Persaingan Panas Antara DOHC VS SOHC Akan Terjadi Di Kelas Bebek Super

Ndesoedisi.com-Pasca diluncurkannya Yamaha Exciter di Vietnam, hampir dapat dipastikan bahwa Jupiter MX-King 150 juga mempunyai spesifikasi yang sama. Efeknya adalah, jika sebelumnya perdebatan para fanboys tentang DOHC vs SOHC hanya berlaku dikelas sport seperti CBSF vs NVL, dan CBR150R vs R15, maka bisa beberapa bulan kedepan, perdebatan akan berlanjut ke kelas bebek super antara Satria 150 F, Jupiter MX King 150, ditambah dengan Honda K56.

Selama ini sebetulnya sudah ada adu performa antara Jupiter MX dengan Satria 150 F, tetapi mengingat Jupiter MX mempunyai kubikasi dan performa yang tidak sebanding membuat Satria 150 F secara umum berada diatas angin apabila dibandingkan dengan Jupiter MX.

gambar dari mansarpost
gambar dari mansarpost

Sependapat dengan yang ditulis oleh Om Mansarpost (disini),Β  setelah Jupiter MX dan Honda Sonic dinaikkan kubikasinya menjadi 150cc barulah menjadi lawan sepadan dari Satria 150 F. Satria 150 F yang telah lama menguasai kelas bebek sport akan dijadikan patokan performa oleh konsumen. Jika performa lawan lebih baik diyakini bakal mampu menggoyang penjualan Satria 150 F, tetapi jika performa lawan masih kalah dibanding satria 150 F maka Suzuki bakal bisa bernafas lebih panjang.

Adu performa itulah yang akan memicu perdebatan penggunanya. Perdebatan spesifikasi power, adu top speed, dan akselerasi dimulai dari adu spesifikasi diatas kertas, di atas meja dyno sampai benar-benar diadu di jalanan bakal terjadi. Adu komentar panas juga bakal mewarnai artikel di blog otomotif roda 2 sampai dengan media sosial. Hal tersebut bisa terjadi karena diperkirakan sebagian besar pengguna motor tersebut adalah para remaja bahkan anak dibawah umur.

Meskipun bakal ada perdebatan panas tentang adu performa, tetapi Nde yakin ada satu hal yang akan menyamakan persepsi remaja tentang ketiga motor tersebut. Apakah itu ? Jawabannya adalah modifikasi menggunakan ban cacing :mrgreen: . Ya tidak salah lagi, modifikasi menggunakan ban cacing sampai saat ini masih menjadi tren di kalangan remaja dan diperkirakan akan menular juga ke bebek sport yang lainnya.

Akhir kata Nde harap pabrikan, blogger dan media massa dan semua pihak yang terkait sebaiknya berhati-hati dalam membuat iklan dan pemberitaan bebek super tersebut, jangan sampai isi berita memprovokasi penggunanya untuk melakukan pembuktian kebenaran atas klaim performa pabrikan. Sudah terlalu banyak korban akibat hal tersebut, jangan sampai bertambah lagi 😦

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

17 pemikiran pada “Persaingan Panas Antara DOHC VS SOHC Akan Terjadi Di Kelas Bebek Super

  1. O=O

    klo msalah output power valid bakalan 11-12 dri power to weight ratio so woles aj, yg beda cm brand & body doang…, kecuali memang benar2 mau bikin rontok pabrikan laen

    Suka

  2. Ping-balik: Inilah Musuh Sesungguhnya Dari Satria 150 F Injeksi & Motor Injeksi Suzuki Lainnya | Achirul Personal Blogs

  3. Ping-balik: Wahai Satria 150 F, Bersiaplah Untuk Perang Jangka Panjang Dengan Sonic 150 R | Achirul Personal Blogs

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s