Inilah Bagian Yang Harus Diperiksa Jika Motor Sering Menghantam Lubang

Ndesoedisi.com-apa kabar sobat semua ? Akhirnya setelah beberapa hari blog ini terbengkalai karena ada kesibukan lain. Senang rasanya Nde bisa kembali menulis artikel. Untuk mengawali artikel di bulan April ini Nde membuat artikel ringan tentang motor (padahal artikel blog ini juga artikel ringan semua ๐Ÿ˜† )

Infrastruktur jalan yang jelek jika setiap hari dilalui oleh pengguna jalan tentu saja berdampak terhadap durabilitas kendaraan yang melintas. Kendaraan baik berupa motor atau mobil tentu saja akan lebih cepat mengalami kerusakan di bagian kaki-kaki apabila dibandingkan dengan kendaraan yang digunakan di jalanan yang bagus.

ilustrasi jalan jelek

ilustrasi jalan jelek

Bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa jika motor yang kita gunakan sering melintas di jalan yang jelek? Mari kita simak bersama-sama ๐Ÿ™‚

  • Bearing atau laher

Bearing atau laher merupakan komponen penghubung antara tromol dengan as roda sehingga memungkinkan roda untuk berputar dengan bebas. Bearing ini juga berfungsi untuk meredam kejutan yang dialami oleh roda sehingga apabila kendaraan sering melintas di jalan yang jelek, maka bearing menjadi cepat rusak.

bentuk bearing atau laher (motorplus-online.com)

bentuk bearing atau laher (motorplus-online.com)

Ciri-ciri bearing yang mengalami kerusakan adalah roda terasa bergoyang ketika kendaraan sedang berjalan, kadang-kadang terasa seperti ada bunyi dari gesekan. Untuk penggantian bearing lebih bagus jika diganti sepasang sekaligus.

  • Velg

Velg sepeda motor yang umum dikenal ada dua jenis yaitu jenis CW (cast wheel) atau lebih terkenal dengan nama velg racing dan jenis SW (spoke wheel) atau lebih dikenal dengan nama velg jari-jari.

ilustrasi velg (pic. mpm-motor.co.id)

ilustrasi velg (pic. mpm-motor.co.id)

Untuk velg jenis CW jenis kerusakan yang sering terjadi adalah penyok, retak atau pecah. Untuk kerusakan berupa penyok atau pecah biasanya akan terlihat dengan jelas, tetapi apabila kerusakan berupa retak yang halus atau kecil perlu diperiksa secara teliti. Kerusakan berupa penyok yang tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki dengan cara di press meskipun kebanyakan tidak kembali 100%, tetapi bisa digunakan lagi.

Velg SW apabila sering menghantam lubang biasanya menjadi peang atau tidak simetris, meskipun tidak menutup kemungkinan pada Velg SW yang berbahan alumunium atau Velg variasi mengalami kerusakan berupa patah, atau bengkok parah.

  • Shockbreaker

 

Shockbreaker merupakan komponen yang berguna untuk meredam kejutan pada sepeda motor akibat jalan yang tidak rata dan menjaga kestabilan sehingga memberikan kenyamanan pada pengendara. Kerusakan yang paling sering terjadi pada shockbreaker adalah kebocoran oli, hal ini ditandai dengan adanya rembesan oli pada tabung shockbreaker. Selain kebocoran oli, shockbreaker juga bisa mengalami kerusakan pada mekanisme pegasnya, atau lebih dikenal dengan shock sudah mati.

  • Komstir
komstir (otomotifnet.com)

komstir (otomotifnet.com)

Komponen selanjutnya yang harus diperiksa adalah komstir. Apabila motor sering menghantam lubang, setelan komstir bisa berubah atau bisa juga oblak. Kerusakan pada komstir ditandai dengan adanya gejala abnormal ketika motor dikendarai seperti berbunyi bletak ketika menghantam lubang, stang susah dibelokkan atau ada gejala membuang.

Apabila stelan komstir hanya kendor, maka cukup dikencangkan lagi sampai mencapai posisi yang pas karena stelan yang terlalu kencang juga tidak bagus. Selain distel kekencangannya periksa juga mangkuk (inner race & outer race) dan pelornya. Apakah ada goresan atau pecah. Komstir yang mengalami kerusakan cukup parah biasanya harus diganti semua satu set berupa mangkuk beserta pelornya.

