Otak Atik Gathuk (25) Rahasia Dibalik Logo Pertamina

Ini adalah artikel “Otak-Atik Gathuk” yang berarti isi artikel di otak-atik sedemikian rupa biar pas menggunakan ilmu cocoklogi. Artikel ini hanyalah berisi humor yang dibuat berdasarkan wangsit dari Mbah Mbuh Sapa 😎 dan apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama merupakan suatu ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja 🙂

Ketika asyik membicarakan kenaikan harga BBM bersubsidi tiba-tiba Mbah Mbuh Sapa berkata ada cerita menarik dibalik logo Pertamina & alasan mengapa sekarang logonya diganti. Penasaran dengan ceritanya ? Silahkan dipelototi :mrgreen:

logo lama pertamina
logo lama pertamina

Dulu Pertamina berlogo sebuah bintang diapit oleh sepasang kuda laut dan sebuah pita dengan tulisan Pertamina. Namanya sepasang berarti satu jantan dan satu lagi betina. Cara untuk membedakan antara kuda laut yang jantan dan betina caranya adalah sebagai berikut :

Nama pertamina merupakan perpaduan nama antara kuda laut jantan yang bernama Perta, dan yang betina bernama Mina. Apabila dilihat pada gambar tersebut berarti Perta ada disebelah kiri, dan Mina ada disebelah kanan :mrgreen:

Warna-warna yang ada merupakan simbol jenis bahan bakar yang dijual oleh pertamina. Dimana warna kuning merupakan simbol dari premium, merah merupakan simbol dari Premix 94 dan Bensin Super TT, sedangkan warna biru adalah lambang bahwa Pertamina juga berjualan gas LPG 12 kg dengan tabung berwarna biru.

Seiring dengan penambahan SPBU di Indonesia, maka Pertamina didesak oleh lembaga pelindung satwa langka agar mengganti logonya. Populasi kuda laut dan bintang laut berkurang karena telah ditangkap untuk dijadikan logo di masing-masing SPBU.

Bisa dibayangkan jika satu SPBU menggunakan 2 pasang  kuda laut (4 ekor) dan dua ekor kuda laut, maka bisa dipastikan akan membutuhkan ribuan ekor kuda laut dan bintang laut. Untuk menghindari kuda laut & bintang laut dari kepunahan itulah akhirnya Pertamina bersedia untuk mengganti logonya.

logo Pertamina
logo Pertamina

Pada logo baru ini lebih sederhana karena hanya terdiri dari tiga warna yaitu warna hijau muda, biru dan merah yang membentuk huruf P. Warna merah berarti simbol dari Pertamax Plus dan Solar, Biru untuk Pertamax dan LPG 12 kg , dan Hijau untuk Dex dan LPG 3 kg imbuh Mbah Mbuh Sapa :mrgreen:

Mendengar hal tersebut, Nde lalu bertanya, kan Pertamina jualan Premium RON 88, mengapa tidak ada warna kuning Mbah ? Mendengar hal tersebut Mbah Mbuh Sapa tersenyum dan berkata, loh emang kamu ga tau asal dari Premium RON 88 ? Premium RON 88 itu berasal dari RON 92 yang diolah lagi, karena RON 92 adalah Pertamax, maka di logo Pertamina yang baru tidak ada warna Kuning jelas Mbah Mbuh Sapa :mrgreen: .

Nde lalu bertanya lagi kalo gitu berarti Pertamina menipu rakyat donk ? Berarti slogan kita untung bangsa untung itu bohong Mbah ? Eh Mbah Mbuh Sapa malah tertawa keras dan berkata slogan itu sudah benar kalo yang ngucapin orang Pertamina jadi maksudnya gini : kita (Pertamina) untung bangsa untung, bukan kita (rakyat) untung bangsa untung 😯 masa gitu aja ga tau, makanya baca berita donk, jangan cuma update status aja, anak muda kok kudet :mrgreen:

Wuasyemb, hampir saja Nde ga terima disebut kudet, untungnya Nde inget prinsip dari Otak Atik Gathuk yaitu :

Tidak percaya syukur, kalo percaya takutnya musyrik, jadi sobat semua bisa mengambil kesimpulan sendiri kan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

salam dari desa 😉

Iklan

15 pemikiran pada “Otak Atik Gathuk (25) Rahasia Dibalik Logo Pertamina

  1. Ping-balik: Review Pertalite Selama Tiga Bulan Di Honda Absolute Revo | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s