Inilah Bagian Yang Harus Diperiksa Jika Motor Sering Menghantam Lubang

Ndesoedisi.com-apa kabar sobat semua ? Akhirnya setelah beberapa hari blog ini terbengkalai karena ada kesibukan lain. Senang rasanya Nde bisa kembali menulis artikel. Untuk mengawali artikel di bulan April ini Nde membuat artikel ringan tentang motor (padahal artikel blog ini juga artikel ringan semua πŸ˜† )

Infrastruktur jalan yang jelek jika setiap hari dilalui oleh pengguna jalan tentu saja berdampak terhadap durabilitas kendaraan yang melintas. Kendaraan baik berupa motor atau mobil tentu saja akan lebih cepat mengalami kerusakan di bagian kaki-kaki apabila dibandingkan dengan kendaraan yang digunakan di jalanan yang bagus.

ilustrasi jalan jelek
ilustrasi jalan jelek

Bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa jika motor yang kita gunakan sering melintas di jalan yang jelek? Mari kita simak bersama-sama πŸ™‚

  • Bearing atau laher

Bearing atau laher merupakan komponen penghubung antara tromol dengan as roda sehingga memungkinkan roda untuk berputar dengan bebas. Bearing ini juga berfungsi untuk meredam kejutan yang dialami oleh roda sehingga apabila kendaraan sering melintas di jalan yang jelek, maka bearing menjadi cepat rusak.

bentuk bearing atau laher (motorplus-online.com)
bentuk bearing atau laher (motorplus-online.com)

Ciri-ciri bearing yang mengalami kerusakan adalah roda terasa bergoyang ketika kendaraan sedang berjalan, kadang-kadang terasa seperti ada bunyi dari gesekan. Untuk penggantian bearing lebih bagus jika diganti sepasang sekaligus.

  • Velg

Velg sepeda motor yang umum dikenal ada dua jenis yaitu jenis CW (cast wheel) atau lebih terkenal dengan nama velg racing dan jenis SW (spoke wheel) atau lebih dikenal dengan nama velg jari-jari.

ilustrasi velg (pic. mpm-motor.co.id)
ilustrasi velg (pic. mpm-motor.co.id)

Untuk velg jenis CW jenis kerusakan yang sering terjadi adalah penyok, retak atau pecah. Untuk kerusakan berupa penyok atau pecah biasanya akan terlihat dengan jelas, tetapi apabila kerusakan berupa retak yang halus atau kecil perlu diperiksa secara teliti. Kerusakan berupa penyok yang tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki dengan cara di press meskipun kebanyakan tidak kembali 100%, tetapi bisa digunakan lagi.

Velg SW apabila sering menghantam lubang biasanya menjadi peang atau tidak simetris, meskipun tidak menutup kemungkinan pada Velg SW yang berbahan alumunium atau Velg variasi mengalami kerusakan berupa patah, atau bengkok parah.

  • Shockbreaker

 

Shockbreaker merupakan komponen yang berguna untuk meredam kejutan pada sepeda motor akibat jalan yang tidak rata dan menjaga kestabilan sehingga memberikan kenyamanan pada pengendara. Kerusakan yang paling sering terjadi pada shockbreaker adalah kebocoran oli, hal ini ditandai dengan adanya rembesan oli pada tabung shockbreaker. Selain kebocoran oli, shockbreaker juga bisa mengalami kerusakan pada mekanisme pegasnya, atau lebih dikenal dengan shock sudah mati.

  • Komstir
komstir (otomotifnet.com)
komstir (otomotifnet.com)

Komponen selanjutnya yang harus diperiksa adalah komstir. Apabila motor sering menghantam lubang, setelan komstir bisa berubah atau bisa juga oblak. Kerusakan pada komstir ditandai dengan adanya gejala abnormal ketika motor dikendarai seperti berbunyi bletak ketika menghantam lubang, stang susah dibelokkan atau ada gejala membuang.

Apabila stelan komstir hanya kendor, maka cukup dikencangkan lagi sampai mencapai posisi yang pas karena stelan yang terlalu kencang juga tidak bagus. Selain distel kekencangannya periksa juga mangkuk (inner race & outer race) dan pelornya. Apakah ada goresan atau pecah. Komstir yang mengalami kerusakan cukup parah biasanya harus diganti semua satu set berupa mangkuk beserta pelornya.

  • Ban
Patern FDR Spartax
ilustrasi ban luar

Meskipun secara umum ban jarang mengalami kerusakan secara langsung akibat menghantam lubang kecuali pada beberapa kasus khusus, tetapi ada beberapa kerusakan yang dialami oleh ban jika sering digunakan melintas di jalan yang rusak antara lain :

  1. Keausan pada permukaan ban menjadi tidak merata, dan membuat ban menjadi benjol.
  2. Ban juga bisa pecah-pecah atau sobek
  3. Ban bocor & kempes
  • Bodi motor

Kerusakan pada bodi motor biasanya berlangsung cukup lama dan biasanya berawal dari baud-baud yang kendor sehingga membuat bodi menjadi bergetar dan menimbulkan bunyi. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada bodi yang pecah akibat menghantam lubang dengan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa komponen yang banyak mengalami kerusakan karena kendaraan sering digunakan melintas di jalan yang rusak. Apakah sobat semua sering melintas di jalan yang jelek ?

