Otak-Atik Gathuk (64) Sparepart Sepeda Motor Yang Jarang Diganti Dengan Part Originalnya

Artikel “Otak-Atik Gathuk” adalah artikel yang berisi analisa suatu permasalahan dengan menggunakan prinsip mencocokkan segala sesuatu (otak-atik) agar terlihat saling berhubungan (gathuk). Artikel OAG ini merupakan salah satu bentuk humor otomotif. Sebagai sumber rujukan digunakanlah wangsit yang didapat oleh Mbah Mbuh Sapa. Oleh sebab itu, apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama merupakan ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya 😆

ilustrasi fast moving part

ilustrasi fast moving part

Sebagai pengguna motor, sobat semua pasti sudah tahu adanya fast moving part atau onderdil motor yang harus diganti karena masa pakainya sudah habis. Ada banyak pilihan tentang fast moving part tersebut mulai dari part original hingga part kualitas dibawahnya atau yang lebih dikenal dengan istilah part KW.

Menurut Mbah Mbuh Sapa, ternyata ada beberapa sparepart termasuk fast moving part yang sangat jarang diganti dengan part originalnya oleh pemiliknya. Alasannya beragam, mulai dari masalah kualitas, harga, atau pun alasan yang lain. Apa saja fast moving part yang jarang diganti dengan part originalnya oleh pemiliknya ? Mari kita simak bersama-sama 🙂

Nde : Mbah, Mbah kan sudah lama tidak memberi wangsit untuk mengisi artikel OAG di blog saya, kapan mau memberi wangsit lagi ? Siapa tahu ada pembaca yang kangen sama artikel Mbah 😆

MMS : wih berarti Mbah keren ya ? ada yang nungguin artikel OAG 😎

Nde : Ya bukan gitu Mbah, saya kan bilang siapa tahu ada yang nungguin Mbah 😆

MMS : ah dasar, ini namanya modus. kalo kamu mau bikin artikel OAG ya boleh saja, kebetulan Mbah dapat wangsit yang lumayan agak waras 😆

Nde : agak waras gimana Mbah ?

MMS : ya wangsit kali ini isinya lumayan normal ga asal seperti biasanya. Kalo mau ya nanti Mbah kasih tau. Gimana ?

Nde : ya boleh udah. Boleh Mbah, lumayan buat nambah-nambah artikel 😀

MMS : Jadi gini, yang namanya kendaraan termasuk motor itu kan ada sparepart yang harus diganti karena masa pakainya habis. Nah diantara sekian banyak sparepart yang harus diganti itu, ternyata ada beberapa sparepart yang jarang diganti dengan part original atau genuine partnya dengan berbagai alasan.

Nde : memang apa aja Mbah ?

MMS : ada beberapa antara lain :

  • Ban
patern FDR Spartax

ilustrasi ban luar

Ban luar merupakan jenis fast moving part yang paling jarang diganti dengan jenis yang sama dengan originalnya. Alasannya adalah rata-rata ban luar bawaan mempunyai performa yang kurang bagus. Ada yang langsung mengganti ban luar ketika motor baru dibeli, ada juga yang digunakan dulu sampai tipis dan setelah itu baru diganti.

  • Busi
ilustrasi merk Busi

ilustrasi merk Busi

Sparepart lain yang jarang diganti dengan part originalnya adalah Busi. Part yang berfungsi untuk pengapian ini sangat jarang diganti dengan part original. Yang dimaksud adalah konsumen kebanyakan lebih memilih Busi dengan merk produsen pembuatnya seperti NGK, Denso, Champion, dsb daripada busi yang dibungkus dengan label genuine part dari produsen sepeda motor misalnya Busi Honda Genuine Part, Busi Yamaha Genuine Part dsb karena jenisnya sama.

  • Bohlam Lampu
ilustrasi bohlam lampu

ilustrasi bohlam lampu

Bohlam lampu juga merupakan sparepart yang jarang diganti dengan originalnya. Kebanyakan pemilik kendaraan bermotor menggantinya dengan bohlam merk lain dengan alasan harga lebih murah atau mencari bohlam yang lebih terang.

  • Kabel gas & kopling
ilustrasi kabel kopling

ilustrasi kabel kopling

Kabel gas & kopling juga merupakan sparepart yang jarang diganti menggunakan originalnya karena banyak konsumen yang mengganggap bahwa secara fungsi dan kualitas antara yang original dengan yang KW tidaklah jauh berbeda.

