Norton Nemesis Motor Konsep Dengan Top Speed 350 Km/jam

Ndesoedisi.com-Pada tahun 1998 Norton pernah membuat sebuah konsep motor kencang. Motor konsep ini dibuat dengan tujuan memecahkan rekor kecepatan motor produksi masal, dimana waktu itu rekor motor tercepat masih dipegang oleh Honda CBR1100XX Superblackbird dengan kecepatan mencapai 290 km/jam (sumber wikipedia). Sebelum akhirnya rekor tersebut dipecahkan oleh Suzuki Hayabusa yang mencapai 312 km/jam (sumber wikipedia)

Norton Nemesis motor konsep
Norton Nemesis

Norton Nemesis diperkenalkan pertama kali di pada bulan April 1998 di hotel Dorchester London. Motor yang dibuat oleh Al Melling untuk Canadian Aquilini Investment Group pemilik Norton Motorcycles International. Motor ini memang mempunyai spek yang bisa dibilang sangat luar biasa pada jamannya karena mengaplikasikan teknologi pada mobil balap Formula 1.Norton Nemesis  2Norton Nemesis dibekali mesin bersistem injeksi dengan konfigurasi V8 1479cc DOHC, 4 katup dan 3 busi per silinder, diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 235 HP/12,000 rpm dan torsi 111 Nm/9000 rpm, ditopang oleh rangka berbahan aluminium alloy, bodi terbuat dari komposite serat karbon dan velg magnesium menghasilkan bobot seberat 217 kg, alhasil motor ini mampu diajak berlari hingga 220mph atau lebih dari 350 km/jam 😯

Mesin V8 1479cc
Mesin V8 1479cc

Dari segi fitur, Norton Nemesis sudah mengaplikasikan tombol untuk perpindahan gigi dan suspensi aktif seperti layaknya mobil Formula 1. Suspensi aktif tersebut terhubung dengan sebuah pengontrol yang mengintegrasikan antara mesin, suspensi dan sasis sehingga menghasilkan satu kesatuan untuk memaksimalkan tenaga ketika berakselerasi dan menikung pada kecepatan tinggi.Norton Nemesis  1Untuk piranti pengereman menggunakan rem cakram ganda di roda depan dan rem cakram tunggal pada roda belakang. Uniknya adalah karena ukuran rem cakram depan yang sangat besar membuat piringan rem tersebut dibaud pada velg, kaliper rem cakram belakang juga dipasang menjadi satu dengan swingarm. Tidak lupa sebuah kamera belakang dipasang untuk menggantikan fungsi spion.lampu belakang Norton NemesisCarl Fogarty (Juara Dunia Superbike) yang sempat melakukan pengetesan mengatakan bahwa Norton Nemesis lebih kompak dan ringan dibandingkan dengan motor balap Ducati-nya. Selain itu dua orang bintang film action paling sukses di Hollywood membeli motor tersebut untuk dirinya sendiri.

Sayangnya proyek harus berakhir dengan kegagalan karena dari segi desain dianggap terlalu ambisius dan dana yang dibutuhkan menjadi terlalu besar (sebuah unit Norton Nemesis dihargai $55.000) yang mengakibatkan perselisihan antara MCD dan Aquilini. Puncaknya pada tahun 2000 proyek ini ditinggalkan sebelum prototipe sempat mengaspal dijalanan.

Pada tahun 2010 Visordown memasukkan Norton Nemesis sebagai salah satu dari 10 blunder terbesar sepeda motor (sumber disini)nortonnemesisw

Prototipe Norton Nemesis dan mesinnya sekarang berada di National Motorcycle Museum di dekat Birmingham, Inggris.

Informasi tambahan : Ketika dijual ke publik, nama Norton Nemesis dianggap ilegal karena sejatinya motor tersebut bukan buatan Norton. Akhirnya nama yang digunakan adalah Melling Nemesis sesuai dengan nama desainernya yang sudah tidak berkongsi lagi dengan Norton (terimakasih buat Om Eno masternya history permotoran di dunia yang sudah menambahkan informasi tentang Norton Nemesis πŸ™‚ )

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

29 pemikiran pada “Norton Nemesis Motor Konsep Dengan Top Speed 350 Km/jam

  1. Asyeekkk, Nambahan saeutik mang… Waktu dijual ke publik, Norton Nemesis punya masalah penamaan ilegal (pake nama Norton, padahal yang jual bukan Norton, wkwkwk πŸ˜€ )… Akhirnya motor ini dijual sekitar 8 unit pakai nama “Melling Nemesis”, Pake nama desainernya yang juga udah out kongsi sama norton. . .

    Suka

  2. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s