Menjadi Operator SPBU Itu Tidak Mudah

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, Nde dan sobat semua pasti paling rajin menemui operator SPBU untuk mengisi BBM πŸ™‚ .

operator SPBU sumber http://mataairradio.net/headline/maling-curi-duit-spbu
operator SPBU (pic: mataairradio)

Banyak orang yang meremehkan pekerjaan ini, tetapi kalo Nde perhatikan ternyata menjadi operator SPBU itu tidak mudah loh, pengin tau alasannyaΒ  selain masalah kesehatan ? Silahkan dipelototi πŸ˜€

  • Harus mampu menghitung uang dengan cepat
operator spbu menghitung uang (pic:http://banjarmasin.radiosmartfm.com)
operator spbu menghitung uang (pic:banjarmasin.radiosmartfm.com)

Salah satu tes menjadi operator SPBU adalah mampu menghitung uang dengan cepat, umumnya orang mengisi BBM menggunakan jumlah yang bulat misalnya mengisi Rp. 10.000, Rp. 20.000,-, Rp. 25.000,- dsb, tetapi ada kalanya konsumen yang beli cuma bilang full tank ya… πŸ˜€ nah misalnya setelah diisi penuh ternyata habis Rp. 17.325,- , udah gitu uangnya Rp.100.000,- nah berapakah kembaliannya ? :mrgreen: .

  • Harus mengganti kerugian jika menerima uang palsu atau terjadi kekurangan pada saat setor
ilustrasi uang palsu (pic:posmetro-medan.com)
ilustrasi uang palsu (pic: posmetro-medan.com)

Nde pernah mengisi BBM sehabis maghrib, kebetulan Nde urutan ketiga. Urutan pertama adalah bapak-bapak menggunakan jaket berwarna gelap, setelah isi bensin sebesar Rp.15.000,-, bapak-bapak tersebut mengeluarkan uang Rp 100.000,- tetapi ketika diperiksa sama operator, agaknya uang tersebut mencurigakan, si operator meminta uang lain, tetapi bapak-bapak tersebut mengatakan tidak ada lagi, akhirnya operator bilang ya udah silahkan ditukar ketempat lain aja, dan bapak-bapak tersebut langsung pergi.

Nah orang yang didepan Nde bertanya kepada operator SPBU ada apa, operator menjawab uangnya mencurigakan, jadi kalopun orangnya ga balik lagi, saya cuma ganti rugi Rp. 15.000,- karena bensin sudah terlanjur diisi, kalo misalkan saya terima dan ternyata uang tadi palsu berarti saya harus ganti rugi uang Rp.115.000,- 😦

Disisi lain sewaktu operator menyetor uang tersebut ke atasan, dan dicocokkan dengan jumlah transaksi jika ternyata ada kekurangan, ya sudah pasti operator tersebut yang harus mengganti kerugiannya 😦

  • Rawan Kejahatan
ilustrasi SPBU malam hari (pic: rumah makan AM PM)
ilustrasi SPBU malam hari (pic: rumah makan AM PM)

Sebagai tempat dimana transaksi keuangan sangat tinggi, maka sudah pasti mengundang tindak kejahatan terutama perampokan, terutama pada malam hari yang sepi 😦

  • Harus tetap sabar, konsentrasi, dan teliti
ilustrasi antri BBM (gambar nyomot dari Google)
ilustrasi antri BBM (gambar nyomot dari Google)

Kalo terjadi antrian panjang, maka bisa dipastikan operator SPBU akan bekerja ekstra sibuk dalam melayani pelanggan.  Menghitung, sekaligus memeriksa uang tersebut palsu atau tidak dalam singkat dan terus-menerus bukanlah pekerjaan yang mudah 😦 .

