Selamat Jalan Pak Tatang, Legenda Sniper Indonesia Yang Diakui Dunia

Ndesoedisi.com-Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, baca berita pagi ini, Nde dikejutkan oleh berita meninggalnya Pak Tatang Koswara (68 th) setelah tampil di acara Hitam Putih pada hari selasa malam 3 maret 2015. Pak Tatang pada masa tugasnya adalah seorang Sniper andalan TNI di berbagai medan perang.

Tatang Koswara (pic: Formil Kaskus)
Tatang Koswara (pic: Formil Kaskus)

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia lebih mengenal Tom Berenger aktor pemeran film Sniper dibandingkan dengan sosok Pak Tatang, tetapi dibalik kesederhanaanya itu reputasi beliau justru diakui oleh dunia 😎 . Nama beliau tercantum dalam buku Sniper Training, Techniques and Weapons karya Peter Brookesmith, yang terbit pada tahun 2000, nama Tatang berada di urutan ke-14 sniper hebat dunia. Di situ disebutkan, dalam tugasnya, Tatang berhasil melumpuhkan 41 target orang Fretilin.

“Itu sebetulnya cuma dalam satu misi operasi. Saya pernah tiga kali menjalankan misi, termasuk seorang diri,” ujar pemilik sandi S-3 alias Siluman 3 ini. Kata “siluman” dimaksudkan karena misi yang diembannya bersifat sangat rahasia, sementara angka 3 merujuk pada peringkat yang didapatnya saat mengikuti pendidikan sniperdari Kapten Conway, anggota Green Berets Amerika Serikat, pada 1973. Menurut Tatang, setiap kali menjalankan misi, ia biasanya dibekali 50 butir peluru. Dari jumlah itu, cuma satu yang boleh tersisa untuk digunakan pada dirinya sendiri bila dalam kondisi terjepit.

“Saya biasa membidik kepala. Cuma sekali saya menembak bagian jantung, dia pembawa alat komunikasi. Sekali tembak, alat komunikasi rusak, orangnya pun langsung ambruk,” kata Tatang, yang biasa menggunakan senjata laras panjang Winchester M-70 selama bertugas. Senjata ini mampu membidik sasaran hingga jarak 900-1.000 meter.

Winchester M70 andalan Pak  (pic: wikipedia)
Winchester M70 andalan Pak (pic: wikipedia)

Keahlian Pak Tatang menembak didapatkan secara alami terlatih sejak remaja karena terbiasa membantu orang tuanya berburu bagong (babi hutan). Bidikan senapan locoknya nyaris tak pernah meleset. Dalam berburu babi hutan Pak Tatang lebih suka menyendiri, berbeda dengan warga lain yang bergerombol. Beliau juga sengaja mengejar babi yang lari ke hutan. Menurut beliau sasaran yang bergerak itu lebih menantang. Dan kebiasaan itu terbawa saat memburu Fretilin di Timtim.

Salah satu trik unik yang dilakukan oleh Pak Tatang untuk mengelabui pasukan patroli musuh adalah menggunakan sepatu khusus dengan alas (sol sepatu) yang terbalik sehingga jejak yang ditinggalkan menjadi berbalik arah. Sebagai orang Cibaduyut yang terkenal sebagai daerah penghasil Sepatu, tidak lah aneh jika pak Tatang mampu membuat sepatu sendiri.

Pak Tatang pensiun dengan pangkat Pembantu Letnan Satu (Peltu) pada tahun 1994. Untuk menyambung hidup, beliau membuka warung makan di lingkungan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD. Aktivitas lainnya adalah sesekali memberi latihan tembak kepada para prajurit di kesatuan-kesatuan elite TNI AD maupun angkatan lainnya. Hal itu dilakukan untuk menambah uang pensiunan yang tak seberapa. Pak Tatang dan Ibu Tati Hayati menikah pada 1968, dan tinggal di sebuah rumah sederhana di Cibaduyut. Di ruang tamu yang sederhana itulah berjejer sejumlah medali, sertifikat, dan brevet tanda pendidikan yang diikutinya.

DARAHKU DI MERAH PUTIH (kata-kata terakhir beliau sebelum meninggal dunia)

Akhir kata, selamat jalan Pak Tatang, semoga semua amal ibadahmu diterima oleh Allah SWT…. Amin

sumber :

salam dari desa 😦

Iklan

22 pemikiran pada “Selamat Jalan Pak Tatang, Legenda Sniper Indonesia Yang Diakui Dunia

  1. I don’t even know the way I finished up here, but I assumed
    this submit used to be good. I don’t understand who
    you are however definitely you’re going to a famous blogger should you aren’t already.
    Cheers!

    Suka

  2. I do not even know tthe way I finished up right here, but I assumed this put up used
    to bbe great. I do not realize whoo you’re but definitely you’re going to a famous
    blogger when youu aren’t already. Cheers!

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s