Wahai Satria 150 F, Bersiaplah Untuk Perang Jangka Panjang Dengan Sonic 150 R

Ndesoedisi.com-AHM telah mengobarkan perang dikelas ayago 150cc dengan meluncurkan Sonic 150 R, jika sebelumnya Nde membuat artikel tentang musuh sebenarnya dari Satria 150 F maka sekarang Nde lanjutkan dengan artikel tentang faktor lain yang dirasa akan cukup berat dihadapi oleh Suzuki. Faktor apakah itu ? Mari kita simak bersama-sama 🙂

Sonic 150 R vs Satria 150 F (pic: Mivecblog.com)
Sonic 150 R vs Satria 150 F (pic: Mivecblog.com)

Saat ini banyak sekali fanboys Suzuki yang merasa bahwa Sonic 150 R tidak mampu menandingi performa Satria 150 F di putaran atas karena secara spesifikasi teknis mesin Sonic 150 yang almost square dibandingkan dengan Satria 150 R yang overbore.

Tetapi ingat wahai para fanboys Suzuki, jangan berbangga hati dulu

Karena AHM terbukti telah melakukan perang jangka panjang melawan Yamaha, dan kedepannya AHM juga akan melakukannya untuk menghadapi Suzuki, jika Sonic 150 R tidak bisa menumbangkan Satria 150 F dalam waktu dekat.

Pada peperangan dikelas sport 150 cc, Yamaha dipaksa untuk selalu mengupdate Vixion series agar tetap unggul dari kompetitornya, hal tersebut terlihat sebagai berikut :

Ketika AHM meluncurkan CBSF (spek & fitur dibenturkan Old Vixion), maka Yamaha segera menyambutnya dengan NVL, dan ketika ada gosip AHM akan mengeluarkan CBSF facelift (spek & fitur dibenturkan dengan NVL) maka Yamaha mendahuluinya dengan mengeluarkan NVA.

Dari situ terlihat bahwa salah satu faktor mengapa Vixion series cukup sulit ditumbangkan adalah karena Yamaha selalu mengupdate Vixion agar selalu kompetitif. Apabila dihitung dari Old Vixion facelift, maka Yamaha telah melakukan 2x facelift yaitu NVL dan NVA atau lebih banyak dibandingkan dengan AHM yang baru sekali ini melakukan facelift pada CBSF.

Nde sendiri mempunyai opini bahwa cara tersebut juga akan dilakukan oleh AHM untuk menghadapi Suzuki. Dengan diluncurkannya Sonic 150 R, maka Suzuki dipaksa untuk mengeluarkan Satria 150 F injeksi agar tetap kompetitif secara teknologi. Dan sesuai dengan kebiasaan AHM, maka kedepannya Sonic 150 R akan difacelift mendekati spesifikasi Satria 150 F injeksi dan akan begitu seterusnya.

Disinilah hal tersebut itu akan menjadi menarik, mengapa Nde katakan menarik ? Karena tipikal Suzuki itu berbeda Yamaha. Yamaha terkenal agresif dalam meladeni permainan AHM di semua lini termasuk metik, meskipun secara penjualan sudah kalah dari AHM, tetapi Yamaha tetap konsisten meluncurkan produk baru. Sementara sobat Nde pasti tahu bahwa untuk sekedar memfacelift produk tentu saja membutuhkan sumber daya yang besar baik dari segi SDM maupun dari segi finansial. Sedangkan Suzuki belakangan ini terkenal karena inovasinya yang berhenti. Dibandingkan dengan AHM atau Yamaha, Suzuki jelas jauh tertinggal masalah facelift atau meluncurkan produk baru.

