Semoga Satria Fu Injeksi Belum Terlambat Menghadang Sonic 150 R

Ndesoedisi.com-membaca data AISI bulan Agustus 2015 tentang penjualan bebek super kelas 150 cc terlihat sangat menarik karena dikelas ini ada tiga atpm yang ikut bermain didalamnya yaitu Suzuki sebagai pemain lama dengan Satria 150 F karburator, Yamaha dengan bebek super MX King, dan AHM dengan produk barunya yaitu Sonic 150 R.

Fu vs Sonic vs MX King

Fu vs Sonic vs MX King

Mx King sesuai dengan namanya berhasil menjadi bebek sport yang berhasil didistribusikan paling banyak disusul dengan Satria 150 F dan Sonic 150 R.

MX King : 14. 552 unit

Satria 150 F : 8. 692 unit

Sonic 150 R : 8. 420 unit

Untuk sementara kita kesampingkan dulu Yamaha MX King karena data distribusi yang jauh meninggalkan yang lain serta bentuknya yang berbeda yaitu bebek sport bukan ayago. Sekarang kita bahas Satria F 150 dan Sonic 150 R saja 😀

Meluncurnya Sonic 150 R, ternyata mampu memberi perubahan pada Suzuki karena ketenangan & kenyamanan dalam berjualan Satria 150 F selama ini menjadi terusik. Bukti nyata terusiknya Suzuki adalah munculnya gambar-gambar yang katanya bocoran produk baru hingga artikel yang bersifat memanaskan aroma persaingan. Tentu saja kita semua bisa memaklumi jika Suzuki berharap bisa menghalangi Sonic agar tidak mengganggu penjualan Satria 150 F karena Fu adalah tulang punggung penjualan Suzuki dan mencapai 64% dari total penjualan Suzuki dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2015 ini.

Satria 150 F vs Sonic 150

Satria 150 F vs Sonic 150

Tetapi, melihat data distribusi bulan Agustus antara Satria 150 F karburator yang hanya beda tipis dengan pendatang baru yaitu Sonic 150 R (hanya selisih 272 unit), tentu saja hal tersebut sangat-sangat mengkhawatirkan, meskipun ini adalah data distribusi pada bulan pertama Sonic diluncurkan, dan biasanya baru akan stabil setelah tiga bulan kemudian, tetapi ini bisa menggambarkan bahwa kehadiran Sonic ternyata bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

Menurut Nde ada beberapa faktor keberhasilan Sonic menempel Fu pada bulan pertamanya seperti :

  • Pemberitaan Sonic yang cukup membahana, diberitakan oleh berbagai macam media mulai dari media massa hingga Blogger.
  • Proses distribusi cepat.
  • Penggunaan Figur Al Ghazali sebagai tokoh yang sedang digandrungi abg.

Disisi lain, pemberitaan tentang Satria Fu Injeksi tergolong minim, hanya ada beberapa artikel dari blogger senior yang sifatnya hanya bocoran kecil seperti kaliper rem yang menurut Nde tidak terlalu signifikan, kemarin sempat menyebar ilustrasi headlamp Sonic hasil olahan mang Pey, yang baru adalah artikel Mas IWB yang menyatakan ada sample komponen yang dikirim oleh Suzuki ke Jepang. Hanya Laskar Suzuki yang rajin mengupdate artikel tentang bocoran motor baru Suzuki meskipun ada beberapa gambar yang sifatnya hoax, karena mengambil desain dari orang lain atau motor lain.

headlamp-satria-fi-by-peysblog

Sebenarnya apabila dilihat dari keyword pencarian, minat konsumen akan kedatangan Satria 150 F injeksi cukup besar. Hal itu bisa dilihat dari rujukan ke blog Nde ini, dengan asumsi blog ecek-ecek baru tadi pagi internetan saja banyak keyword yang nyangkut, apalagi blog-blog yang sudah besar 😀

keyword-Satria-Fu-Injeksi

Disini Suzuki terlihat seperti terlambat mengantisipasi kehadiran Sonic 150 R, Suzuki terkesan baru bergerak menghadang setelah Sonic 150 R diluncurkan atau tepatnya sudah menjelang peluncuran. Jika kita bicara strategi militer maka skema yang digunakan adalah defensive , dimana musuh dibiarkan masuk ke suatu daerah baru setelah itu dihadapi dan dihancurkan. Strategi seperti ini akan cukup ampuh jika Suzuki sangat menguasai daerah tersebut. Kata menguasai disini adalah punya pasukan (loyalis) dan didukung oleh sistem logistik (3S) yang memadai. Tanpa dukungan loyalis dan 3S yang memadai, membiarkan musuh memasuki daerah yang kita miliki sama saja dengan bunuh diri.

Inilah Musuh Sesungguhnya Dari Satria 150 F Injeksi Dan Motor Injeksi Suzuki Lainnya

Berbeda dengan strategi Suzuki, Yamaha justru selalu melakukan Pre-emtive strike atau berusaha menghadang lawan sebelum memasuki daerah kita. Hal itu bisa dilihat dari produk yang diadu fiturnya secara langsung, atau melakukan perang spyshoot & bocoran dengan harapan ada konsumen yang mau menahan diri untuk membeli produk kompetitornya.

