Honda K56 Keluar Ketika Bebek Fungsional Terjepit Metik Dan Bebek Sport

Ndesoedisi. Ada hal menarik ketika membaca data AISI bulan Oktober 2014 mengenai penjualan motor bebek dimana Jupiter MX Series berhasil menjadi raja motor bebek setelah bertahun-tahun dipegang oleh Supra X 125 series. Rupanya gelontoran motor sport yang dilakukan pabrikan besar mampu merubah mindset konsumen terhadap motor bebek.

Honda Supra X 125 FI
Honda Supra X 125 FI

Sebelum berkembangnya metik, motor bebek adalah produk yang sangat digemari konsumen karena valuenya cukup tinggi. Terbukti Supra X 125 Series menjadi motor yang paling laris digunakan oleh semua kalangan dari anak sekolah, pegawai kantoran sampai ibu-ibu ke pasar. Tetapi seiring dengan berkembangnya produk metik semua fungsi tersebut pun tergantikan.

Jupiter MX Series
Jupiter MX Series

Rival dari Supra X 125 series adalah Jupiter MX Series yang mengusung desain sporty. Jupiter MX Series ini ada dua jenis yaitu menggunakan kopling manual dan kopling otomatis. Selama ini Jupiter MX Series ini disebut produk nanggung karena secara tenaga kalah dari Satria 150 F, sedangkan dari fungsional kalah dari Supra X 125 series.

Seiring dengan gelontoran produk sport 150cc 4 tak baik naked maupun berfairing oleh Yamaha dan Honda (maaf pabrikan yang lain ga disebut karena Suzuki belum mengeluarkan produk baru, Kawasaki juga masih mengandalkan produk lama) otomatis mindset konsumen berubah sebagai berikut: metik untuk fungsional dan motor sport untuk gaya.

Bagi pecinta sport, ketika dana untuk membeli motor sport tidak mencukupi, maka bebek pun tidak masalah yang terpenting adalah menggunakan kopling manual sehingga tetap bisa disebut sport atau tepatnya adalah bebek sport.

Di kelas bebek sport ada 2 nama besar yaitu Satria 150 F dan Jupiter MX. Sebenarnya masih ada 1 nama lagi yaitu Suzuki Axelo R, tetapi ga tau tuh kemana sekarang 😈 . Saat ini di Segmen bebek sport posisi AHM terlihat sangat lemah, karena hanya mengandalkan Honda Blade yang IMHO tidak bisa dikategorikan sebagai bebek sport, sedangkan CS-1 yang secara power bisa berbicara udah keburu menghilang.

ilustrasi K56 (gambar dari google)
ilustrasi K56 (gambar dari google)

Jadi menurut Nde langkah AHM untuk mengeluarkan Honda K56 alias Sonic 150 sudah tepat, karena bisa diperkirakan bahwa kedepannya pasar motor bebek fungsional akan terus tergerus oleh metik & bebek sport. Untuk kelas metik sudah jelas telah dikuasai oleh AHM melalui Beat dan Vario seriesnya, dan selanjutnya K56 diharapkan bisa menjadi jagoan di segmen bebek sport.

Bagaimana menurut sobat semua ?

salam dari desa πŸ˜‰

Iklan

33 pemikiran pada “Honda K56 Keluar Ketika Bebek Fungsional Terjepit Metik Dan Bebek Sport

  1. udah ketebak supra x125 pasti ambrol ama lawan…yah modelnya terakhir apgret tdk brubah prontal…jdi mdl nya dri awal seperti itu jdi monoton kembali kejaman honda grend…ngooong

    Suka

    1. afif

      Sebetulnya Supra bukannya gak laku.. tapi calon pembelinya emang pindah matic, sebagian besar ya ke Vario series karena pricingnya sama/ mendekati

      coba perhatikan data sales AHM Okt 2014, semua varian stabil kecuali Supra yg melorot, tapi Vario 110 FI menjulang sampe 60 rb-an unit/ bulan

      btw, Vario 110 ini di kompleks aku tinggal lagi booming.. dalam beberapa bulan saja, tetangga kiri kanan depan belakang kompak belinya Vario 110 πŸ˜€

      Suka

  2. Ping-balik: Honda Supra X 150 Menghidupkan Kembali Bebek Sport Fungsional ? | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s