Inilah 10 Peralatan Yang Wajib Dibawa Ketika Turing Menggunakan Sepeda Motor

Ndesoedisi.com-turing adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh pengguna kendaraan bermotor. Bertemu dengan medan yang beraneka ragam sepanjang perjalanan tentu saja sangat menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri ketika kita mampu menaklukkan medan yang beraneka macam tersebut.

ilustrasi turing (en.wikipedia.org)

ilustrasi turing (en.wikipedia.org)

Agar perjalanan lebih menyenangkan tentu saja diperlukan persiapan. Persiapan itu berguna untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga yang mungkin terjadi selama perjalanan, untuk itu Carmudi Indonesia memberikan tips tentang beberapa peralatan yang wajib dibawa ketika turing dengan menggunakan sepeda motor, apa saja peralatan yang harus dibawa ? Mari kita simak bersama-sama 🙂

  • Jaket Anti Hujan
jaket-anti-hujan

jaket anti hujan

Kondisi cuaca merupakan sebuah keadaan yang tidak bisa dihindari oleh bikers selama turing. Untuk mengantisipasi perubahan cuaca, selain jaket tahan angin, biker juga harus menyediakan jaket yang berbahan tahan air untuk menghadapi hujan di tengah perjalanan sehingga biker masih bisa melanjutkan perjalanan. Tanpa jaket hujan, perjalanan akan terhambat karena biker harus meneduh setiap kali bertemu dengan hujan.

  • Pakaian Ganti dan Alas Kaki Nyaman
pakaian ganti & alas kaki

pakaian ganti & alas kaki

Terkadang turing membutuhkan waktu lebih dari satu hari, untuk itu agar kenyamanan tetap terjaga, diperlukan pakaian ganti. Untuk pakaian ganti, kaos berlengan pendek atau t-shirt bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk alas kaki sebaiknya disesuaikan dengan tema atau rute turing. Gunakan sepatu supaya kaki lebih terlindungi. Pilihlah sepatu yang pas supaya kaki merasa nyaman, terutama pada motor yang menggunakan transmisi manual. Selain sepatu, sandal juga diperlukan ketika kita sudah sampai ke tujuan atau sedang beristirahat dan melakukan aktivitas membersikan badan.

  • Kotak P3K berisi obat-obatan
kotak P3K

kotak P3K

Tidak ada biker yang berharap celaka selama perjalanan, tetapi bukan berarti biker boleh meninggalkan obat-obatan & peralatan P3K. Kotak berisi obat-obatan dan P3K akan sangat berguna selama perjalanan. Selain digunakan untuk diri sendiri tentu saja bisa digunakan untuk menolong orang lain yang mendapat kecelakaan yang kita temui di perjalanan.

  • Uang Tunai
uang tunai

uang tunai

Membawa uang tunai memang sangat beresiko, tetapi berbeda ceritanya jika perjalanan melintas daerah yang jarang atau tidak ada ATM sama sekali. Uang tunai akan menjadi kebutuhan wajib untuk keperluan seperti membeli bbm, dan membeli makanan. Untuk berjaga-jaga dari tindak kriminal atau kehilangan dompet, sebaiknya pisahkan uang di beberapa tempat tertentu diluar dompet.

  • Toolkit
toolkit

toolkit

Toolkit diperlukan untuk mempermudah kita mengatasi kerusakan-kerusakan kecil seperti baud kendor, atau mengganti part kecil seperti busi misalnya. Dengan membawa toolkit, biker bisa mengatasi masalah kecil tersebut tanpa harus meminta bantuan mekanik bengkel yang mungkin saja akan susah ditemui di daerah-daerah terpencil

  • Flat tire repair kit
flat tire repair kit (ebay)

flat tire repair kit (ebay)

Mungkin tidak semua biker memiliki perangkat ini, tetapi perangkat yang terdiri dari pompa/tabung gas, obeng, lem, dan karet untuk menambal ban sangat efektif untuk mengatasi ban bocor secara cepat dan mandiri. Karena belum tentu ada tukang tambal ban yang berada tidak jauh dari tempat biker mengalami kebocoran ban.

  • Pisau Lipat
pisau lipat

pisau lipat dilengkapi dengan tools

Pisau lipat merupakan salah satu pelengkap tool kit, pilihlah pisau lipat yang dilengkapi dengan berbagai macam pilihan pisau yang tajam. Pisau lipat ini akan memiliki banyak kegunaan ketika turing.

  • Senter dan Pemantik Api
senter & korek api

senter & korek api

Jika turing dilakukan selama berhari-hari senter dan korek api sangat dibutukan. Senter dibutuhkan dalam kondisi darurat seperti kendaraan mogok pada malam hari, sedangkan korek api dibutuhkan untuk membuat api ketika memasak atau membuat api unggun.

  • GPS/Peta Fisik
GPS-peta

GPS-peta

Terkadang turing menempuh jalan yang belum pernah kita lewati, atau mencoba jalur alternatif. Untuk itu GPS dan peta fisik sangat diperlukan untuk menentukan arah. Seiring dengan kemajuan teknologi, GPS atau Global Positioning System memang memudahkan biker dalam melakukan navigasi, tetapi penggunaan GPS di Indonesia biasanya masih terkendala oleh sinyal yang tidak terlalu baik. Untuk mengantisipasi hal tersebut, selain menggunakan GPS, sebaiknya sediakan juga peta fisik sebagai cadangan.

  • Power bank
power bank

power bank

Di jaman sekarang ini, perangkat komunikasi elektronik sudah seperti makanan wajib. Power bank dibutuhkan karena tidak semua motor mempunyai fasilitas charger. Selain digunakan untuk mengisi daya perangkat komunikasi seperti smartphone, power bank juga bisa digunakan untuk mengisi daya kamera digital yang mempunyai fasilitas pengisian lewat USB. Tentu saja supaya backup daya tetap tersedia, diperlukan power bank dengan kapasitas yang cukup besar.

Itulah beberapa peralatan yang wajib dibawa untuk memperlancar perjalanan selama turing yang Nde ambil dari website Carmudi Indonesia, selain peralatan pendukung diatas, untuk kelancaran turing juga diperlukan persiapan secara jasmani dan rohani, akhir kata semoga artikel ini ada manfaatnya buat pembaca semua.

salam dari desa 😉

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Perlengkapan Berkendara dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Inilah 10 Peralatan Yang Wajib Dibawa Ketika Turing Menggunakan Sepeda Motor

  1. arh thea berkata:

    Tips yang sangat bermanfaat..

    Suka

  2. chapsClabiration903 berkata:

    Celana dalem… :p. Bw satu lusinnn…. :p Sdh ane duga…

    Suka

  3. mbah_anom berkata:

    Satu lagi yang penting !
    Yaitu jangan lupa bawa kendaraan buat turingnya :v

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s