Di Pedesaan, Satria Fu Injeksi, MX King Dan Supra X 150 Akan Menjepit Sonic 150 R

Ndesoedisi.com-tidak butuh waktu terlalu lama setelah AHM merilis Sonic 150 R, kini Suzuki siap menyerang balik dengan Satria Fu Injeksi. Tampaknya banyak sekali perubahan pada Satria Fu injeksi ini sehingga pantas untuk disebut dengan nama All New Satria 150 F Injection.

All new Satria Fu injeksi

Satria Fu Injeksi

Berdasarkan info yang beredar All new Satria Fu injeksi ini akan dirilis tanggal 1 Februari 2016 di Sirkuit Sentul. Soal harga sudah ada bocoran dari sebuah dealer di daerah Bandung, harga Satria Fu injeksi ini adalah sekitar 21,9 juta, dan harga Satria Fu injeksi Spesial Edition yang dibekali dengan remote alarm adalah 22,2 juta rupiah.

Saef 2016

all new Satria Fu injeksi

Harga all new Satria Fu injeksi 2016 sebesar 21,9 juta tersebut terpaut sekitar 700 ribu rupiah apabila dibandingkan dengan harga Sonic 150 R yang dihargai 21,2 juta (OTR Jakarta) atau selisih 100ribu apabila dibandingkan dengan Sonic edisi Repsol yang dihargai 21,8 juta. Selisih 700ribu rupiah tersebut tentu saja akan sangat berpengaruh mengingat all new Satria Fu injeksi mempunyai keunggulan dibanding Sonic atau MX King sebagai berikut :

All New Satria 150 Fu Injeksi

tenaga Fu injeksi

  • Tenaga Satria Fu injeksi (13,6 kw setara 18,24HP @10.000 rpm)  lebih besar dibandingkan Sonic 150 R (11,5 kw setara 15,42 HP@9000rpm) atau dibandingkan dengan MX King (11,3 kw setara 15,15 HP@8500 rpm). Dengan power sebesar itu, Satria Fu Injeksi pun tidak hanya mampu mengacak-acak kelas ayago & bebek sport tetapi juga mampu membuat kelas sport 150 cc kojel-kojel 😀

Baca : Satria Fu Injeksi Bertenaga 18 PS Berpotensi Membuat Pasar Motor Sport 150 cc Kojel-Kojel

  • Mesin Satria Fu injeksi berkarakter overbore (62,0 mm vs 48,8 mm) lebih disukai oleh speed freaks dibandingkan dengan mesin Sonic 150 R yang berkarakter nearsquare (57,3 mm vs 57,8 mm) ataupun mesin MX King yang berkarakter overstroke (57 mm vs 58,7 mm) karena lebih kuat berputar pada rpm tinggi.
  • Nama besar Satria lebih dikenal oleh anak mudah jaman sekarang baik dikota maupun didesa, sedangkan nama Sonic lebih dikenal oleh anak muda satu dekade yang lalu atau saat ini sudah menjadi orang tua 😀 . Hal ini bisa dilihat dari penjualan Sonic 150 R yang rata-rata berada didaerah perkotaan dimana konsumen lebih melek informasi dari internet.

Beberapa waktu yang lalu Nde pernah membahas bahwa musuh utama all new Satria Fu injeksi bukanlah motor dari kompetitornya, tetapi justru terletak pada kondisi jaringan & 3S Suzuki yang bermasalah, dimana saat ini banyak sekali dealer Suzuki yang tutup.

Baca : Satria Fu Injeksi Siap Meluncur Dealer Suzuki Sanggar Mas Subang malah tutup

Tetapi melalui artikel ini Nde akan jelaskan peluang dari Satria Fu injeksi tersebut. Mungkin bisa sedikit Nde jelaskan sebagai berikut :

Baca : Inilah Musuh Sesungguhnya Dari Satria 150 F Injeksi Dan Motor Injeksi Suzuki Lainnya

  • Konsumen daerah perkotaan tentu saja merupakan basis konsumen ideal dari Satria Fu injeksi ini karena biasanya masih ada dealer Suzuki dikota besar, dan masyarakatnya cukup melek informasi.
  • Konsumen daerah pedesaan ada sebagian yang melek informasi, ada yang tidak, tetapi biasanya, remaja di pedesaan tetap mengidolakan Satria Fu, dan ketika menyambangi dealer Suzuki, sales tinggal menginformasikan bahwa ini ada produk baru Satria Fu injeksi yang lebih powerful sebagai penerus Fu karbu 😀
  • Soal mindset tentang perawatan motor injeksi itu harus dilakukan di bengkel resmi tampaknya tidak terlalu berpengaruh mengingat saat ini banyak orang desa yang memiliki motor injeksi mulai dari metik hingga sport.