Disisi lain masih banyak konsumen yang tidak mematuhi peraturan terutama dilarang menggunakan telepon genggam di area SPBU, kalo aturan dilarang merokok kayaknya jarang dilanggar πŸ˜€

  • Bisa dituduh berkomplot dengan penadah BBM

Nah kasus seperti ini mungkin memang jarang terjadi, tetapi menurut Nde bisa saja terjadi misalkan ada pembeli yang memodifikasi tangki BBM sehingga berkapasitas lebih, nah ketika pembeli tersebut tertangkap basah oleh polisi di suatu SPBU, sudah pasti operator yang melayani akan ikut diperiksa oleh pihak yang berwajib 😦

  • Standar gaji operator SPBU

Meskipun SPBU merupakan tempat transaksi keuangan dalam jumlah besar, tetapi sebenarnya tidak bisa mengambil untung seenaknya sendiri karena harga BBM sudah ditetapkan oleh Pertamina, laba perliter dari penjualan tidaklah terlalu besar, tetapi meskipun sedikit bisa tertutup oleh jumlah transaksi yang banyak.

Nah disini tentu saja menimbulkan perbedaan dalam masalah gaji, ada SPBU yang menggaji cukup tinggi dibanding SPBU lainnya, bahkan memberi perlindungan asuransi kesehatan menggunakan perusahaan asuransi ternama 😎 , tetapi ada juga yang memberikan gaji lebih rendah dibanding SPBU lainnya 😦

Nah dengan kondisi pekerjaan seperti diatas, ditambah juga ancaman penyakit karena setiap hari menghisap uap dari BBM, maka wajar saja kalau banyak operator SPBU yang tidak betah, tetapi apapun itu Nde rasa kita semua harus menghargai profesi mereka πŸ™‚

salam dari desa πŸ˜‰

 

Iklan

63 pemikiran pada “Menjadi Operator SPBU Itu Tidak Mudah

  1. st3v4nt

    Semua pekerjaan ada resikonya mas…saya cuma mikirin nasib mereka ini kalau nanti SPBU mulai memberlakukan pump tanpa operator secara masal….

    Suka

  2. tp ada lho SPBU dt4 ane yg aneh operatornya,gni nih suatu hr bletak duor ane jarum bensin udah mentok dbwh tanda merah(tp ddlm msh ada sisa),ane isi 15rb itu bensin nyentuh bibir tanki.
    nah suatu hr lg ktika jarum bensin nyentuh tanda merah(blm mentok)ane ngisi 15rb jg,,eh lha koq blm nyentuh bibir tanki(kurang dikit) bensinya?

    logikanya shrse kn bs tumpah tu bensin ktika isi dgn nominal sama,pdhl jarum indikator br sdkt nyentuh tnd merah.

    ada yg bs bnt njelasin?

    Suka

    1. Kalo kurang berarti settingan jumlah liter dikurangi untuk mencari untung..meskipun ada logo pasti pas, tapi tidak menjamin karena inspeksi kan ga tiap hari..pas audit ketahuan didenda, besoknya diulang lagi πŸ‘Ώ ..kongkalikong sama teknisi yang ngeset alatnya..mending jangan beli ketempat itu lagi Om 😦

      Suka

      1. Enggak tuh kang,,percobaan diatas tdk cm ane coba 1x tp 3x. Dan akhirnya ane pny kesimpulan,mending ngisi pd saat dah mepet (utk bletak duor ane) kl gk gt y ngisinya gk 15rb(dbwhnya) jk blm sampe mentok jarumnya.

        Fenomena yg aneh.

        Suka

      2. Diro

        Bisa jd pelampung dalam tangki bermasalah. Karena logo yg sudah ada pasti pas nya itu tiap bulan kedatangan auditor Pertamina. Jd itu tidak bisa bermain

        Suka

    2. eko354

      Kebetulan saya tahu dikit soal instrumentasi bro. Indikator bensin di motor, dilihat dari rancang bangun secara instrumentasi, sangat-sangat tidak akurat bro. Dan memang rancangannya bukan sbg alat ukur. Itu sekedar indikator saja.
      Kalo yg di pom bensin saya percaya lebih benar krn bisa diukur dgn alat kalibrasi (“seraphine tank”), dan ada toleransinya (plus minus) juga.

