gadaian motor adalah memastikan bahwa kendaraan yang akan digadai tersebut tidak bermasalah misalnya dengan leasing atau orang lain dan menyelidiki orang yang menggadai/ambil gadaian motor tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Kasus-kasus yang sering terjadi seputar gadai motor adalah sebagai berikut :

  1. Motor yang digadaikan ternyata bermasalah sehingga harus ditarik oleh leasing dan uang gadai pun hilang.
  2. Motor yang digadaikan ternyata digadaikan lagi ke orang lain (bahkan lebih dari satu orang) sehingga sulit ditagih.
  3. Orang yang mengambil gadaian susah ditagih meskipun sudah melebihi deadline perjanjian

Saran Nde kalau mau melakukan gadai/mengambil gadaian sebaiknya dilakukan dengan saudara atau orang yang sudah dikenal dengan baik dan usahakan motornya yang sudah lunas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas.

Nde sendiri sudah pernah mencoba mengambil gadai motor berupa Suzuki Skywave sebesar 3 juta rupiah selama 6 bulan, tapi ternyata molor sampai 1 tahun lebih belum ditebus. Untuk ceritanya akan Nde buatkan diartikel terpisah (kalau sempat dan tidak lupa 😆 )

  • Oper Kredit atau Over Kredit ya ? 🙄
ilustrasi oper kredit

ilustrasi oper kredit

Selain sistem gadai, oper kredit juga merupakan salah satu cara gonta-ganti motor dengan biaya yang lebih murah. Caranya adalah dengan mengalihkan kredit ke orang lain sehingga pembeli tinggal membayar sesuai kesepakatan harga kemudian melanjutkan membayar cicilan ke leasing.

Cara seperti ini biasanya dilakukan oleh yang orang yang tidak mampu membayar cicilan kredit kendaraanya sehingga harus putus di tengah jalan. Hampir sama dengan gadai, melakukan oper kredit juga harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian karena berpotensi hilangnya uang atau kendaraan.

Bagi orang yang akan menjual atau mengoper kredit ke orang lain, sebaiknya mengurus administrasi ke leasing untuk mengganti nama kita dengan orang yang akan meneruskan kredit kendaraan tersebut. Selama nama kita belum dirubah di lembaga leasing maka kita masih akan dianggap sebagai kreditur dan akan ditagih uang cicilan meskipun motor sudah di tangan orang lain.

Sebaliknya, bagi orang yang akan membeli dengan cara oper kredit juga harus melakukan verifikasi data di leasing jangan sampai motor yang akan kita beli merupakan motor bermasalah atau merupakan motor gadaian dari orang lain.

Selanjutnya adalah cara yang menurut Nde ini adalah cara yang tidak baik, jadi sobat Nde jangan mencobanya ya 😆 . Nde sendiri tidak tahu persis seperti apa prosesnya karena hanya pernah mendengar dari obrolan tetangga 😆

  • Kredit 3 bulanan

ilustrasi blacklist

Ini merupakan trik yang menurut Nde cukup gila dilakukan. Caranya adalah pertama seseorang mengambil kreditan motor baru menggunakan nama sendiri atau orang lain, kemudian setelah digunakan selama beberapa bulan (biasanya 3-4 bulan) cicilan motor tersebut tidak dibayar dan dibiarkan ditarik oleh pihak leasing.

Setelah motor diambil, tidak lama kemudian orang tersebut mengambil motor baru tetapi menggunakan KTP orang lain, begitu seterusnya hingga bisa dibilang beberapa bulan sekali orang tersebut bergonta-ganti motor baru.

Karena keseringan menunggak, akhirnya orang tersebut diblacklist oleh pihak leasing & dealer, tetapi orang tersebut biasanya tidak putus asa dan tetap mencoba menggunakan cara tersebut menggunakan nama orang lain yang bukan saudara dekat dan mengambil leasing dan dealer yang berbeda, bahkan sampai keluar kota.

  • Beli Motor Bodong
ilustrasi motor bodong

ilustrasi motor bodong

Motor bodong atau motor tanpa surat-surat sudah pasti dijual dengan harga yang sangat murah, hal tersebut tentu saja sangat menarik bagi sebagian orang yang tinggal didaerah pedesaan. Mungkin mereka berpikir yang penting punya motor dengan harga murah, soal surat-surat tidak perlu dirisaukan toh cuma digunakan didaerah sekitar. Motor bodong ini berbeda dengan motor yang mati pajak karena tidak dibayar.

Nde sendiri tidak tahu darimana asal motor-motor bodong tersebut. Membeli motor bodong meskipun murah tetapi jelas memiliki resiko yang sangat besar karena jika motor tersebut adalah hasil kejahatan maka pembeli bisa dianggap sebagai penadah dan bisa berurusan dengan hukum. Para pengguna motor bodong juga biasanya tidak lama memelihara motor bodong tersebut hanya beberapa bulan kemudian ganti motor lagi.

Itulah artikel Ndeso Edisi pertama yang menceritakan tentang kebiasaan gonta-ganti motor dengan dana pas-pasan. Nantikan artikel-artikel otomotif yang unik dan menarik khas orang desa di artikel Ndeso Edisi lainnya ya 🙂

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di oto dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Ndeso Edisi, Gonta Ganti Motor Dengan Dana Pas-pasan

  1. mbah_anom berkata:

    satu lagi !!!!! nunggu promo DP 0% :v

    Suka

  2. Lord Duarte berkata:

    Barter sama temen juga bisa
    Ga merugikan pihak lain lagi hehehe

    Suka

  3. handoyo25 berkata:

    kalau motivasinya lebih karena ingin nyoba motor jenis lain, mending saling pinjam dg modal utama “pergaulan” yg luas dan kepercayaan 🙂

    Suka

  4. Ping balik: Pengalaman Mengambil Gadai Motor Suzuki Skywave | Ndesoedisi

  5. zuroichi berkata:

    Suwun mbaah

    Suka

  6. crosser berkata:

    setauku cuma seleb aja macam deddy dll yg punya haters?
    la ini bukan seleb ngaku2 punya haters
    emang sapa vw? cm blogger gembel masa punya haters?
    gayanya aja mcm crosser nangkring di matic trail
    crosser banci tu mah
    crosser cewe2 triangel aja pake SE bro.
    muka gedek gk punya malu… u..wis uwis

    Suka

  7. The S berkata:

    Ane punya motor bodong ada 3

    Cbr 919rr
    Nsr 125r
    Gsx r400

    Bodong semua (stnk doang) aman sampai ke mall dan polisi2 B-)

    #nmaxuser

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s