Seorang Karyawati PT. Young Won Subang Meninggal Di Pabrik

Ndesoedisi.com-Artikel kali ini tidak ada hubungannya dengan dunia otomotif, tetapi tidak ada salahnya Nde share sebagai pelajaran untuk kita semua. Sebuah berita duka Nde terima sore tadi sepulang kerja. Salah satu kerabat Nde yang bekerja di PT. Young Won tadi sore meninggal dunia di pabrik. PT. Young Won Indonesia adalah sebuah pabrik garmen yang beralamat di Kampung Ciomas RT. 09 / RW 05 Desa Karangmukti Kecamatan Cipeundeuy Subang Jawa Barat, atau sekitar 1 km dari rumah Nde.

ilustrasi karyawati meninggal (pic: google)
ilustrasi karyawati meninggal (pic: google)

Menurut kabar, almarhumah Yuni hari ini tetap masuk kerja meskipun dalam kondisi kurang sehat. Pada pukul 15.00 almarhumah meminta izin kepada atasannya karena demam dan merasa pusing, tetapi katanya tidak diberi ijin meninggalkan pabrik, hal ini diketahui dari pesan singkat yang dikirimkan oleh almarhumah kepada suaminya dan keterangan dari teman kerja almarhumah.

Almarhumah pun melanjutkan pekerjaannya. Sekitar pukul 17.00 almarhumah pingsan dan langsung dilarikan ke RS. Indosehat di Cipeundeuy yang berjarak 4 km dari pabrik, tetapi ternyata almarhumah tidak tertolong. Menurut diagnosa dokter, almarhumah meninggal karena serangan jantung. Almarhumah meninggalkan suami dan seorang putri yang berumur 2 tahun lebih.

Masalah ijin meninggalkan pekerjaan kadangkala merupakan sebuah masalah tersendiri. Setiap perusahaan atau lebih tepatnya atasan mempunyai pandangan yang berbeda-beda, banyak karyawan yang mengeluh karena perusahannya sangat ketat dalam memberikan izin tetapi banyak pula perusahaan yang longgar dalam memberi izin kepada karyawannya.

Pengalaman Nde sewaktu kerja di sebuah perusahaan sparepart otomotif di Cikarang memang memberlakukan peraturan dengan ketat, sangat sulit untuk mendapatkan ijin pulang tanpa alasan yang benar-benar kuat, bahkan sering kejadian dimana seorang operator yang sakit diberikan obat, lalu disuruh istirahat selama 2 jam setelah itu diperintahkan untuk bekerja kembali, hal itu dilakukan demi mengejar target produksi yang tinggi. Karena sering bertemu dengan hal-hal yang bertentangan dengan hati nurani akhirnya Nde memilih mengundurkan diri. Sangat berbeda dengan kondisi tempat kerja Nde sekarang yang lebih mudah dalam mendapatkan ijin meninggalkan kantor.

Perusahaan menerapkan peraturan yang ketat juga bukan tanpa alasan karena masing-masing perusahaan tentu punya pertimbangan sendiri, salah satunya adalah karena adanya karyawan yang “nakal”. Tetapi apapun itu, seharusnya atasan juga harus bersikap bijaksana & peduli dengan kondisi anak buahnya. Orang yang sehat dengan orang yang sakit tentu saja terlihat berbeda.

Akhir kata, semoga semua amal ibadah almarhumah diterima di sisi-Nya.

salam dari desa 😉

Iklan

60 pemikiran pada “Seorang Karyawati PT. Young Won Subang Meninggal Di Pabrik

  1. Reblogged this on PEYSBLOG and commented:
    Tragis sekali nasib seorang Karyawati ini, ia meninggal akibat otoriternya pihak perusahaan. Bantuu share brosist, agar sepupu mang Nde (ndesoedisi.com) tenang di alamnya dan “aturan main” perusahaan yang terlalu ketat

    Suka

    1. ojobkuayutursolehatporakolod

      Hidup lebih berharga daripada sekedar habis-habisan ….. sy dulu kerja PMA (dilihat dr namanya, mgkin berasal dr negara yg sama dg pabrik diatas) …… ketat memang (bisa dibilang tragis), 3,5 thn baru boleh ambil cuti pas mau 1 bulan sbelum resign….. sering lembur sabtu minggu g terima duit ….prnah 30jam ga tidur cm buat trial produksi & lsg disuruh lanjut kerja, akhirnya jam 10 pagi esok harinya sy lari dr kantor, tidur d kosan 😀

      Suka

  2. AMIN…
    meninggal bukanlah hal yang menakutkan, karna yang hidup pasti mati. seharusnya kita selalu bersiap diri. kenapa kita bersedih untuk orang yang sudah meninggal? mereka telah menjalani ujiannya, dan sekarang adalah ujian kita!

