Salah Sambung Apa Mau Menipu Hayo ?

Ndesoedisi.com-Malam minggu kemarin, tepatnya sehabis magrib, Nde mendapat telepon dari orang tidak dikenal dari nomor Simpati 081312617234. Nde sengaja menjadikan peristiwa tersebut menjadi artikel karena modusnya mirip dengan orang yang akan menipu, meskipun bisa saja karena salah sambung. Hal lain yang harus diperhatikan adalah meskipun kita berbicara lewat telepon atau tidak bertatap muka secara langsung, alangkah baiknya jika kita tetap menjaga etika & sopan santun.

pinjem dari kaskus
pinjem dari kaskus

Agar lebih enak dipahami, Nde tuliskan dalam bentuk dialog dan orang tersebut Nde beri nama mr. X. Dialog yang terjadi adalah sebagai berikut :

Nde : halo…

mr X : dimana ?

Nde : halo

mr X : lagi dimana ? (nada bicara mulai meninggi)

Nde : ini dengan siapa ? (menjawab dengan berusaha tetap tenang)

mr X : masa ga tau ? emangnya nomer ga disave ?

Nde : engga, hp nya baru (alesan doang 😆 )

mr X : kenapa nomer ga di save ? (nada bicara meninggi 😆 )

Nde : kan udah dibilang hp baru. iya ini dengan siapa ? (berusaha tetap tenang 😆 )

mr X : ini Agus (dengan nada marah 😆 )

Nde : Agus siapa ?

mr X : Agus masa ga kenal ? sombong sekali kau (kepancing emosinya 😆 )

Nde : iya Agus siapa ? yang mana ? darimana ? (nada bicara tetap dijaga agar terlihat tenang 😆 )

mr.X : Agus, Agus masa ga kenal ? sombong kali kau, awas kalo ketemu aku penggal kepala kau ! Jadi orang sombong sekali ( orangnya marah 😆 )

Nde : terus saya siapa emang ?

mr. X : *nj*ng luh

Nde : saya siapa coba ? (nada agak meninggi )

mr. X : ….. (telepon ditutup )

Berdasarkan pengalaman, banyak penipu yang pura-pura kenal dengan memanfaatkan kelengahan kita semua. Yaitu ketika kita memberikan informasi seperti misalnya nama kita. Oleh karena itu Nde membiasakan diri ketika menelepon ke seseorang Nde menyebutkan nama orang yang dituju, sedangkan ketika menerima telepon tidak pernah menyebutkan nama Nde, hal itu untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan dan cepat diketahui ketika ada kesalahan misalnya salah sambung.

Mengapa Nde di telp tersebut tetap kekeuh tidak mau menyebutkan identitas Nde ? Dan kesannya seperti mempermainkan ? Ya jujur saja, karena memang sudah lama Nde tidak berkomunikasi dengan teman yang bernama Agus. Kan kalau dipikir lucu juga kalo tiba-tiba ada teman mengaku bernama Agus marah-marah 😆

Misalkan Mr. X tersebut sebenarnya adalah salah sambung, Nde rasa tidak seharusnya dia marah-marah seperti itu, karena biasanya kalau obrolan dirasa kurang nyambung, pasti lawan bicara akan segera sadar, dan langsung mengkonfirmasi dengan menanyakan nama lawan bicara, apakah benar itu yang dituju, bukan malah memaksakan diri bahwa lawan bicaranya harus mengenalnya.

Salah satu kelemahan dari penipu melalui telepon adalah kurang bisa mengontrol emosi, hal itu mungkin disebabkan dia merasa rugi, sudah mengeluarkan pulsa untuk menelepon tetapi tidak mendapatkan hasil 😆 , seperti pembicaraan diatas kan berdurasi 1 menit 7 detik.

085788870038 … Nomor Penipu Yang “Kurang Pinter” wkwkwk

Disisi lain Nde kalau mendapatkan telepon dari penipu ya sekalian aja dikerjain 😆 , yang penting kita tetap tenang dalam menghadapi penipu tersebut,  biasanya akan langsung terungkap kebohongannya. Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

Iklan

21 pemikiran pada “Salah Sambung Apa Mau Menipu Hayo ?

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s