(Opini) Membandingkan Spesifikasi Dan Fitur Yamaha 2PH Mio 125 Blue Core Vs Suzuki Address 110

Ndesoedisi. Setelah melihat sendiri wujud teaser Yamaha 2PH atau Mio 125  (artikel disini). Nde jadi tertarik untuk membuat perbandingan karena Suzuki juga mempunyai jagoan baru yaitu Nex Address 110. Disini Yamaha & Suzuki mencoba mengisi celah kosong diantara metik Honda. Suzuki mencoba menggabungkan tampilan sporty milik Honda Beat dengan bagasi luas milik Spacy, sedangkan Yamaha mencoba menggabungkan tampilan sporty milik Honda Beat tetapi kubikasi mesin lebih besar.

sumber sugimasihada.com
sumber sugimasihada.com

Yamaha Mio 125 berkubikasi 124cc diklaim menghasilkan tenaga mencapai 8,2 ps @ 6.500 rpm dan torsi 9,7 Nm @ 5.000 rpm dengan kompresi 11: 1 (data dari otomotifnet.com), Suzuki Address menghasilkan torsi sebesar 9,1 Nm @ 6000 rpm, (tetapi belum ada info tenaga Suzuki Address) jadi data diambil dari Suzuki Nex Fi yaitu sebesar 9,4 ps @ 8800 rpm dan torsi 8,7 Nm @ 6.500 rpm.

Dari segi tampilan dan fitur Suzuki Nex Address patut diacungi jempol dan sukses membuat Kang Eno geregetan sebab meskipun dijejali fitur bagasi sebesar 20,6 liter, tidak membuat bodinya membengkak seperti Honda Spacy  😀 , secara umum Nde menilai tampilan Suzuki Nex Address yang menggunakan ban berukuran 80/90-14 depan dan 90/90-14 belakang membuat tampilan menjadi gagah dan sporty khas Suzuki, fitur lain seperti SKS, PBL, SSS tentu saja menambah value dari motor tersebut.

wpid-fitur-aders-1-jpgMelihat spyshoot Mio Blue Core banyak yang mengatakan bahwa tampilannya mirip Honda Beat meskipun jika didekati Mio 125 terlihat mempunyai lekukan-lekukan yang lebih sporty & garang. Dengan bodi yang lebih besar dari Honda Beat diperkirakan mempunyai bagasi yang cukup besar, fitur standar seperti SKS, PBL, SSS juga kayaknya sudah jadi fitur wajib di metik masa kini, satu hal yang sangat disayangkan oleh Nde dan rekan-rekan yang lain adalah penggunaan ban berukuran 70/90-14 depan dan 80/90-14 belakang akan membuat metik ini terlihat kekecilan di kaki-kakinya.

Setelah membahas metik Suzuki & Yamaha, sekarang waktunya membahas metik jagoan Honda yaitu Beat. Sesuai informasi bahwa fitur metik Honda itu adalah Kakak Sayang Adik (artikel disini), maka Honda Beat juga akan mendapatkan fitur ISS (Idling Stop System) dari sang kakak. Secara fitur Honda Beat ISS hanya kalah di kubikasi mesin & kapasitas bagasi bila dibanding kedua kompetitornya, secara tampilan & fitur Honda Beat masih berani diadu.

Dengan melihat semua faktor tersebut diatas, kayaknya posisi Honda Beat dengan penjualan diatas 200.000 unit per bulan masih aman untuk sementara waktu karena sang penantang masih mempunyai PR masing-masing. Suzuki berkutat dengan masalah 3S. Sedangkan Yamaha harus mampu membuktikan bahwa produk mereka terbebas dari penyakit velg peyang, dan tentu saja ganti ukuran ban standar dengan ukuran lebih besar agar tampilan lebih gagah. Tetapi dengan penjualan sebesar itu, bukan berarti Honda bisa berleha-leha karena kompetitor juga sudah menunggu kelengahan sang penguasa metik.

salam dari desa 😉

Iklan

29 pemikiran pada “(Opini) Membandingkan Spesifikasi Dan Fitur Yamaha 2PH Mio 125 Blue Core Vs Suzuki Address 110

  1. afif

    Jangan lupa AHM bakal rilis amunisi cadangan buat ngadepin “big skutik entry level” : Spacy
    Varian yg mati suri ini bakal muncul dgn wajah cuakep…
    denger2 desainnya malah balik dibenturkan ke Mio125 tapi dengan fitur eSP, ACG dan ISS..

    Memang bakal makan marketnya Beat, tapi akumulasi Beat+Spacy sepertinya masih bisa > 150 rb unit/bln

    Suka

    1. spacy?…trial aja belum….yg deket malah beat acg stater
      trus knapa pake akumulasi kl Beat aja sekarang dah 220.000unit…150k kalo akumulasi beat+spacy kok ambles bgt turunnya

      Suka

  2. Ping-balik: Honda Sudah Mempersiapkan Metik Baru Untuk Menghadang Mio 125 Blue Core Dan Suzuki Nex Address 110 | Achirul Personal Blogs

  3. Ping-balik: Impresi Awal Suzuki Address 110 | Ndesoedisi

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s