Dek Beat POP Memang Lega, Tapi Kurang Aman Untuk Membawa Galon Air Minum

Ndesoedisi.com-melanjutkan pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Honda Beat POP. Selain suspensi yang terlalu empuk untuk menikung, kekurangan Honda Beat POP yang lain adalah kurang aman ketika digunakan membawa galon air minum meskipun deknya cukup luas. Artikel serupa sebenarnya sudah pernah dibahas oleh Mang Pey disini, tapi tidak ada salahnya Nde bahas lagi dengan sudut pandang yang berbeda.

kelemahan Beat POP
Beat POP membawa galon

Salah satu kelebihan metik adalah adanya dek yang rata yang bisa digunakan untuk mengangkut barang. Dek Honda Beat POP tergolong luas, bahkan lebih luas dibanding dek Vario 125 lawas milik Nde. Dek yang luas ini bisa dibilang kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihannya jelas muat untuk pengendara berkaki panjang. Sedangkan kekurangannya akanΒ terasa ketika mengangkut galon air minum.

Beat POP mengangkut galon
galon bisa merosot & terjatuh

Dek yang luas dan bentuk inner bodinya membuat galon berdiri bebas dan tidak tertahan oleh bodi motor. Ketika berkendara, ada kemungkinan galon tersebut bergeser atau jatuh karena goncangan dan kondisi jalan yang tidak rata. Untuk menghindari hal tersebut, biasanya pengendara memegangi galon tersebut dengan tangan kiri atau berkendara dengan satu tangan. Pada kondisi jalanan yang benar-benar rata, memang galon tersebut tidak perlu dipegangi.

Berbeda dengan Vario 125 lawas, meskipun deknya tidak seluas Beat POP, tapi bentuk inner bodinya mampu menahan galon air minum sehingga lebih aman dari goncangan dan jalan yang tidak rata tanpa harus dipegangi oleh sebelah tangan.

Mengendarai metik dengan satu tangan meskipun pelan-pelan menurut Nde cukup berbahaya. Berbeda dengan motor bebek yang mengandalkan pengereman menggunakan tangan kanan & kaki kanan, pengereman pada metik mengandalkan kedua tangan. Jika tangan kiri digunakan untuk memegang galon, maka otomatis pengereman hanya mengandalkan tangan kanan atau rem depan. Hal tersebut tentu berbahaya mengingat kondisi kendaraan yang berat sebelah karena adanya galon berisi air minum tersebut.

Terus solusinya bagaimana kalo ingin membawa galon di Honda Beat POP ? Kalau Nde sie biasanya dengan cara mengikat galon dengan posisi tidur dijok belakang menggunakan tali berbentuk jaring. Apa ga tumpah ? Ya air tumpah pasti ada tapi paling cuma sesendok lha wong cuma berjalan beberapa ratus meter saja kok πŸ˜†

salam dari desa πŸ˜‰

Artikel tentang Honda Beat POP lainnya :

Iklan

56 pemikiran pada “Dek Beat POP Memang Lega, Tapi Kurang Aman Untuk Membawa Galon Air Minum

      1. kalo kekuatan saya kurang tau soalnya tidak ada info dari pembuatnya, adanya paling gantungan (bukan dek) depan maks 1kg, bagasi maks 5kg..kalau bentuk ga tau juga tapi yang Vario 125 lawas bisa pas gitu πŸ˜€

        Suka

      2. inilah keunikan konsumen pengguna sepeda motor di Indonesia (tidak semua, tapi cukup banyak).
        mereka tidak mau tunduk seutuhnya kepada rekomendasi pabrikan mulai dari fungsi bagian/komponen hingga batasan performance yg masih dijamin oleh pabrik.
        mungkin bisa dibilang kreatif atau inovatif utk memaksimalkan penggunaan motor pada bidang yg tidak terpikirkan, namun disana ada resiko keselamatan pengendara yg sudah diperhitungkan pabrik.

        saya sendiri termasuk “penyalah guna ” fungsi dek ini. membawa DUA galon seklaigus pada dek motor beat injeksi dg segala resiko yg saya tanggung sendiri akibatnya.
        mengapa dua galon? karena saya memperhitungkan keseimbangan beban hingga ke suspensinya juga (kalo hanya sebelah justru beresiko beban tidak simetris pada shock breaker).

        saya sih hanya berharap tulisan pada ruang publik tetap membahas penggunaan sesuai fungsi dan design serta batasan performance, diluar batasan tsb maka harus ada disclaimer yg jelas.

        Suka

    1. Busa_tio

      Kl sengaja dirancang ato ngga kurang tau ya, soalnya blm pernah nanya sm desainernya. 😊
      Tp ADA kok motor matic yg paling aman dan nyaman untuk bawa galon air, yakni motor Kymco. Matic Jepang kalo bawa galon air di dek posisi berdiri dan di pinggir, tentu tidak aman krn mempengaruhi stabilitas dan resiko galon airnya jatuh. Tp di matic Kymco yg mempunyai dek super lega, galon air tsb bisa diletakkan di tengah dek dengan posisi direbahkan sehingga terasa tidak membawa muatan. Kekurangannya dgn posisi ini, cm bisa bawa satu galon dan ya itu kyk yg diiket di jok belakang air tumpah dikit.

      Suka

  1. Ping-balik: Setahun Honda Beat Pop, Kabel Speedometer Putus | Ndesoedisi

  2. Ping-balik: 21.000 km Bersama Honda Beat Pop | Ndesoedisi

  3. Ping-balik: Motor matik dengan dek rata nggak lebih enak untuk bawa barang, nggak lebih enak untuk kaki | Mengupas soal motor

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s