Helm Hadiah Motor, Antara Tidak Dibutuhkan Dan Konsistensi Kampanye Safety Riding

Ndesoedisi.com-berawal dari postingan Macantua.com tentang helm hadiah dari Sonic 150 R yang masih menggunakan helm legendaris TRX series yang dijemur di grup FB Honda Sonic 150R Owner  Indonesia (HSOI) Official. Mirisnya, dari komentar-komentar di grup tersebut, ternyata kebanyakan justru mengatakan bahwa helm hadiah motor itu tidak penting. Beberapa orang malah membully Mang Jejen selaku admin Macantua.com sebagai sales Suzuki 😆

helm legendaris TRX series (pic: macantua.com)

helm legendaris TRX series (pic: macantua.com)

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa motor sudah keren, tapi mengapa hadiah helmnya masih berupa helm legendaris yaitu TRX series yang mempunyai bermacam-macam fitur seperti:

  • automatic visor down (kaca visor turun sendiri 😆 ) ,
  • automatic release lock (pengunci helm lepas sendiri 😆 ),
  • bigger size (ukuran rata-rata kebesaran untuk kepala orang Indonesia) sehingga bisa auto rotation 360 degree alias muter sendiri 😆
  • busa yang cepet tipis
  • auto njengat kebawa angin (menurut Om Riderview) 😆
  • auto scratch (kaca mudah burem menurut mang Kobay) 😆

Dengan melihat fitur standar helm TRX tersebut, meskipun sudah SNI, tetapi masih jauh dari harapan masalah safety.

Mengapa hanya membahas AHM saja ? Ya karena saat ini hadiah helm hadiah motor-motor biasa dari AHM secara kualitas dan tampilan  menempati urutan terbawah, berbanding terbalik dengan atpm lainnya, selain itu AHM juga diklaim sebagai sebuah atpm yang katanya konsisten dengan kampanye safety riding (sumber TMCblog.com), jadi sudah seharusnya AHM yang notabene adalah atpm roda dua terbesar di Indonesia juga memperhatikan tentang sarana keselamatan konsumen termasuk helm hadiah motor.

Jadi bukan masalah mampu atau tidaknya konsumen membeli helm sendiri, bukan pula masalah helm mau digunakan atau tidak, dan bukan juga masalah membeli motor murah tetapi ingin hadiah helm mahal, tetapi komitmen dari AHM tentang konsistensi Safety Riding inilah yang dipertanyakan.

Komentar dari blogger papan atas berikut ini mungkin bisa dijadikan bahan pemikiran, bahwa harga motor juga tidak berbanding lurus dengan kualitas helm yang diberikan, terbukti pada pembelian sebuah motor CBU berharga hampir 40 juta rupiah pun hadiahnya masih berupa helm TRX series (artikel review bisa dibaca disini) :

komentar blogger kondang :-)

komentar blogger kondang 🙂

Berbeda dengan Om Blogger kondang tersebut, Nde dan beberapa anggota keluarga pernah beberapa kali menggunakan sebuah helm TRX hadiah Honda Revo tersebut, hasilnya setelah memakai beberapa saat, kepala menjadi pusing, setelah diperiksa rupanya visornya cacat dimana kaca tersebut tidak benar-benar mulus, sehingga mata terpaksa harus menyesuaikan jarak fokus. Akibatnya mata menjadi cepat lelah & sakit. Meskipun pada hal tersebut tidak Nde temui pada helm hadiah Vario 125, tetapi kualitas kaca tetap saja masih mengecewakan.

Selain blogger kondang, ada juga tokoh modifikasi & freestyler yang ikut berkomentar bahwa dengan helm seharga 250 rb s/d 1,5 juta itu sebetulnya masih layak sebagai hadiah motor mengingat keuntungannya juga sudah sangat besar. Komentar beliau sebagai berikut :

Dari pembicaraan tersebut, sekarang kita lihat seperti apa helm dengan harga dibawah 350 ribu, apakah masih layak dijadikan hadiah atau tidak. Karena banyaknya merk dan jenis helm yang ada dipasaran, ya Nde posting helm yang ada dirumah Nde saja deh 😆

  • Helm seharga 300 ribuan
helm INK Centro cuma 300 rbuan

helm INK Centro

Helm INK merupakan helm sejuta umat, sehingga paling mudah ditemui dijalanan selain KYT, dengan harga cuma 300 ribuan, Nde yakin pasti banyak yang mau menggunakan helm ini jika digunakan sebagai hadiah (ngarep 😆 )

  • helm seharga 200 ribuan
pengganti VOG, berdasarkan budget seadanya :mrgreen:

BMC Fuji R double visor hanya 200 rb an

Kalau INK / KYT series dirasa masih terlalu mahal, mungkin bisa dilirik helm dengan harga dibawahnya seperti BMC series. Salah satunya tentu saja BMC Fuji R dengan harga cuma 200 ribuan, sudah mendapatkan helm double visor. Meskipun murah meriah, helm itu pernah “dengan pedenya” digunakan oleh Nde untuk melakukan tesride Honda Beat eSP dan Honda Beat POP di AHTC.

metik pas untuk tubuh mungil

tuh pede kan menggunakan helm murah 😆

  • Helm SNI 150 ribuan
VOG Xtream

contohnya : VOG Xtream

Kalau harga 200 ribuan masih dirasa terlalu mahal, masih ada kok helm SNI yang cukup bagus buat hadiah motor yaitu helm dengan harga 150 ribuan. Contohnya ya helm VOG XStream. Meskipun murah, Nde kira masih cukup bagus untuk dijadikan hadiah motor.

