(Opini) Marketing Matik Antara Teknologi Yang Mengerti Anda vs Untuk Anda Yang Mengerti Teknologi

Sebenarnya kalimat teknologi yang mengerti anda dan untuk anda yang mengerti teknologi sudah lama kita dengar & sudah banyak penerapannya disekitar kita. Setelah tanya mbah gugel ternyata belum ada blog motor yang membahas hal ini, kebanyakan yang membahas adalah blog gadget :mrgreen: Nah untuk itu Nde akan mencoba membuat opini penerapan hal tersebut di dunia Matik.

gambar dari otomotifnet.com
gambar dari otomotifnet.com

Beberapa tahun yang lalu Yamaha adalah rajanya matik, tetapi setelah tahta direbut oleh Honda, terlihat bahwa Yamaha kesulitan untuk merebut kembali tahtanya dari Honda. Mengapa bisa demikian ? padahal Yamaha juga sudah menggeluarkan produk matik yang bagus-bagus secara teknologi tapi kok tetap susah menumbangkan Honda.

Disinilah kunci teknologi yang mengerti anda & untuk anda yang mengerti teknologi berlaku. Nde disini berbicara sebagai wong ndeso, dan tidak perlu jadi orang pintar dulu untuk memahami artikel Nde :mrgreen: . Ok ga usah berlama-lama, kita bahas satu persatu.

1. Yamaha, untuk anda yang mengerti teknologi

yamaha-kaltim.co.id
yamaha-kaltim.co.id

Atas dasar apa Nde mengatakan hal itu ? Nde perhatikan ketika mengiklankan matiknya Yamaha lebih mengedepankan teknologi yang ada di matik tersebut, contohnya Diasil cylinder, forge piston, yang terbaru adalah blue core engine dsb. Memang itu adalah teknologi tinggi tetapi buat orang biasa kaya Nde kata-kata tersebut merupakan kata yang tidak bisa langsung dicerna, artinya konsumen disuruh mencari informasi terlebih dulu  :mrgreen: .

Kalo berbicara Diasil Cylinder & Forge Piston kan orang harus tau dulu silinder itu apa, piston itu apa, bahan-bahan pembuatnya apa aja, dah kaya mahasiswa teknik mesin aja donk :mrgreen: padahal mahasiswa teknik mesin juga belum tentu tau, apalagi orang biasa seperti Nde :mrgreen: .

Fitur-fitur seperti SSS & PBL baru belakangan diadopsi dan kurang begitu ditonjolkan. Padahal ini adalah fitur yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh pengguna. Emang Diasil silinder ga bisa dirasakan manfaatnya ? Ya bisa, tapi kan efeknya jangka panjang harus nunggu lama baru terasa manfaatnya, bisa-bisa keburu dijual motornya karena tiap tahun keluar motor baru :mrgreen:

2. Honda, teknologi yang mengerti anda

welovehonda.com
welovehonda.com

Nde perhatikan Honda itu lebih menonjolkan fitur seperti SSS, PBL, ISS yang pasti ya bagasi gede. Meskipun ada beberapa teknologi di mesin seperti ESP tetapi hal ini tidak terlalu ditonjolkan ketika iklan, nah disini kita kan tidak perlu harus jadi orang pinter dulu, cukup nyobain yang namanya SSS, PBL atau ISS anak SD juga udah langsung tau fungsinya :mrgreen:

Hal yang lain adalah cara membuka jok, dulu Nde berpikir kok Honda make tombol lagi ga kaya Yamaha atau Suzuki yang menyatu dengan kunci kontak, berarti ga efisien dong alias kurang canggih, tetapi sekarang Nde berubah pikiran kenapa ? karena orang bijak berkata :

satu gambar lebih berarti daripada seribu tulisan atau kata-kata

Nah dengan bentuk tombol yang besar itu ternyata lebih mudah ditemukan secara visual, dan lebih mudah dimengerti sehingga sangat membantu ketika membuka jok buat orang yang baru menggunakannya, karena pengalaman Nde di SPBU, sering ketemu orang yang bingung membuka jok dengan model milik Yamaha atau Suzuki, tapi belum pernah ketemu yang bingung ketika membuka jok dengan tombol milik Honda.

kunci Suzuki, Honda dan Yamaha
kunci Suzuki, Honda dan Yamaha

Memang ada orang yang mengatakan kalo mengikuti kalimat “teknologi yang mengerti anda” berarti teknologinya yang pinter, orangnya belum tentu :mrgreen: , sedangkan kalo mengikuti kalimat “untuk anda yang mengerti teknologi” sudah berarti teknologi nya bagus, orangnya juga pinter dan inilah salah satu alasan FBY membully FBH :mrgreen: tetapi sebagai manusia normal tentu saja mencari yang “mau mengerti” daripada “harus dimengerti” ga percaya ? tanya saja sama wanita :mrgreen: .