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

48 pemikiran pada “Inilah Bagian Yang Harus Diperiksa Jika Motor Sering Menghantam Lubang

  1. baru aja beli shock yss gplus harganya 800 rb, tp krn kondisi jalan menuju tempat kerja jelek dan sering menghantam lubang di speed enampuluh kpj jd parno sendiri shock blkg takut bocor πŸ˜€ durabilitas yss kalo sering lewat jalan ga rata dan jelek gimana ya?

    Suka

  2. akhmad arman

    Numpangg…saat roda belakng di pasang seperti ada suara gesekan bangg, tapi klu rodanya di lepas rpm tinggi suaranya hilang bang, kira kira nii motor laher roda yg kalah abangg??

    Suka

  3. Alfa

    Kondisi jlan rumah sya bnyk lubang dan jalanan gak rata (maklum rumah saya di desa). Pdhl motor bru bbrpa bulan dipake tp susah sering goyang kalo dibwa jalan. ban aman sja. Kira2 hrus gimana ya sya galau

    Suka

  4. Kemarin motor beat sy klo lewat jalan gk rata gitu roda berasa kayak batu, keras, tp bukan dari ban angin kkencengan. Kira2 apa ya? Sebelumnya pernah kena lobang. Td akhirnya ganti komstir tp baru dibawa jln ko agak beda ya, lebih enak sebelum diganti.

    Suka

      1. anakmotoran

        misi gan mau sharing
        motor ane tiba2 suka bunyi di bagian bawah jadi pas lepas gas pas roda masih jalan ada bunyi kayak tek…tek…tek kayak ada yg nyangkut gitu itu kira2 kenapa yaa?

        Suka

  5. Riska

    Nice gan… barusan motor mendadak mati. Searching2 eh nemu artikel ini. nambah pengetahuan dan nambah informasi mengenai masalah di motor saya. Ngomong2 saya sering nabrak lubang cukup dalam, kecepatan rata2 diatas 80km/jam. Maklum, kalo pulang kampung naik motor. Motor jadi bunyi kalo di gas, trus juga jadi ga bertenaga.
    Sekalian tanya gan, kalo ban matic sering bocor tu kenapa ya? Terutama ban blkng. Motor saya honda beat

    Suka

    1. sama-sama, makasih dah mampir, yang bunyi pas digas apanya ? bunyinya gimana ? ban belakang tubeless apa biasa ? kalo pake ban dalam biasanya ban luarnya menggigit ban dalam jadi bocor terus meskipun dah ditambal πŸ˜€

      Suka

  6. kalau saya komstir pernah ganti 2x dalam sebulan 😦 gara2 pasang dibengkel pinggir jalan & barangnya ga jelas padahal harganya ampir sama dengan yg ori, baru bener pas dibawa ke beres & beli disana 😦

    Suka

  7. ROCHMAN ECCO SUSPENSION

    update harga
    add Fb saya ud rochmanjaya utk liat cara pasangnya
    Solusi shock belakang yang :
    – BOCOR olinya
    – Bunyi NJEDAK !!.. d polisi tidur
    – Buat belok Nyliut/ mbuang kyak ban GEMBOS pdhal BAN udah keras
    – Bunyi nyit nyit
    – Patah kena lubang
    hubung Ecco suspensi WA 0857-3019-3167
    lokasi Perum Kahuripan Nirwana blok CA IX / 58 sidoarjo jatim bisa ke TKP lngsung
    Jg trsedia di Tokopedia atau bukalapak – Shopee jg ready
    0- Supra x 100 = > 85rb/ set
    1- Grand ,Kirana ,Legenda => 85 rb/set
    2- Supra X 125 ,Revo2008, Karisma === > 85 rb/set
    3- Beat lama, Vario lama scopyy KARBU === > 65 rb
    4- Beat Fi , Vario Fi 110 cc SCOOPY injeksi = > 70 rb
    6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 —> 120 rb
    7- Vario 125 , Vario 150 == >75 rb
    Yamaha
    0- Xeon rc, Xeon GT == > 65 rb
    1- Vega R, Cripton , Jupiter2001== > 80 rb
    2- Mio , Soul , fino== > 65 rb
    3- Vega R New , Jupiter Z == > 80 rb/set
    4- Vega ZR , Jupiter Z New == > 85 rb/set
    5. Jupiter MX == > 175 rb
    6- Vixion == > 225rb
    7. N MAX == > 175 kanan kiri
    8.Nouvo Z == > 85 sepasang
    Suzuki
    1- Shogun R110, Smash lama== > 85 rb/set
    2- Shogun R 125 == > 120 rb/set
    3- Spin Sky drive == > 75 rb
    4. Satria FU == > 200rb
    5. Smash R == > 120rb sepasang
    6- Nex ===> 65 rb
    Kawasaki
    1- ZX 130 , Blitz R ==> 120 rb
    HONDA YAMAHA SUZUKI KAWASAKI SHOCKBREAKER SHOCK ABSORBER MOTOR MATIC BEBEK SEKOK SKOK BOCOR RUSAK PATANG NJEDAK AMBLES REBOUND AHASS BERES BENGKEL GROSIR MURAH TERMURAH AWET ORIGINAL GENEUINE OEM CKD SUPRA BEAT MIO XEON SOUL REVO VARIO SCOOPY SPACY INJEKSI SMASH SHOGUN TITAN NEX SKYDRIVE KARBURATOR ADDRESS JUPITER VEGA SUSPENSI REAR ASSY

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s