Akhir kata, apakah sobat semua setuju seandainya helm hadiah motor bentuknya seperti helm-helm diatas ?

salam dari desa 😉

bonus :

Kata Mang Jejen Macantua, Helm dewasa kok kualitasnya mirip helm anak-anak, malu dong :lol:

Kata Mang Jejen Macantua.com, Helm hadiah kok kalah sama helm anak-anak, malu dong 😆

 

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di safety dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Helm Hadiah Motor, Antara Tidak Dibutuhkan Dan Konsistensi Kampanye Safety Riding

  1. riderview berkata:

    satu lagi…auto njengat 😆

    Suka

  2. FЭЯY berkata:

    harga mati pokok na helm motor baru KYT/Ink 300-400 rb an … Ya kalo engga KEMARUK BIN MEDIT pisan … Itung weh untung na sakumaha eta atpm…masa iya helm na koplok

    Suka

  3. Kobayogas berkata:

    auto scratch mang nde, gak kebentur keras kacanya bisa burem dan beset beset sendiri wkwkwkwk

    Suka

  4. Ms Dhukha berkata:

    Biar hemat beb, hehehehe… Safety riding aja gak pake spion kok… Kalah sama merk sebelah…. 😀
    https://dhukha99.wordpress.com/2015/08/13/seandainya-kapal-titanic-tenggelam-pada-tahun-2015/

    Suka

  5. brigade jalan raya berkata:

    setuju. nice artikel masbro. trauma pakai helm trx series dah. apalagi punya orang lain. disinyalir auto nyerap debu, dan bau keringat 😀

    Suka

  6. ngoahaha... berkata:

    Jangan2 hadiahnya cb150 ntar helm jadul yang bentuknya kayak helm proyek….klo di surabaya terkenalnya helm ‘cebuk'(gayung)….sekalian bisa buat mandi sama e’ol….. 🙂

    Suka

  7. cadoxs berkata:

    Ga penting mau hadiah bagus atau jelek toh banyak kok alay yg kepalanya lebih kuat dari helm😛

    Suka

  8. erotomania berkata:

    helm nya emang dibuat lebih besar dari ukuran kepala,ada gak 2 cm lebih,karena pengendara honda disinyalir kepalanya membesar saat naik DOHC TERKENCANG SEJAGAT.
    ane tapi bangga ama helm scoppy ane.
    ditukar TRX selusin juga gak sudi…..

    Suka

  9. mendoan teMpe colek Lontong berkata:

    dulu beli supra dpt helM TRX.
    GA seperti yg dituduhkan yg diatas.
    Saya merasa PUAS wktu pake helm TRX.
    ITU menurut saya adl helm berVISOR paling keren dan tercanggih yg pertama x wktu itu.
    Waktu itu saya pake helm TRX buat pergi keluar kota. Pas lg berpapasan dgn bus. . .scr otomatis helm TRX saya lngsung mengeluarkan tripel VISOR alias HELM’e nutupi muka.
    Wuasemmmm. . .mangkel pisan.
    Stlah itu saya kapok pake helm itu

    Suka

  10. erotomania berkata:

    gak semuanya helm hadiah WHOAHAEM jelek kualitasnya….. kredit khusus untuk helm gratisannya honda scoppy…. wis jian, helm bagus….. motornya juga value for money…. sama helm krilis-an thn 95-an, jaman namanya masih NSX, itu juga bagus, yang paling parah, yang helem full face putih, tapi bagian rahang-nya bisa dilepas jadi half face, persis kayak kacang sukro…..

    Suka

  11. orang awam berkata:

    hahah emg kebanyakan orang negara ini susah dikasi tau, pada belum sadar ama hak konsumen kali ya? atau krn fanatik buta? sebetulnya postingan mang Jejen bagus, ngasi masukan buat ahm. eh malah dibully ama fanboy nya, dikatain sales lagi. mau merk apapun kalo udah urusan ama fanboy emg bikin geleng2

    Suka

  12. blade-in berkata:

    Peduli safety riding tapi ngasih helm kualitas murahan? Yap, karena sebatas itulah pemahaman pabrikan gede itu tentang safety riding !!! Miris !!!

    Suka

  13. kodokijo berkata:

    Saya kaga pernah beli motor Honda sih, jadi kaga tau seperti apa itu TRX dan perbandingannya ama helm hadiah motor merk lain. Lagian jg saya kaga pernah pake tuh helm gratisan dr motor, krn berasa kyk gak pake helm kl pake helm half face, maklum biasa pake yg full face sih, hehehe…. Pernah dpt helm full face saat beli Byson, tp saya jg kaga pake, saya ksh ke adik ipar, krn visornya bikin pandangan buyar. Helm gituan biasanya hanya utk serap kl pas helm utama di cuci. Banyakan saya kasihin ke tkg ojek yg mangkal deket rumah berikut jaketnya. Saya tipikal yg pentingin style dan penampilan saat bawa motor, jadi yg gituan kaga masuk hitungan utk dipake.

    Suka

  14. Ping balik: Inilah Yang Membuat Helm Bawaan Suzuki Address 110 Jadi Terlihat Berbeda | Ndesoedisi

  15. Ping balik: Helm BMC Fuji R Pensiun Setelah 3 Tahun Mengabdi | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s