Jika sebelumnya kepercayaan konsumen umum tentang kemampuan Suzuki mengeluarkan produk sempat menurun, maka kini dengan adanya beberapa kabar-kabar diatas tentu saja mampu sedikit menaikkan kepercayaan tersebut. Meskipun masih diperlukan upaya yang lebih keras & lebih agresif untuk meyakinkan calon konsumen potensial, karena Suzuki terlalu lama tertidur dan terkesan terlalu sering memberi harapan palsu terhadap konsumen. Tetapi mengingat saat ini produk kompetitornya sudah benar-benar ada wujudnya dan mengancam, maka kemungkinan Suzuki mengeluarkan Satria Fu injeksi cukup besar.

Ingat artikel OAG falsafah Wiro Sableng, lawanlah produk baru dengan produk baru atau penyegaran produk lama, lawanlah spyshoot dengan spyshoot atau bocoran, jangan produk baru dilawan dengan artikel yang ujung-ujungnya menyuruh sabar 😆

Sedikit berbeda dengan isi artikel Mbah Dukun Indobikermags yang menyatakan bahwa konsumen ayago adalah biker yang “sudah tau apa yang mereka mau” ada sisi lain konsumen yang disasar oleh Sonic 150 R dan Fu yaitu abg labil, yang secara umum belum stabil emosinya, masih mudah terprovokasi, dan jumlahnya juga cukup banyak di Indonesia.

Dengan jargon “kekinian” abg yang labil bisa dengan mudah dipengaruhi jika melihat teman-temannya menggunakan motor baru Sonic 150 R. Sebuah ucapan “ini Sonic motor baru gue… mana motor elo ? masa hare gene masih pake motor karbu ” sudah cukup membuat abg labil memusingkan orang tuanya dengan rengekan minta motor baru 😆  Awalnya bisa jadi abg labil menolak Sonic, tetapi jika melihat Sonic sudah banyak beredar di jalanan dan menjadi trend baru maka abg labil pasti akan ikut-ikutan membeli Sonic (inget kasus honda Beat vs Mio ).

Kabar yang beredar selama ini adalah Satria 150 F injeksi akan diluncurkan pada akhir tahun 2015 atau awal tahun 2016. Disini ketepatan Suzuki meluncurkan sebuah produk akan diuji. Misalkan diluncurkan pada bulan Desember 2015, itu artinya membiarkan Sonic 150 R berkembang selama 4 bulan.

Terus maksud admin membuat artikel seperti ini buat apa ? Penggiringan opini ? mengagung-agungkan Honda dan mengecilkan kemampuan Suzuki ? Atau admin termasuk salah satu tim SWAT ? Oh tentu saja tidak, Nde membuat artikel ini justru karena Nde peduli dengan nasib Suzuki, silahkan cari data penjualan Suzuki yang semakin lama semakin tergerus, dulu penjualan Satria Fu sangat stabil diangka belasan ribu unit perbulan, tetapi kini jumlahnya terus menurun. Suzuki memang terkenal dengan produknya yang berkualitas, tetapi waktu peluncuran produk juga menjadi hal yang penting. Nde ingat ungkapan dari seorang pakar marketing yang berkata:

sebuah produk yang berkualitas pun bisa gagal jika diluncurkan pada waktu yang tidak tepat

Jadi, jangan sampai Satria 150 F injeksi yang digadang-gadang punya performa jauh lebih baik, gagal hanya karena diluncurkan pada waktu yang tidak tepat. Benar tidaknya biar waktu yang akan membuktikannya.

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Honda, Suzuki dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Semoga Satria Fu Injeksi Belum Terlambat Menghadang Sonic 150 R

  1. mbah_anom berkata:

    Kurang panasss !!!!
    ——
    ereksi gak mati mati ?
    http://mbah69anom.wordpress.com

    Suka

  2. walawala berkata:

    kuncinya SUUUUUAAAAABBBBBAAAARRRRRRR ekekekekeke 😀

    Suka

  3. goozir berkata:

    terlambat ya wasalam uwis

    ni kalu mau turing keluar negeri, motor juga harus punya paspor

    http://www.goozir.com/2015/09/cpd-carnet-dan-cara-mendapatkannya.html

    Suka

  4. bdt berkata:

    mx sama ekspor ndak???

    Suka

  5. dwi berkata:

    dan semoga saja mang nde, tp di trenggalek dealer suzuki udah tutup semua bahkan yg gede sekalipun gag survive, kalau beli suzuki injeksi mau diseevis dimana, indo….., atau alfa….. gt ?

    Suka

  6. Ping balik: Satria Fu Injeksi Bertenaga 18 PS Berpotensi Membuat Pasar Motor Sport 150 cc Kojel-Kojel | Ndesoedisi

  7. Ping balik: Di Pedesaan, Satria Fu Injeksi, MX King Dan Supra X 150 Akan Menjepit Sonic 150 R | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s