Otak-Atik Gathuk (59) Era Permotoran Nasional Tahun 80-90an Telah Kembali

Artikel “Otak-Atik Gathuk” adalah artikel yang berisi analisa suatu permasalahan dengan menggunakan prinsip mencocokkan segala sesuatu (otak-atik) agar terlihat saling berhubungan (gathuk). Artikel OAG ini merupakan salah satu bentuk humor otomotif. Sebagai sumber rujukan digunakanlah wangsit yang didapat oleh Mbah Mbuh Sapa. Oleh sebab itu, apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya 😎

Ketika sedang santai, Mbah Mbuh Sapa menghampiri Nde dan mengatakan ada bahan Otak-Atik Gathuk tentang kembalinya era otomotif tahun 90an meskipun dalam bentuk yang lain. penasaran seperti apa ceritanya ? Mari kita pelototi bersama-sama 😆

Astrea Grand 95

ilustrasi motor tahun 90an

MMS : ngapain kamu bengong ?

Nde : ini Mbah, sudah lama kehabisan ide buat artikel blog.

MMS : oh kalo itu, Mbah punya bahan neh

Nde : yang bener mbah ? tentang apa tuh ?

MMS : saat ini, era permotoran di tahun 80-90an telah hadir kembali meskipun dalam bentuk yang berbeda.

Nde : wah gimana ceritanya itu Mbah ?

MMS : jadi ada beberapa ciri-ciri bahwa masa permotoran tahun 80-90an memang telah kembali, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Honda menguasai market lebih dari 60% nasional

MMS : kalo kamu baca lagi tentang sejarah permotoran di Indonesia, maka di tahun 90an itu Honda menguasai market lebih dari 60%, kondisi saat ini kan mirip, dimana AHM menguasai lebih dari 60%. Yang membedakan adalah dulu Honda menguasai lewat motor bebeknya, kini menguasai lewat paroduk matiknya.

  • Merajalelanya motor berfairing 150 cc dan 250 cc yang diiidentikan dengan kecepatan

MMS : dari dulu, motor berfairing selalu diidentikan dengan kecepatan, karena motor-motor yang digunakan di balap seperti MotoGP dan Superbike saat ini adalah motor yang berfairing. Perbedaan mendasar tentu saja ada pada mesin 150 cc dimana tahun 90an masih menggunakan mesin 2 tak contohnya NSR, RGR, TZM dan sebagainya. Saat ini motor berfairing muncul dengan mesin 4-tak seperti R15-R25 series, CBR series, dan Ninja series. Meskipun untuk motor berfairing kelas 150cc 4-tak, Kawasaki belum mempunyai jagoannya, tetapi meskipun mesin 2-tak sudah diskontinyu, masih ada sisa-sisa motor berfairing yaitu Ninja RR.

  • Kelas 250 cc berfairing hidup kembali

MMS : pada tahun 90an banyak motor 250cc berfairing baik yang 4 tak maupun 2-tak. Setelah tahun 2000 sampai dengan tahun 2008, kelas 250 cc berfairing itu seperti mati karena tidak ada produk yang beredar. Hingga akhirnya Kawasaki memasarkan Ninja 250nya dan diikuti oleh Honda dengan CBRnya dan Yamaha dengan R-25nya.

  • Moped super hidup kembali

MMS : ditahun 90an, kelas moped super baik berbentuk bebek biasa maupun ayago itu ada seperti misalnya Satria 2 tak, atau Sonic 125. Saat ini pun kelas moped super kembali hidup melalui Satria Fu, Sonic 150 dan tidak lupa MX King.

  • Lompatan teknologi

MMS : di era tahun 80-90an itu dahulu teknologi yang baru adalah beralihnya sistem pengapian dari platina ke CDI. Saat ini, teknologi baru yang ada adalah perubahan dari karburator ke injeksi, untuk sistem pengapian sendiri beralih dari CDI yang berbasis kapasitor menjadi TCI yang berbasis transistor.

Nde : ada yang lain ga Mbah ?

MMS : ya sebenarnya masih banyak, tapi buat apa banyak-banyak ? segitu kan udah cukup buat artikel ?

Nde : ya maksudnya kalo lebih banyak lebih bagus Mbah, tapi ngomong-ngomong ini ciri-ciri yang Mbah sebutkan datanya valid atau engga mbah ?

MMS : loh kalo artikel panjang-panjang emangnya ada yang mau baca ? Terus kamu nanyain valid apa engga, namanya juga Otak-Atik Gathuk kan

Tidak percaya syukur, kalo percaya malah takut menjadi musyrik, jadi sobat semua bisa mengambil kesimpulan sendiri kan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Artikel Otak-Atik Gatuk yang lain bisa dilihat disini

salam dari desa 😉

 

 

 

 

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Otak-Atik Gathuk dan tag , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Otak-Atik Gathuk (59) Era Permotoran Nasional Tahun 80-90an Telah Kembali

  1. warungasep berkata:

    cb series taun 70an

    Suka

  2. handoyo25 berkata:

    Nggak cuma faktor teknis (produk), saat ini yg paling “bersahabat” dg kantong calon konsumenlah yg paling dilirik.

    *ingat kasus cash vs kredit*
    #DPgopekbawapulangmotor

    Suka

  3. fandy berkata:

    mbaeh jenenge sapa kuwe kang?

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s