      Suka

  3. Tugas sederhana tapi tanggung jawabnya cukup besar, resiko pekerjaan yang langsung berhubungan dengan penerimaan cash money ya hampir semua seperti itu nde.
    Contoh cashier, teller bank, petugas gerbang toll, dll. Kecuali penjaga toilet umum, mudah2an tidak sebesar tanggungjwb diatas πŸ™‚

    Suka

  4. Ping-balik: Mereka yang Kehilangan Kesempatan | muhsinbudiono.com

  5. Ping-balik: Vario 125 Mogok Karena Diisi Pertamax Berwarna Hijau | Ndesoedisi

  6. dedy.s

    saya berikan saran masukan untuk pertamina kalau bisa untuk operator spbu wanita minimal kasih 2 orang opetator apalagi ditempat pengisian roda dua karena itu pasti antreannya lebih sibuk ketimbang untuk roda empat, jadi yang satu mengisi dan yg satu lagi pegang uang, itu untuk menghindari menerima uang palsu yg dikarenakan kesibukan banyaknya antrean pengisi bensin, ditambah konsetrasi yg sudah berkurang dikarenakan terlalu lelahnya berdiri. terima kasih. semoga para opetator spbu dpt bersabar dan semoga Allah melindungi kalian semua dari segala macam hal yg negatif. Amiin

    Suka

  7. Ping-balik: Review Pertalite Selama Tiga Bulan Di Honda Absolute Revo | Ndesoedisi

  8. Paman tang

    Wes tahu ngrasakne ngisi bensin dewe ng spbu,,yg jaga tetangga sndiri,,lhah kok trnyata ngangkat selangnya itu cukup berat,,apalagi ngisi full tank,,ngira2nya yg susah,,takut tumpah

    Suka

  9. Dian

    gaji operator harusnya UMK tapi di sulap sama yang punya.. cth UMK Depok 3 juta sekian, tapi pada kenyataannya operator cuma terima gaji kurang dari 2 juta…

    Suka

    1. wah saya kurang paham soal tersebut karena bukan manajemen SPBU, tapi setahu saya Pertamina memang menyerahkan soal penggajian operator itu kepada masing-masing SPBU dengan memberi rentang gaji antara sekian sampai sekian πŸ™‚

      Disukai oleh 1 orang

  10. m. soleh

    Saya sendiri bekerja sebagai operator spbu d pajajaran bogor, saya lebih tau situasi gmna rasanya jadi operator spbu, berat, mungkin kalian para konsumen tidak mengerti keadaan kami banyak konsumen yg gak ngerti egois pngen enak sendiri ya itu lah yg namanya kerja, semua pasti ada resikonya, tapi kerja sebagai operator spbu itu sngat lah berat bos, resikonya banyak, salah satunya nombok klw ada kekurangan kita ganti sendiri, d marahin konsumen yg gak ngerti, penyakit mengintai, di tuduh curang ini lah itu lah, d marahin atasan dan masih banyak lagi, begitulah yg namanya hidup yg penting kita ngejalanin dengan sabar dan semuanya juga pasti ada hikmahnya..
    Salam dari operator spbu pajajaran bogor.. M.Soleh..

    Disukai oleh 2 orang

    1. sandi

      Itu resiko pekerjaan kali, gw kerja jdi kasir di carrefour biasa aja. Padahal kn di carrefour tuh rame. Yg belanja jga banyak2. Klo timbang nombokin doang biasa kali, lu nya aja yg bego ngembaliin nya.

      Suka

      1. pekerjaan kasir berbeda dengan operator SPBU karena Kasir itu dalam menghitung dibantu dengan alat, sedangkan operator SPBU tidak, untuk kembalian kasir tinggal mencet tombol akan keluar angka kembalian, kalau operator SPBU tentu saja mengandalkan pikiran, ga perlu bilang bego ke orang lain, karena dari jawaban elo semua orang juga tau kemampuan elo seperti apa πŸ˜†

        Suka

  11. Ping-balik: Menjadi OPERATOR POMBENSIN? – Riyantoofficial

  12. SLENGEAN SH.

    saya juga dulu operator spbu nombok seh jarang tapi klo skali nombok bisa 50 100 rb itu karena temen operator ane jail sering ngerjain duit temen tapi biar aja biar tuhan yg membalas orang kaya gitu di akhrat

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s