  • Ban
Patern FDR Spartax

ilustrasi ban luar

Meskipun secara umum ban jarang mengalami kerusakan secara langsung akibat menghantam lubang kecuali pada beberapa kasus khusus, tetapi ada beberapa kerusakan yang dialami oleh ban jika sering digunakan melintas di jalan yang rusak antara lain :

  1. Keausan pada permukaan ban menjadi tidak merata, dan membuat ban menjadi benjol.
  2. Ban juga bisa pecah-pecah atau sobek
  3. Ban bocor & kempes
  • Bodi motor

Kerusakan pada bodi motor biasanya berlangsung cukup lama dan biasanya berawal dari baud-baud yang kendor sehingga membuat bodi menjadi bergetar dan menimbulkan bunyi. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada bodi yang pecah akibat menghantam lubang dengan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa komponen yang banyak mengalami kerusakan karena kendaraan sering digunakan melintas di jalan yang rusak. Apakah sobat semua sering melintas di jalan yang jelek ?

salam dari desa ๐Ÿ˜‰

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Perawatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

47 Balasan ke Inilah Bagian Yang Harus Diperiksa Jika Motor Sering Menghantam Lubang

  1. Kobayogas berkata:

    Sumber? ๐Ÿ™‚

    Suka

  2. ardiantoyugo berkata:

    Bearing belakang udah pernah rontok sekali… :mrgreen:

    Fungsi winglet: http://wp.me/p1eQhG-154

    Suka

  3. andhi2010 berkata:

    Bearing syukur belum, tapi habis velg 3 , shock depan 2 pasang dan sock belakang 4 pasang.
    (klo ga salah ingat ya)

    Suka

  4. Alki Rahmatullah berkata:

    Nah.. pas banget nih mang nde bikin artikel ginian. motorku kemaren ngantem lubang,gk terlalu dalam tapi dlm keadaan kenceng ๐Ÿ˜ฆ sekarang oglak oglek gitu jalannya,apanya ya kira2?:( velg gak retak ataupun geol pas dicek.. galau saya ๐Ÿ˜ฆ

    https://alkirahmatullah.wordpress.com/2015/04/05/kisah-inspiratif-riding-adalah-semangat-yang-tak-ada-habisnya-bagi-bikers-sejati/

    Suka

  5. Alki Rahmatullah berkata:

    Btw.. kenapa left grup mang XD

    Suka

  6. balimotorider berkata:

    nganu pake laher atau bearing nya diesel biar awet…..
    http://balimotorider.com/2015/04/06/astrea-grand-japstyle/

    Suka

  7. kalau berasa kagak simbang … ?

    Suka

  8. Zhavira Syarifa berkata:

    kalau berasa kagak seimbang ?

    Suka

  9. baru aja beli shock yss gplus harganya 800 rb, tp krn kondisi jalan menuju tempat kerja jelek dan sering menghantam lubang di speed enampuluh kpj jd parno sendiri shock blkg takut bocor ๐Ÿ˜€ durabilitas yss kalo sering lewat jalan ga rata dan jelek gimana ya?

    Suka

  10. akhmad arman berkata:

    Numpangg…saat roda belakng di pasang seperti ada suara gesekan bangg, tapi klu rodanya di lepas rpm tinggi suaranya hilang bang, kira kira nii motor laher roda yg kalah abangg??

    Suka

  11. Alfa berkata:

    Kondisi jlan rumah sya bnyk lubang dan jalanan gak rata (maklum rumah saya di desa). Pdhl motor bru bbrpa bulan dipake tp susah sering goyang kalo dibwa jalan. ban aman sja. Kira2 hrus gimana ya sya galau

    Suka

  12. niepus berkata:

    Kemarin motor beat sy klo lewat jalan gk rata gitu roda berasa kayak batu, keras, tp bukan dari ban angin kkencengan. Kira2 apa ya? Sebelumnya pernah kena lobang. Td akhirnya ganti komstir tp baru dibawa jln ko agak beda ya, lebih enak sebelum diganti.

    Suka

  13. Ade berkata:

    mantep nih gan, info yang menarik kebetulan kadang – kadang suka ngelindes lubang hehe
    http://otodrift.com/30-modifikasi-toyota-agya-tipe-trd-s-g-e-terbaru/

    Suka

  14. RifqiSA berkata:

    infonya bermanfaat banget nih masbro (Y)

    Suka

  15. anakmotoran berkata:

    Motor z250 gan, cek rante juga gak kendor soalnya

    Suka

  16. Riska berkata:

    Nice gan… barusan motor mendadak mati. Searching2 eh nemu artikel ini. nambah pengetahuan dan nambah informasi mengenai masalah di motor saya. Ngomong2 saya sering nabrak lubang cukup dalam, kecepatan rata2 diatas 80km/jam. Maklum, kalo pulang kampung naik motor. Motor jadi bunyi kalo di gas, trus juga jadi ga bertenaga.
    Sekalian tanya gan, kalo ban matic sering bocor tu kenapa ya? Terutama ban blkng. Motor saya honda beat

    Suka

    • ndesoedisi berkata:

      sama-sama, makasih dah mampir, yang bunyi pas digas apanya ? bunyinya gimana ? ban belakang tubeless apa biasa ? kalo pake ban dalam biasanya ban luarnya menggigit ban dalam jadi bocor terus meskipun dah ditambal ๐Ÿ˜€

      Suka

  17. Bimo berkata:

    kalau saya komstir pernah ganti 2x dalam sebulan ๐Ÿ˜ฆ gara2 pasang dibengkel pinggir jalan & barangnya ga jelas padahal harganya ampir sama dengan yg ori, baru bener pas dibawa ke beres & beli disana ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

  18. Taras berkata:

    Terimakasih ilmu nya

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s