Sebelum semuanya terlambat, Satria 150 F injeksi merupakan harga mati, karena jika sampai penjualan Satria series juga kalah dari kompetitornya, maka kedepannya nama Suzuki hanya tinggal kenangan, tentu saja kita semua tidak mau ada slogan :

Suzuki pernah merajai, tetapi tanpa inovasi, tetapi akhirnya mati 😥

Akhir kata, Nde hanya bisa berdoa :

Semoga dengan sumber daya yang ada saat ini, Suzuki mampu meladeni peperangan jangka panjang melawan kompetitornya, dimana ada kemauan, disitu ada jalan… ayo semangat 🙂

Salam dari desa 😉

Baca artikel tentang Suzuki lainnya ya…

 

 

 

Iklan

49 pemikiran pada “Wahai Satria 150 F, Bersiaplah Untuk Perang Jangka Panjang Dengan Sonic 150 R

  1. Mr. Uip

    Strategi bisnis mang, bagaimanapun juga seorang punya lapak yg berdagang gelar tikar kan, berbagai cara dilakukan, gak mau di ambil orang,… begitupun dg ATPM ..

    Suka

  2. Indonesia B@roe

    ”Eeh….pade ngrumpiin gw neh loe pade….”kata Sizuka sambil kucek2 matanya ngilangin belekan yg sgede bola kasti,(maklum bru bngun tdr)…”lagian ngpain loe pade ngebandingin gw ame ttangge gw si Handong songong ntu…,asal loe tau ye,kgak bakalan si Handong buka lapak dimari dket si EpiYu anak tuggal gwe….udh deh klian sono prgi…,ooaaaahaeem….msih ngntuk gwe”…(smbil ngelap ilernya yg netes kyk org epilepsi)…msuk dlm sarung dan ngorok lg.(bersmb.episod II) ;p

    Suka

  3. ssssttt…jgn diumbar,kasian ntr laskar sijukek,ntr gk trima.
    musuh ngahaem susah coy,mreka itu kejam,kl pun niat lgsg gebuk bakal modar tp sesuai filosofi mreka yg elegan,jd gebukinya pelan2,biar jepun nya gk tll ngeh.
    wkwkwkwk….

    kl dtny jepun “oi itu knp sdr qt sesama jepun koq modar?”
    bos indo jwb “mn tau bos,qt kn gk pnh nyerang mreka (lah kn bkin produk cm dimepet2in,gk lgsg lbh inferior) cb tny pasar aja bos.

    😆

    Suka

  4. beno

    bisa jadi om, makanya sonic skrg dipangkas, yg berikutnya limiter mungkin di naikin, mungkin nani dibikin kuat di torsi sama power… tapi entah mengapa kalo bebek sport itu mindset selalu satria, mungkin krn dari dulu satria r udah jadi primadona bebek

    Suka

  5. ridergundul

    Sijuki ini mengikuti saran/tulisan dr bbrp blogger. Katanya klo mengeluarkan produk baru yg lebih advance itu menyakiti konsumen lamanya. Makanya sijuki jarang nelurin produk baru, akhirnya sekarang dia baru tahu rasa. Cari dealer sama bengkelnya aja sekarang susah.

    Suka

  6. wangi

    menyakitkan tapi memang kenyataan begitu.heheh ntar lama lama orang akan mikir juga.perbaiki motor satria dengan perbaiki motor sonic mudah perbaiki motor sonic karena aftersalesnya yang jomplang bagai langit dan bumi.mirip mirip user bajaj yang bangga dengan motornya namun ujung ujungnya mumet mau kemana klo servis dan cari sparepart

    Suka

  7. Ping-balik: Satria Fu Injeksi Bertenaga 18 PS Berpotensi Membuat Pasar Motor Sport 150 cc Kojel-Kojel | Ndesoedisi

  8. Ping-balik: Satria Fu Injeksi, Mutu Atau Mati | Ndesoedisi

  9. Ping-balik: Di Pedesaan, Satria Fu Injeksi, MX King Dan Supra X 150 Akan Menjepit Sonic 150 R | Ndesoedisi

  10. Ping-balik: Raport Satria Fu Injeksi Tahun 2016, Modal Berharga Bagi Kebangkitan Suzuki | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s