Otak Atik Gathuk (14) Rahasia Performa R15 Yang Diuji Otomotif

Ini adalah artikel “Otak-Atik Gathuk” yang berarti isi artikel di otak-atik sedemikian rupa biar pas menggunakan ilmu cocoklogi. Artikel ini hanyalah berisi humor yang dibuat berdasarkan wangsit dari Mbah Mbuh Sapa 😎 dan apabila ada nama, tempat, waktu atau kejadian yang sama merupakan suatu ketidaksengajaan yang dibuat secara sengaja 🙂

Beberapa hari ini jagad perbloggeran otomotif roda dua sedang diramaikan oleh berita hasil tes R15 yang mengalahkan All New CBR 150 R diberbagai aspek dengan telak. Nah daripada bingung, Nde bertanya saja kepada Mbah Mbuh Sapa agar diberi pencerahan :mrgreen:

pic : google
pic : google

Nde bertanya kepada Mbah Mbuh Sapa, mengapa hasil pengetesan majalah otomotif berbeda dengan hasil yang dites oleh para Blogger & M+ ? Bagaimana menyikapi hal tersebut ?

Menurut  Mbah Mbuh Sapa ada rahasia dalam pengetesan tersebut, Nah penasaran apa rahasianya ? Mari kita pelototi bersama :mrgreen:

Mbah Mbuh Sapa berkata coba baca artikel dari Mang Guru Gilar disini, disana ada informasi penting tentang hal tersebut, coba perhatikan catatan berikut ini :

S & K yang jarang diperhatikan
pic : Mang Guru Gilar

Nah catatan-catatan seperti inilah yang jarang diperhatikan oleh pembaca, kalo didunia marketing terkenal dengan nama *) Syarat dan Ketentuan Berlaku, nah sekarang tinggal diartikan sendiri :

Data dyno diambil dari hasil tes ulang pada unit tes yang berbeda

Nah berbeda disini kira-kira maksudnya apa ya ? Unit berbeda itu bisa multitafsir loh, bisa artinya tes diambil dari beberapa motor R15 alias motornya “beda-beda”, bisa “berbeda” mapping ECUnya, bisa “berbeda” knalpotnya, bisa juga “berbeda” dengan yang dijual ke konsumen, yang jelas intinya unit yang dites ada perbedaan, maksudnya apa ya silahkan konfirmasi ke Yamaha atau ke majalah Otomotif, jangan ke Mbah Mbuh Sapa, apalagi sama yang punya blog :mrgreen:

Unit tes yang dipakai bukan motor gres keluar dari pabrik (R15 dan RX 150), kecuali All New Honda CBR150R

Disini juga bisa multitafsir lagi, bisa jadi R15 & RX 150 itu sudah lewat masa inreyen, artinya motor tersebut sudah mencapai performa optimal, sedangkan CBR150R adalah motor gress baru keluar dari pabrik dan jarak tempuh belum mencapai 500km karena susah mencari CBR150R yang sudah melewati masa inreyen kan motornya juga baru dilaunching :mrgreen:

Nah dari hal tersebut diatas kan bisa diambil kesimpulan, bahwa dalam mengetes motor tersebut majalah Otomotif juga mempunyai syarat dan ketentuan sendiri yang akan berbeda dengan yang pengetesan lainnya tambah Mbah Mbuh Sapa 🙂

Nde kembali bertanya, loh Mbah kan katanya ada rahasia, mana ? Sambil tersenyum Mbah Mbuh Sapa berkata, oalah cah..cah..namanya juga rahasia, ya ga akan dikasih tau ke orang-orang, orang Indonesia itu suka salah kaprah, suka ngomong “eh ini rahasia ya, jangan disebar” lah dengan memberitahu ke orang lain ya namanya bukan rahasia lagi :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

Nah itulah jawaban yang Nde dapatkan dari Mbah Mbuh Sapa, setelah baca artikel ini ya Nde ingatkan kembali syarat dan ketentuan dari artikel Otak Atik Gathuk ini yaitu :

Ga percaya syukur, kalo percaya takut musyrik, jadi bisa mengambil kesimpulan sendiri kan :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

salam dari desa 😉

Iklan

48 pemikiran pada “Otak Atik Gathuk (14) Rahasia Performa R15 Yang Diuji Otomotif

  1. wangwabarapi@gmail.com

    Tapi nampak jelas kok klo data yang dimnculkan otomotif untuk mengutungkan 1 pihak sehingga tergiring opini. majalah yang lumayan terkenal apa susahnya mendapatkan data yang valid dan transparan dengan menampilkan uji ke 2 motor ini dengan motor yang sama sama kondisi motor. ya cuma geleng geleng kepala.

    Suka

  2. 150 cc 4T lebih prefer ke 15…speed 11-12 lah dengan Cibi…tapi style menang mutlak R15…klo mau kencang ya beli yg 250 cc ke atas aja…atau ninin 150 2tak (harga dekati firing 150 4T tapi tenaga n speedx serupa 250 4tak)

    Suka

  3. Bruud

    Hehe kayak gk tau kelakuan YIMM aja. ingetkan dulu waktu OMR honda CB150. dstu YIMM buat tandingan tp ya itu motornya didatengkan khusus dari india, sparepart mesinn di oprek oprek n mekanik dari jepang. intinya Yamaha buat tandingi motor cibi abal abal butuh motor oprekan n mekanik dari jepang. trus kedua R25 juga. motor y buat tester udah disiapkan n di oprek khusus buat test dyno. ketika motor djual masal di coba test dyno. ya ketauan aslinya. skrng R15 terulang lagi. lewat majalah pesanan yamaha y satu paket mulai komentator Joni Lont..ng. iklan Mio katanya irit, penghargaan/award katanya mio motor favorit, sen=mua satu paket pesanan yamaha dari majalah OTOadaMOTIF..

    Suka

  4. eko354

    Sebenarnya dua alat teknik merk sama tapi beda unit (termasuk motor), bisa beda performanya.
    Sebagai contoh nyata, kami di lepas pantai punya dua Turbine Gas Compressor, sama2 dari baru, merk sama, type sama, tapi performanya beda. Yg satu lebih kuat dari saudaranya.
    Secara teknik bisa dimaklumi, karena ada “manufacturing tolerance”, artinya spare parts yg digunakan untuk membuat barang tsb tidak 100% identik, tapi ada beda dikit walaupun masih dalam batas toleransi.
    Jadi bisa saja sama2 bebek Jia Ling misalnya, tapi yg satu agak sedikit lebih kenceng larinya dari yg lain.

    Suka

  5. Лучшая бесплатная реклама

    Эффективная и БЕСПЛАТНАЯ реклама бизнеса, товаров и услуг – ССЫЛКИ на сайты, видео и картинки – разрешены! http://rekforum.forum2x2.ru ТИЦ 90, ресурс в Яндекс каталоге!

    Suka

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s