Siapa Kakak Vario 150 Untuk Menghadapi N Max ?

Ndesoedisi.com-Kemarin sebelum muncul spyshoot Yamaha X Max (artikel disini) hampir semua blogger otomotif roda dua membicarakan tentang penampakan Vario 150. Yang menarik perhatian Nde adalah bagaimana peta permatikan di Indonesia setelah Vario 150 ini keluar karena salah satu kebiasaan yang AHM lakukan adalah menurunkan fitur yang ada dari produk yang diatasnya, atau istilah Nde adalah “fitur kakak sayang adik“, pada Vario 150 ini merupakan perpaduan fitur dari produk diatas dan dibawahnya atau istilahnya “disayang kakak dan adik” artinya diatas Vario 150 pasti ada produk lain yang lebih kaya fitur.

Syshoot Vario 150 (pic pinjem mas IWB)
Spyshoot Vario 150 (pic pinjem mas IWB)

IMHO Vario 150 bukanlah lawan sepadan dari N Max (bener ga sie pakai nama N Max ? πŸ˜€ ) jika dilihat dari segi harga dan desain, karena Vario 150 belum menggunakan model maxi scooter, dan perkiraan harga dibawah 25 juta. Untuk itu Nde mencoba beropini tentang dua opsi yang bisa diambil oleh AHM untuk menghadapi N Max :

  • Melokalkan PCX

Vario 150 memang mempunyai rasa PCX tetapi belum 100%, sehingga ada peluang untuk membuat PCX lokal, dan untuk membedakan dengan yang CBU tentu saja ada beberapa ubahan khas AHM disini, asal bukan downgrade aja ya 😈

  • Membuat Maxi Scooter baru

Bisa jadi kedepan peta persaingan maxi Scooter semakin panas, sehingga AHM perlu membuat sebuah produk baru yang lebih kaya fitur dan berbeda dengan PCX yang ada sekarang. Bukan hal yang mustahil bagi perusahaan sekelas AHM untuk mewujudkan hal tersebut meskipun kemungkinannya lebih kecil.

Disinilah Nde merasa bahwa AHM cukup bisa “mengendalikan permainan” dikelas matik. Alasannya adalah konsumen dan kompetitor seperti “dipaksa” memahami mindset “fitur kakak sayang adik” sehingga fitur apa saja yang bakal ada di matik entry level dan matik mid level lebih mudah ditebak karena merupakan turunan langsung dari varian diatasnya, tetapi sebaliknya akan susah sekali menebak fitur baru apa saja yang akan disematkan pada varian high levelnya.

Jika diibaratkan pasukan perang maka kemampuan dari level prajurit sampai perwira menengah bisa ditebak tetapi untuk perwira tinggi atau jenderalnya kemampuannya masih rahasia :mrgreen: . Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

14 pemikiran pada “Siapa Kakak Vario 150 Untuk Menghadapi N Max ?

  1. blade-in

    Justru pertanyaan harus diajukan ke Yamaha, Mau pake apa YIMM ngadepi Vario150? Usul ane, Vario 150 dilawan YIMM pake GT150 tapi dengan desain lebih premium dari Vario. Ambil misalnya desain ambil punya S-Max155. Dijamin klepek-kelepek tu Vario150!

    Suka

  2. Xmax jooss

    wkwkwkwkwkwkwk gk semudah orang kentut utk melokalkan si PICEX karena kaitannya dgn hak lisensi produksi… info dr org dlm ahm ktnya utk bisa memproduksi si pariot (wario) ahm harus adu jotos dgn homoonda Thailand karena dgn pario dibikin oleh ahm homoonda Thailand stop produksi matic… naahh si PICEX kan dibuat oleh homoonda Vietnam jd kalo PICEX dibikin sm ahm… homoonda Vietnam bikin apa tolol ???? wkwkwkwk ahm memang sdh mampus kookk

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s