Salut Sama Yamaha Berani Mengajak Perang Harga

Ndesoedisi.com-Yamaha benar-benar membuat kejutan di tahun 2015 ini. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Mio M3 125, N Max, dan Soul GT 125 Bluecore, Jupiter MX King juga dibandrol dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya, kalaupun harga sama, maka kubikasi lebih besar, atau ada fitur bersaing.

LOGO YAMAHADitengah gencarnya serangan yang dilakukan oleh AHM, Yamaha mencoba menerobos kepungan tersebut dengan memberikan kelebihan kubikasi dan fitur dengan harga sama atau lebih murah. Disini Nde tertarik untuk membahas masalah tersebut, karena setiap keputusan pasti akan ada dampaknya baik itu positif maupun negatif, seperti apakah efeknya ? Mari kita bahas bersama-sama.

Dengan harga murah, tujuan utama adalah penjualan akan meningkat, dan efeknya mulai terasa, dimulai dari Mio M3 125 yang mulai banyak berlalu lalang di jalan, kedepannya Nmax pun digadang-gadang akan laris manis. Jika penjualan meningkat maka permintaan barang  juga meningkat dan produksi akan digenjot. Sampai disini efeknya masih positif. Jika Yamaha merupakan pemain tunggal di industri otomotif hal tersebut adalah sesuatu yang sangat menggembirakan. Pertanyaannya bagaimana jika AHM merespon tantangan Yamaha berperang harga ?

Jika AHM langsung merespon tantangan Yamaha untuk berperang harga, maka AHM juga akan mengalami hal yang sama yaitu penjualan meningkat, permintaan meningkat, dan produksi digenjot. Dan konsumen akan dihadapkan pada beberapa pilihan dengan fitur & harga yang bersaing. Jika ada produk yang memiliki fitur dan harga bersaing maka kapasitas produksi dan suplai menjadi hal yang sangat penting. Karena konsumen akan berpikir untuk apa inden lama jika ada produk yang setara ready stok.

Berbicara kapasitas produksi, maka kapasitas produksi AHM saat ini lebih besar yaitu sekitar 5,3 juta unit pertahun dibandingkan dengan Yamaha sekitar 2,53 juta unit . Kapasitas produksi AHM yang lebih besar karena didukung oleh plan 4 yang sudah beroperasi dari pertengahan tahun 2014 dan plan 5 yang sedang dibangun.

Plan 4 AHM 3 bulan yang lalu
Plan 4 AHM 3 bulan yang lalu

Ini Foto Plan 4 atau Plan 5 AHM ?

Untuk itulah mengapa Nde salut dengan Yamaha, karena sudah berani menantang AHM untuk berperang harga, tentu saja Yamaha pasti sudah memikirkan segala akibat yang bisa terjadi dan apabila tidak ada penurunan kualitas, maka yang paling diuntugnkan adalah konsumen. Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

Iklan

21 pemikiran pada “Salut Sama Yamaha Berani Mengajak Perang Harga

  1. paimin

    Harga murah,kubikasi mesin lebih gede,harga disini ngomong soal durabiliti dan kwalitas,mesin lebih gede kok ngos ngosan lawan cc kecil punya kompetitor 😂

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s