Meriahnya Acara Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Karangmukti, Cipeundeuy-Subang

Ndesoedisi. Pada hari minggu tanggal 23 November 2014 Nde sekeluarga menghadiri acara Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun yang diadakan di halaman kantor kepala desa Karangmukti kecamatan Cipeundeuy kabupaten Subang. Acara ini diadakan oleh PT. Lintas Marga Sedaya selaku pengembang jalan tol Cikampek-Palimanan dan diikuti oleh puluhan siswa-siswi PAUD dan SD di desa Karangmukti.

Poster Cuci Tangan Pake Sabun
Poster Cuci Tangan Pake Sabun

Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun ini merupakan bagian dari program STBM atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yaitu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral. Program ini telah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan (sumber wikipedia).

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Strategi Nasional STBM memiliki indikator outcome yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. Sedangkan indikator output-nya adalah sebagai berikut :

  1. Setiap individu dan komunitas mempunyai akses terhadap sarana sanitasi dasar sehingga dapat mewujudkan komunitas yang bebas dari buang air di sembarang tempat (ODF).
  2. Setiap rumah tangga telah menerapkan pengelolaan air minum dan makanan yang aman di rumah tangga.
  3. Setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas (seperti sekolah, kantor, rumah makan, puskesmas, pasar, terminal) tersedia fasilitas cuci tangan (air, sabun, sarana cuci tangan), sehingga semua orang mencuci tangan dengan benar.
  4. Setiap rumah tangga mengelola limbahnya dengan benar.
  5. Setiap rumah tangga mengelola sampahnya dengan benar.

Antusiasme siswa-siswi dan orang tuanya terlihat dengan dipadatinya halaman balai desa tersebut. Acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari PT. Lintas Marga Sedaya terhadap masyarakat sekitar. Selain acara gerakan cuci tangan pakai sabun, beberapa bulan yang lalu juga pernah diadakan lomba menggambar tingkat SD, sedangkan bagi masyarakat sekitar adanya bantuan berupa hewan ternak, dan bibit-bibit tanaman.

STBMHadir dalam acara tersebut Bapak Fuad Zein selaku Kepala desa Karangmukti beserta perangkat desa lainnya, dan perwakilan dari PT. Lintas Marga Sedaya.

Perangkat desa Karangmukti beserta perwakilan dari PT. Linmas
Perangkat desa Karangmukti beserta perwakilan dari PT. Linmas

Acara dimulai dengan sambutan dari Perwakilan PT. Lintas Marga Sedaya dilanjutkan sambutan dari bapak Kepala desa Karangmukti, termasuk didalamnya ada pertanyaan berhadiah dari bapak Kades bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan dari panitia.

Bp. Fuad Zein Kepala Desa Karangmukti memberikan sambutan
Bp. Fuad Zein Kepala Desa Karangmukti memberikan sambutan

Sebelum acara cuci tangan pakai sabun dimulai, terlebih dahulu diperagakan cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan dipandu oleh ibu bidan desa dibantu oleh pengurus Posyandu di desa Karangmukti.

Ibu Bidan memandu cara mencuci tangan dengan sabun
Ibu Bidan memandu cara mencuci tangan dengan sabun

Sayangnya acara cuci tangan pakai sabun tersebut harus dipercepat sehingga karena mendung dan dikhawatirkan akan segera turun hujan, akibatnya tujuan dari acara tersebut kurang mengena di sasaran ๐Ÿ˜ฆ

Inilah beberapa jepretan Nde di acara tersebut, silahkan dipelototi :mrgreen:

bonus :

Aira cuci tangan
Aira pun tidak mau ketinggalan ๐Ÿ™‚

salam dari desa ๐Ÿ˜‰

 

Iklan

18 pemikiran pada “Meriahnya Acara Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Di Desa Karangmukti, Cipeundeuy-Subang

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s