  • Spion
ilustrasi spion

ilustrasi spion

Spion berguna untuk membantu pengendara untuk melihat ke belakang dan merupakan part yang paling banyak dipandang sebelah mata oleh pengendara. Terbukti dari banyaknya pengendara yang mencopot atau melipat spionnya. Karena itu tidaklah aneh apabila banyak yang pengendara yang mengganti spionnya (meskipun spion asli belum rusak) dengan spion aftermarket hanya sekedar formalitas agar tidak ditilang.

  • Grip gas, handle rem-kopling dan footstep
ilustrasi grip & handle

ilustrasi grip & handle

Grip gas, handle rem & footstep merupakan komponen yang dalam kondisi normal jarang rusak kecuali akibat tertentu seperti kecelakaan. Rata-rata konsumen juga jarang mengganti ketiga part tersebut dengan originalnya. Kebanyakan konsumen menggantinya dengan part aksesories yang mempunyai tampilan yang lebih bagus. Sedangkan konsumen awam, biasanya mereka menggantinya dengan part KW yang harganya lebih murah.

  • Kulit jok motor
ilustrasi jok motor

ilustrasi jok motor

Selain ban motor, part yang sangat jarang diganti dengan originalnya adalah kulit jok motor. Hal tersebut disebabkan karena produsen motor hanya menyediakan jok motor satu set dan tidak menjual kulit jok motor secara terpisah sehingga ketika ada kulit jok yang sobek, konsumen lebih memilih untuk memperbaiki di tempat servis jok dengan biaya yang lebih murah daripada harus mengganti jok secara keseluruhan.

  • Sparepart motor lawas/diskontinyu
Astrea Grand 95

ilustrasi motor lawas

Yang terakhir adalah sparepart motor lawas atau yang sudah diskontinyu. Karena sudah berusia cukup tua dan diskontinyu, biasanya produsen sudah tidak menyediakan sparepart original dari motor-motor tersebut. Karena sudah mulai susah mencari part originalnya (kalaupun ada adalah stok lama) sehingga pemilik kendaraan bermotor lebih memilih untuk menggunakan part KW agar motor tersebut tetap bisa digunakan.

Nde : oh gitu ya Mbah ? Beneran euy tumben hari ini Mbah wangsitnya lumayan waras ga seperti biasanya 😆

MMS : ya itu tapi dari sekian banyak part, itu ada satu lagi komponen yang mustahil diganti dengan originalnya.

Nde : apa itu Mbah ? Ah rasanya ga mungkin Mbah, produsen itu kan yang membuatnya masa iya ada part yang tidak bisa diganti sama originalnya ?

MMS : ada kok

Nde : iya apa Mbah ?

MMS : part yang mustahil diganti dengan originalnya adalah BBMnya 😆

Nde : kok BBM ? itu kan bukan termasuk part

MMS : loh tapi kan sudah satu bagian dengan motor, tanpa BBM motor tidak bisa digunakan, dan seperti Mbah bilang mustahil mengganti BBM dengan BBM original dari produsen karena tidak ada yang  namanya BBM Genuine Part 😆

Nde : ah sakarepmu Mbah, kirain Mbah sudah waras, eh belakangan tetap aja..

MMS : loh.. namanya juga OAG, sekali OAG ya tetap OAG jadi…

Tidak percaya syukur, kalo percaya malah takut menjadi musyrik :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Artikel Otak-Atik Gatuk yang lain bisa dilihat disini

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Otak-Atik Gathuk dan tag , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Otak-Atik Gathuk (64) Sparepart Sepeda Motor Yang Jarang Diganti Dengan Part Originalnya

  1. silentmotoblog berkata:

    hihihi kadang2 sparepart yang bukan asli pabrikan lebih bagus,
    tambahan mungkin rante ban juga jarang yang ori 😀
    http://stpblog.me/momen-lucu-saat-marquez-terpeleset-podium-gp-argentina-2016/

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    Yang paling sering adalah ban… :mrgreen:

    Suka

  3. Mase berkata:

    Apa yaaa… Nyimak.wae wes…

    Suka

  4. the "S" berkata:

    BBm genuine part

    bkin sakit perur zaza…
    ngahngahngahngah

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s