    Suka

  3. Reblogged this on macantua and commented:
    Macantua.com – membaca artikel ini bikin ane yang juga bekerja sebagai “buruh” merasa marah. Bagaimana tidak, kondisi fisik yang sudah dirasakan pekerja tidak baik masih tidak diijinkan untuk meninggalkan pekerjaan. Kalau hanya karena sebuah pekerjaan harus sampai mengorbankan kesehatan karyawan apalagi berakibat fatal pada karyawannya seperti ini apa bedanya dengan jaman penjajahan??? Kerja rodi???,romusha??? Yang berbeda mungkin saat ini dikemas dalam “packaging” yang lebih modern. Kalau begini perusahaan ini SANGAT PANTAS untuk di DEMO!!!! Kalau perlu tutup!!!!!

    Sebagai sesama “buruh” pekerja yang sama sama bekerja dengan pihak asing ane mendoakan beliau agar diterima di sisi Nya dan diampuni segala kesalahannya. Mudah mudahan kejadian seperti ini tidak terulang kembali di dunia manufacture manapun di Indonesia. Agar tidak ada lagi korban korban lainnya….Aamiin ya Robbalalamiin…..

    Suka

  4. Reblogged this on Ferboes.com and commented:
    Menurut kabar, almarhumah Yuni hari ini tetap masuk
    kerja meskipun dalam kondisi kurang sehat. Pada pukul
    15.00 almarhumah meminta izin kepada atasannya
    karena demam dan merasa pusing, tetapi katanya tidak
    diberi ijin meninggalkan pabrik, hal ini diketahui dari
    pesan singkat yang dikirimkan oleh almarhumah kepada
    suaminya dan keterangan dari teman kerja almarhumah.
    Almarhumah pun melanjutkan pekerjaannya. Sekitar
    pukul 17.00 almarhumah pingsan dan langsung
    dilarikan ke RS. Indosehat di Cipeundeuy yang berjarak
    4 km dari pabrik, tetapi ternyata almarhumah tidak
    tertolong. Menurut diagnosa dokter, almarhumah
    meninggal karena serangan jantung. Almarhumah
    meninggalkan suami dan seorang putri yang berumur 2
    tahun lebih.

    Suka

  5. Reblogged this on viewie white and commented:
    Membaca kabar berita dari seorankawan bloger, bawasannya ada seorang karyawati meninggal dunia di tempanya bekerja, karyawati di PT. Young Won Subang.. awal mula ketika masuk kerja pukul 15.00 mengeluh tidak enak badan, dan memnita izin atasannya agar Almarhumah di izinkan pulang.. namun izin tersebut tidak di berikan,sampai akhirnya pukul 17.00 almarhumah pingsan dan langsung dilarikan ke RS. Indosehat di Cipeundeuy yang berjarak 4 km dari pabrik, tetapi ternyata almarhumah tidak tertolong. Menurut diagnosa dokter, almarhumah meninggal karena serangan jantung. Almarhumah meninggalkan suami dan seorang putri yang berumur 2 tahun lebih.

    Vw tidak habis fikir, bagaimana bisa atasannya tidak memberikan izin ketika seorang bawahannya sakit. ya walaupun mungkin ada saja karyawan nakal yang pura-pura sakit dan meminta izin pulang. namun seharusnya beliau bisa membedakan mana yang benar-benar sakit atau hanya alasan saja. semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi perusahaan lain dan semoga hal ini tidak terulang kembali.. semoga amal ibadah almarhumah di terima di sisi alloh.. amiin..

    Suka

  6. Ping-balik: Seorang Karyawati PT. Young Won Subang Meninggal Di Pabrik | rizkipratama11's Blog

  7. Reblogged this on KobaYogas.COM and commented:
    Sungguh mengenaskan sekali 😦 Masih ada orang yang tak berhati nurani seperti ini. Padahal apa sulitnya menggaji dokter untuk perusahaan untuk menghindari alasan karyawan yang nakal? Sekarang nasi sudah menjadi bubur, semoga almarhumah diterima di sisi Allah SWT, dan yang menyebabkan almarhumah terlambat di tolong akibat tidak mendapat ijin diampuni dosanya dan mendapatkan ganjaran yang setimpal…aminnn YRA

    Suka

  8. Perusahaan seperti itu hrs kita garap ,utk temen2 d Yung Won / keluarga almarhumah silakan berkomunikasi dgn PUK PT AMB (DPC KSPSI Subang)..sy tggu agar segera mendapatkan keadilan …kami segenp Dan keluarga besar PUK SPSI turut berbela subgkawa .

    Suka

  9. Perusahaan seperti itu hrs kita garap ,utk temen2 d Yung Won / keluarga almarhumah silakan berkomunikasi dgn PUK PT AMB (DPC KSPSI Subang)..sy tggu agar segera mendapatkan keadilan …kami segenp Dan keluarga besar PUK SPSI turut berbela sungkawa.

    Suka

  10. Khusus utk keluarga almarhumah kami dr PUK KSPSI subang siap utk membantu demi utk mendapatkan keadilan utk keluarga almarhumah….silakan hubungi kami PUK PT AMB yg berjarak tdk jauh dgn perusahaan yung won.

    Suka

  11. Ping-balik: Seorang Karyawan Ditemukan Meninggal Dunia Di Mess PT. PCP Subang | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s