Nama Xabre Tidak Masalah, Yang Penting Mudah Disebut

Ndesoedisi.com-ramai-ramai polemik tentang penggunaan nama Xabre 150 dibandingkan MT-15 membuat Nde tertarik untuk membuat artikel ini, tapi buat para fansboy Yamaha, tenang saja, artikel ini isinya bukan black campaign atau bullying 😛

Xabre 150
Yamaha Xabre 150

Banyak yang menyayangkan Yamaha memberi nama Xabre 150 kepada motor barunya, tetapi menurut opini Nde sebenarnya nama yang diberikan itu tidaklah terlalu menjadi masalah, masalah utama justru datang pada pelafalan nama tersebut, apakah enak didengar atau tidak.

Sebagai contoh adalah nama-nama berikut ini :

  • Nama V-ixion itu dulu terkesan aneh, tetapi ketika dilafalkan menjadi Viksyen, atau Piksen, nama tersebut menjadi enak didengar dan saat ini menjadi familiar.
  • Nama CB150R Streetfire itu bagus, tetapi susah dilafalkan karena terlalu panjang.

Dari contoh nama diatas sebenarnya bisa dijadikan contoh bahwa nama yang kurang lazim tetapi enak dilafalkan itu justru lebih bagus dibandingkan dengan nama yang bagus tetapi sulit untuk dilafalkan.

Pengalaman Nde sendiri sebagai orang desa itu sulit sekali untuk menyebutkan nama CB150R Streetfire.

Loh, CB150R Streetfire itu familiar dengan nama CBSF ?

Betul sekali, tetapi perlu diingat bahwa CBSF itu adalah inisial yang populer hanya di blog-blog otomotif roda dua, tetapi tidak populer di kalangan masyarakat biasa. Nde sendiri susah untuk menyebut nama CBSF tersebut apabila sedang ngobrol dengan tetangga yang tidak kenal blog otomotif.

Nde biasanya menyebut CBSF dengan nama CB150 (dibaca Cebe seratus limapuluh) tetapi nama tersebut menjadi terlalu panjang apabila dibandingkan dengan nama V-ixion (Viksyen).

Menurut Bp. M. Maskur (Ass. GM Marketing Yamaha) Xabre sendiri berarti cahaya pedang, sesuai dengan garis-garis desain motor itu. Xabre sendiri mengambil filosofinya kecepatan.

Menurut Nde pribadi, nama Xabre tidak masalah karena nantinya bisa dilafalkan dengan mudah oleh masyarakat dengan pelafalan Sabre atau Saber.

Akhir kata, Nde teringat kata-kata salah satu Dosen yang menyatakan bahwa :

Jika ada yang bertanya: “apalah arti sebuah nama”, maka jawablah : silahkan tanyakan kepada orang yang ikut ujian CPNS, ujian saringan masuk kuliah & sekolah, pengumuman pemenang undian, dan yang paling gampang tanyakan kepada ibu-ibu yang sedang menunggu arisan dikocok 😀

Salam dari desa 😉

Iklan

17 pemikiran pada “Nama Xabre Tidak Masalah, Yang Penting Mudah Disebut

  1. Ping-balik: Eiks Eber Motor Apakah Itu ? | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s