Otomotif Adalah Industri Strategis, Harus Ada Campur Tangan Pemerintah

Ndesoedisi.com-artikel ini merupakan artikel lanjutan tentang sebuah mimpi akan industri otomotif nasional. Salah satu hal yang sangat diperlukan dalam mengembangkan industri otomotif nasional adalah dukungan penuh dari pemerintah. Mengapa ?

Gambar dari formil Kaskus

Peluncur Roket di Truk Perkasa

Ada beberapa jawaban yang saling terkait mengenai hal tersebut antara lain :

  • Industri otomotif membutuhkan modal yang besar

Untuk membangun Industri otomotif  dibutuhkan modal yang sangat besar. Dengan campur tangan dari pemerintah maka pengucuran dana kredit usaha akan lebih mudah dilaksanakan.

  • Mobnas awalnya harus digunakan sebagai kendaraan operasional lembaga pemerintah.

Dimanapun yang namanya perusahaan baru dibuat atau baru berkembang tentu saja harus menghadapi persaingan dari perusahaan lain yang sudah mapan. Sebagai produk baru yang belum dikenal luas oleh masyarakat, mobnas harus dipergunakan sebagai kendaraan operasional lembaga negara. Hal tersebut bertujuan agar selama masa pertumbuhan industri otomotif, ada kepastian bahwa produksi mobil nasional ada yang membeli sekaligus sebagai sarana promosi gratis.

Masa-masa tersebut adalah masa yang sangat krusial, karena dimasa itu bisa dipastikan sebuah produk belum sempurna, dengan kepastian bahwa produk akan dibeli oleh negara, maka perusahaan pun punya waktu & dana untuk melakukan perbaikan kualitas suatu produk. Jika hanya mengandalkan konsumen biasa, maka begitu membeli suatu produk yang masih kurang sempurna, selanjutnya konsumen tersebut akan kapok, akibatnya tentu bisa ditebak bahwa perusahaan tersebut tidak akan berumur panjang karena produknya tidak laku dipasaran.

Jika mobil nasional sudah banyak digunakan oleh lembaga negara, otomatis ada dana untuk melakukan riset perbaikan produk dibidang kualitas, selain itu 3S atau sales, service, dan sparepart dari produk tersebut juga sudah mulai terjamin. Disaat 3S mulai terjamin, maka konsumen biasa akan membeli produk tersebut.

  • Industri Otomotif adalah salah satu komponen pertahanan negara

Inilah tujuan jangka panjang dari sebuah industri otomotif yaitu mendukung industri pertahanan negara. Suatu negara akan disegani oleh negara lain jika mampu mengembangkan alat utama sistem senjata (alutsista) sendiri. Mobilitas pasukan didarat tentu saja membutuhkan kendaraan. Alutsista seperti tank, panser dsb membutuhkan mesin-mesin penggerak, disinilah industri otomotif memainkan perannya.

Anoa buatan Pindad

Anoa buatan Pindad

Salah satu produk alutsista buatan Indonesia adalah Anoa yaitu kendaraan pengangkut personel atau lebih dikenal dengan nama APC (Armoured Personnel Carrier). Anoa ini meskipun diproduksi oleh PT. Pindad, tetapi mesin yang digunakan masih buatan luar yaitu Renault MIDR 062045 diesel turbo-charged 6 silinder inline dengan paket pendingin Behr. Mesin tersebut mampu menghasilkan power sebesar 320 Hp.

Seandainya Indonesia diembargo oleh negara produsen mesin tersebut, dan ada anoa yang mengalami kerusakan mesin, maka Anoa tersebut akan mangkrak karena kekurangan suku cadang, dalam kondisi damai seperti ini mungkin masih bisa mencari sparepart alternatif, tetapi bagaimana jika dalam kondisi perang ? Dan negara kita sedang dikepung oleh musuh ?

Selain masalah embargo, Anoa juga rawan diprotes ketika akan diekspor. Contoh nyata adalah adanya protes dari pihak Renault ketika kita akan mengekspor Anoa tersebut ke negara lain, karena Perancis sendiri juga memproduksi APC yaitu VAB Perancis (berita disini).

Ceritanya seperti diatas tentu tidak akan dialami oleh negara kita jika mempunyai industri otomotif sendiri. Keuntungan lain adalah kita bisa membuat kendaraan tempur yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi medan yang ada di negara kita sehingga menambah efek deterrent terhadap negara lain.

Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa 😉

artikel tentang mobnas yang lain :

Iklan

Tentang ndesoedisi

Rural's Automotive Story|Cerita Otomotif Dari Pedesaan
Pos ini dipublikasikan di Nasionalisme dan tag , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Otomotif Adalah Industri Strategis, Harus Ada Campur Tangan Pemerintah

  1. cadoxs berkata:

    Susahnya orang yg punya kemampuan untuk itu kayak ga pernah di hargai dan akhirnya hijrah kenegara lain yg lebih menjajikan karir dan penghasilannya

    Suka

  2. I bloog often annd I truly thank you for your information. This article has really peaked my interest.

    I will take a note of your site and keep checking
    for new details about once per week. I subscribed to
    your RSS feed as well.

    Suka

  3. Hey just wanted to give you a quick heads up and let you kno a few oof the images aren’t
    loading correctly. I’m not sure why but I think its a linking issue.

    I’ve tried it in two different internet browsers annd bth show the same results.

    Suka

  4. Ping balik: Mengenang Perkasa (Texmaco), Pabrikan Chassis dan Mesin Bus Asli Indonesia | Ndesoedisi

  5. Ping balik: Memori Video Texmaco Engineering Division Corporate | Ndesoedisi

  6. Ping balik: Jasmerah Produk Otomotif Nasional & Konspirasi Masalah Yang Dihadapi | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s