Diatas kertas, justru Sonic 150 R lah yang posisinya terjepit, karena posisinya bisa dikatakan sebagai berikut :

  • Secara power dan gengsi dimata remaja, Sonic 150 R kalah dari Satria Fu Injeksi.
  • Secara harga, Sonic (21,2 juta) kalah dari MX King (18,9 juta) atau pun bebek sport Honda (Supra X 150).
  • Secara nama, Satria & MX King, atau Supra lebih dikenal masyarakat baik di kota maupun didesa dibandingkan Sonic yang merupakan pendatang baru.

Baca : Wahai Satria 150 F, Bersiaplah Untuk Perang Jangka Panjang Dengan Sonic 150 R

Tetapi meskipun secara power, gengsi dan harga Sonic kalah dari kompetitornya, bukan berarti Sonic akan cukup mudah dikalahkan. Bagaimanapun juga, Sonic merupakan produk dari perusahaan raja jualan produk otomotif di Indonesia. Dengan kondisi finansial yang cukup kuat, dan saat ini menguasai MS lebih dari 60%, bisa jadi setelah Satria Fu Injeksi diluncurkan dan mengancam penjualan Sonic, bisa jadi akan ada program diskon khusus Sonic, atau bahkan facelift untuk merombak performa Sonic 150 R. Dan jika itu terjadi, maka pertarungan dikelas bebek sport & ayago 150cc akan lebih berdarah-darah. Jadi, segala sesuatunya masih bisa terjadi. Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

Baca juga artikel tentang Suzuki lainnya ya :

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Suzuki dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

33 Balasan ke Di Pedesaan, Satria Fu Injeksi, MX King Dan Supra X 150 Akan Menjepit Sonic 150 R

  1. Kobayogas berkata:

    jepit, tahan, jepit tahan

    Suka

  2. warungasep berkata:

    disini mah perbandingann Sonic vs mexing : 2 ekor vs 200 ekor mungkinkah nanti supra x 300 ekor? bisa jadu

    http://warungasep.net/2016/01/31/foto-all-new-satria-f150-se-titan-black-warna-hitam-velg-merah-sangaar/

    Suka

  3. handoyo25 berkata:

    di kota besarpun, sonic masih belum mengalahkan nama besar satria utk segmen ayago.
    salah satu tolok ukurnya adalah harga seken (setelah 1 tahun), nanti kita sama2 lihat harga seken sonic vs satria fu fi

    Suka

  4. motor cool berkata:

    lebih padet sonic bodynya tp kelemahan sonic ad di buntutnya

    Suka

  5. S1NCH4N N93B03L berkata:

    sebenernya udah dari dulu power motor2 suzuki itu lebih gede dari komtetitor

    nex lebih gede dari beat, shogun lebih gede dari supra, dll

    tapi fakta di market selalu bertolak belakang…

    Suka

  6. mbah_anom berkata:

    motor buosok di jepit kanan kiri atas bawah hahahahaha

    bakar bakar bakar :v

    Suka

  7. nano berkata:

    .sonic laku karena ada nama honda.sejak tahun 2000 di bajak astra,kualitas motor honda berkurang.kalo honda federal tahun 2000 ke bawah kualitasnya bagus

    Suka

  8. wkwkwk
    wes onok sek test rung yo cbr sek baru vs satria injeksi
    17hp vs 18hp menang ndi yaa kira2

    Suka

  9. Evran Alpando berkata:

    Mantapp dahhh.. Akhirnya suzuki move on juga nih dari karbu. Mmang sharusnya suzuki harus mningkatkan performa si SFu soalnya sfu satu2nya tulang punggung pnjualan suzuki di pasar segmen motor. Apalagi dngan kdatangan mx king ama sonic 150r.. Maka sbaiknya sfu harus jauh lbih unggul dbnding sang kompetitor.

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s