Apakah All New CB150 R Cuma Laris Di Daerah Purwakarta-Karawang Saja ?

Ndesoedisi.com-beberapa bulan yang lalu, tepatnya ketika New CB150R berhasil mengungguli distribusi Yamaha Vixion, Nde pernah membuat artikel bahwa di desa New CB 150 R mulai bersliweran, apakah menyebabkan distribusi Vixion turun ?  Tetapi, menurut data AISI pada bulan Januari 2016, distribusi NCB hanya berada di angka 5076 unit, kalah jauh oleh Vixion yang berada di angka 13.340 unit.

AHTC Sunter

ilustrasi New CB 150 R, abaikan ridernya 😆

Artikel yang Nde buat beberapa bulan yang lalu itu merupakan hasil pengamatan selama beraktivitas di daerah Purwakarta-Karawang. Jadi sambil iseng Nde mengamati teteh-teteh  pengendara lain apakah ada motor-motor baru. Dan memang sampai saat ini, didaerah Purwakarta-Karawang atau lebih tepatnya di Purwasuka (Purwakarta Subang Karawang) New CB 150 R memang cukup banyak bersliweran bahkan sampai ke desa-desa disekitar rumah Nde.

Setelah Nde memposting artikel tersebut, Mang Asep (Warungasep) bertanya kepada Nde, apakah benar bahwa didaerah Purwasuka itu NCB cukup banyak bersliweran di jalanan. Karena menurut Mang Asep, didaerah Tasik itu NCB masih jarang, bahkan konon katanya sampai menumpuk didealer 😀

Ketika pulang ke Cilacap kemarin, Nde pun melakukan pengamatan selama diperjalanan & ketika sudah sampai di Cilacap. Ternyata memang benar, dari Brebes hingga Cilacap (dari Purwakarta ke Brebes kan lewat jalan Tol 😆 ) itu NCB masih sangat jarang ditemui.

Sebenarnya sda beberapa alasan yang membuat NCB itu banyak bersliweran di Purwasuka, antara lain :

  • Banyak karyawan AHM di Kawasan Indotaisei Karawang yang menggunakan NCB.
  • Banyak anak muda terutama anak juragan padi yang gemar membeli motor-motor yang baru dilaunching, terutama sekali didaerah Pantura.
  • Banyak karyawan perusahaan-perusahaan didaerah Purwakarta yang juga gemar membeli motor-motor yang baru dilaunching.

Tetapi Indonesia itu luas, tidak hanya daerah Purwasuka saja. Bisa jadi sebenarnya masyarakat didaerah lain belum terlalu mengenal produk baru dari AHM tersebut, meskipun sudah ada promosi yang gencar termasuk iklan di TV. Sedangkan untuk Vixion sendiri sudah sangat dikenal oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Nde sendiri juga sempat bertanya kepada beberapa orang rekan kerja yang berasal dari berbagai daerah. Tetapi secara umum yang berasal dari daerah Purwasuka menjawab bahwa mereka memang sering melihat NCB, tetapi beberapa rekan kerja yang berdomisili diluar Purwasuka kebanyakan mengatakan bahwa mereka jarang melihat NCB di jalanan.

Salah satu trik marketing yang cukup ampuh adalah informasi dari mulut ke mulut dari user secara langsung. Kemungkinan tertarik dengan NCB setelah melihat ada tetangganya juga membeli NCB bisa dibilang cukup besar. Jadi wajar apabila penyebaran NCB didaerah Purwasuka cukup cepat.

Jika di dunia perbloggeran otomotif nasional isu yang mengemuka adalah SOHC vs DOHC, overstroke vs nearsquare vs overbore, maka kenyataan dilapangan tidaklah demikian. Masih banyak pembeli yang belum paham apa itu DOHC, SOHC apalagi overstroke, nearsquare atau overbore, bahkan masih ada konsumen yang belum paham perbedaan motor dengan sistem injeksi dengan karburator 😀

Sebagai perbandingan, Data Aisi Motor Sport 150cc Honda berdasarkan data dari otomotif.net di bulan Januari 2016 adalah sebagai berikut :

  • Honda Verza 2015 : 5.246 unit
  • All New Honda CB150R : 5.076 unit
  • Honda CBR150R (K45A) : 4.857 unit
  • Honda Megapro FI : 398 unit

Sedangkan Yamaha Vixion terdistribusi sebanyak 13.340 unit.

Jadi, benarkah distribusi NCB itu turun karena laris didaerah Purwakarta, tetapi kurang didaerah lainnya ?

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Honda, Yamaha dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke Apakah All New CB150 R Cuma Laris Di Daerah Purwakarta-Karawang Saja ?

  1. FЭЯY berkata:

    Uwing malah mineung nempoan ncb di tasik mah 😜

    Suka

  2. warungasep berkata:

    huahahaha aku terharu disebut2 oleh blogger kondang 😀

    Suka

  3. Kobayogas berkata:

    nah ini, karena sebenarnya ini merupakan hitungan kirim kiriman bukan penjualan beneran, maka kedua pabrikan maen pinter pinteran kirim barang ke dealer… Ada 4 hal menurut ay kenapa Vixion naek sementara New CB turun..

    1. AHM mencoba menahan unit di pabrik, agar dealer sehat, sambil melihat perkembangan unit motor yang terjual. Hal yang sama juga pernah dilakukan Yamaha pada akhir tahun 2015
    2, Nah kali ini Yamaha bisa jadi merasa panas, jadi unit yang ditahan akhir tahun kemarin dikirim banyak ke dealer dealer, alhasil terlihat jumlah distribusinya banyak padahal belum tentu stok dealer sudah menipis. Hal yg sama bisa juga terjadi pada Honda akhir tahun lalu.
    3. Bisa jadi memang demand Vixion lagi tinggi
    4. Bulan depan giliran Honda yang geber, Yimm yang nahan karena stok masih banyak akibat distribusi bulan ini hehehe

    bener pa gak nya kita liat bulan depan yah hehe

    Suka

  4. tiyawann berkata:

    Realnya memang seperti itu bro, masyarakat gak terlalu peduli dohc atau sohc. Didaerah ane nva masih merajai, sementara ncb bisa dihitung jari :mrgreen:

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s