Kalo buat Nde sie ya nyari motor yang sesuai kebutuhan aja yaitu butuh bagasi yang gede :mrgreen: makanya Nde dulu make Skywave, sekarang Wantufaif :mrgreen: . Lho kok ganti ? Ya terus terang saja buat wong ndeso kaya Nde Skywave itu kurang mengerti konsumennya, meskipun kualitasnya bagus. Pengalaman nyari relay buat SSS aja susahnya minta ampun, ga semua beres sedia, udah gitu pas ganti headlamp karena nabrak pagar sama adik harus inden hampir 1 bulan 😥 barangnya ORI dibilang sama bapak mahal :mrgreen:

Nah itulah analisa marketing dari wong ndeso, pasti setelah ini saya langsung di cap blog FBH :mrgreen:

salam dari desa 😉

 

 

Iklan

62 pemikiran pada “(Opini) Marketing Matik Antara Teknologi Yang Mengerti Anda vs Untuk Anda Yang Mengerti Teknologi

  1. nah ane setuja deh,,,honda&yamaha pny pakem yg berbeda.
    honda lbh make marketing yg simpel,penting org ndeso pun lgsg ngerti tnp hrs menjelaskan smp berbusa2 mulutnya,contohnya gni :
    ada ibu2 org desa mo bli mtr matik,dia ke yamaha dijelasin sales ampe berbusa2 tuh sales tp y berhubung org desa y kagak ngarti deh,trs ke dealer honda,salesnya cm blg “bu ini mtr gk bakal nyala kl standar samping msh turun jd aman,buka jok gk usah colokin kunci kblkg jok,bagasi gede bs nyimpen sayur kl lg kpsr” simpel&mengena.
    gitu kn kang?

    Disukai oleh 1 orang

      1. Haiyaahhh ane yo wong ndeso koq kang,,nek mslh matik yg dipentingkan adl fungsinya,,,beda dgn semprot.
        Matik H&Y kl dibandingin ttp unggul H,,Y byk minusnya,velg geal geol di all varian,aki cpt soak,ban kcil,sok keras,bohlam cpt putus,

        Suka

  2. pengamat

    kalo menurut saya belum ada produk metik yang mengerti saya meskipun saya mengerti teknologi. massa semua metic jepang overstroke gimana bisa besar powernya, sedangkan power yang besar bisa diubah menjadi torsi yang besar, dimana torsi yang besar diperlukan untuk menggerakan roda belakang dan yang mempengaruhi keiritan bbm dirpm rendah serta kecepatan yang diperlukan dirpm tinggi.

    Suka

    1. Itu cuma bahasa marketing :mrgreen: , Honda lebih menyampaikan fitur-fitur yang simple sehingga memudahkan pengguna awam kayak saya, kalo buat orang yang ngerti teknologi kan punya standar sendiri 🙂 ga bisa disamain sama yang belum ngerti 🙂

      Suka

    2. Kobayogas

      berapa persen yang seperti si om? Hehehe kan jadi begitu deh pendekatannya, porsi si om ada di kelas Moge atau skutik Maxi… 🙂

      Suka

    1. intine Yamaha menawarkan teknologi tinggi, tapi kan ora kabeh wong bisa langsung paham, nek honda menawarkan hal-hal sederhana kaya SSS, PBL, ISS tapi bocah cilik be begitu diomongi / njajal langsung ngerti, apa maning sing dewasa

      Suka

      1. nek ditakoni pengertian SSS, PBL, ISS ya ora ngerti, tapi nek kon njajal nek distandar samping ora bisa distater, nek rem mburi ditarik, terus penguncine dipasang berarti ora kudu nyekeli terus, nek ora digas engko mesine mati dewek, mesti ngerti lah, tapi nek ngomong masalah silinder ora bakal gosong, ora mbaret, seher enteng ya mumet mbok ? ngoahahahahahaaaaa

        Suka

  3. Ping-balik: Fitur Sayang Adik & Teknologi Yang Mengerti Anda vs Anda Yang Mengerti Teknologi | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

  4. Ping-balik: Review Pemakaian Si Pinky Vario 125 Setelah 10.000 KM | Achirul Personal Blogs

  5. Ping-balik: Uji Mesin Mio M3 125 Blue Core Direndam di Dalam Air… Apa ya maksudnya??? | WARUNGASEP★★★☆☆

  6. Ping-balik: (Opini) N Max Non ABS Segera Diluncurkan, Mampukah Menarik Konsumen Di Pedesaan ? | Achirul Personal Blogs

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s